Gandeng Delapan Startup, MenkopUKM Ciptakan Bisnis Model Terintegrasi Digital untuk UMKM Perluas Akses Pasar

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Juli 2020 - 14:05 WIB

MenkopUKM Teten Masduki saat konferensi pers bersama delapan startup (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
MenkopUKM Teten Masduki saat konferensi pers bersama delapan startup (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjalin sinergi dengan delapan marketplace bidang pertanian dan perikanan serta finansial technologi (Fintech) untuk mendorong Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) masuk ke pasar digital.

Adapaun ke delapan marketplace tersebut antara lain, Tanihub, Aruna, Ternaknesia, Hara, Alami, Modal Rakyat, Sayur Box, dan Ekosis.

MenkopUKM Teten Masduki mengatakan, sinergi kerja sama ini untuk membangun model bisnis digital yang akan menghubungkan para UMKM dengan market yang lebih luas lagi.

"Kami minta mereka untuk membuat bisnis model digital terintegrasi yang akan memperluas pasar UMKM sekaligus juga masalah pembiayaannya," kata Teten Masduki di Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Menurut Teten, ke delapan startup ini memiliki komitmen untuk mengakomodasi UMKM untuk lebih memanfaarkan pasar digital yang memang selama ini masih menjadi kendala bagi sebagian besar UMKM.

"Pasar digital memang selama ini masih menjadi kendala bagi swbagian besar UMKM. Oleh karena itu, sineegi ini menjadi sangat penting untuk naik kelas," terangnya.

Dijelaskan MenkopUKM, pihaknya menargetkan tahun ini sebanyak 10 juta UMKM sudah terhubung dengan pasar digital. Namun, hingga saat ini baru sekitar 13 persen yang telah masuk ke ranah digital.

"Ini tugas berat kami. Diharapkan dengan sinergi ini, pihaknya mampu mencapai target yang sudah ditetapkan, bahkan mungkin bisa melampaui target," ungkap Teten.

Sementara itu, Astri selaku VP Corporate Services Tani Hub menyambut baik adanya kerja sama ini. Menurutnya, kolaborasi ini bisa mejadikan semangat bagi para UMKM khususnya di sektor pertanian dan perikanan untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Selama ini semua masih dilakukan secara manual belum terintegrasi secara digital. Oleh karena itu, kami mencoba bersama-sama membuat suatu model bisnis baru yang terintegrasi agar UMKM khususnya sektor pertanian menjadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya.

Astri juga berharap dengan kerja sama digital ini dapat mempercepat ketahanan pangan Indonesia melalui sistem digital. 

"Intinya kami mencoba agar pangan kita terjaga dengan kolaborasi antara startup dan pemerintah," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…