Stake Holder Berpengaruh Terhadap Kekuatan Perbankan dan Pembiayaan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 10 Juli 2020 - 13:16 WIB

Sayaldi Saputra, Dirut Pefindo
Sayaldi Saputra, Dirut Pefindo

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pandemi Corona diakui akan berpengaruh terhadap rating perbankan dan perusahaan pembiayaan. Namun permodalan yang kuat karena ditopang Grup masih dibilang cukup kokoh.

"Rating perbankan enggak banyak perubahan, multifinance hampir sama. Lihat stake holder," kata Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, hingga semester I-2020, pertumbuhan surat utang korporasi masih cenderung melambat. Hal ini terlihat dari penerbitan surat utang listed, baru mencapai sebesar Rp29,28 triliun, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp53,32 triliun. Begitupula, jumlah penerbit obligasi korporasi mengalami sedikit penurunan, seiring melambatnya pertumbuhan surat utang korporasi akibat dampak wabah COVID-19. Sektor perbankan dan multifinance masih mendominasi jumlah emiten.

Hendro Utomo, Direktur Pefindo menjelaskan, Pandemi memang ada profil risiko Abik bank dan non bank. Namun tergantung stake holder mereka.

Lihat saja restrukturisasi kredit, menjadi beban likuiditas. Namun jika likuiditas kuat, utang jatuh tempo tetap akan dipenuhi.

"Walaupun terdampak kondisi pandemik, tapi enggak mengurangi kemampuaan jatuh tempo baik Bank dan pembiayaan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Pemasaran & Penjualan Crown Group Indonesia, Tyas Sudaryomo didampingi Sales Manager Crown Group Indonesia Reiza Arief serta GM Strategic & Corporate Communication Crown Group Indonesia Bagus Sukmana saat media breafing secara virtual (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:05 WIB

Catat Sejarah! Crown Group Tunjuk Indonesia jadi Pasar Pertama Mega Proyek Senilai Rp 2 Triliun di Melbourne

Pertama dalam sejarah perusahaan, Indonesia didaulat menjadi lokasi pertama bagi Crown Group untuk memperkenalkan proyek hunian terbarunya di Melbourne, bahkan mendahului Sydney dan Melbourne.…

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:42 WIB

Dukung Ekonomi Daerah, Pelindo IV Biak Layani Pelayaran Perdana Tanto Intim Line

Hal itu dibuktikan dengan pelayanan pelayaran perdana kapal kargo, KM Tanto Lestari oleh Pelindo IV di Dermaga Umum Pelabuhan Laut Biak pada Minggu 9 Agustus 2020 lalu.

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:20 WIB

Jaga Tren Positif Industri Mamin, Ini Taktik Jitu Kemenperin

Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor manufaktur yang masih mampu tumbuh positif pada triwulan II tahun 2020 setelah tertekan berat akibat dampak pandemi Covid-19.…

PT Sentul City Tbk (BKSL) (thepresidentpostindonesia)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:05 WIB

Alamak! PT Sentul City Tbk Digugat Pailit oleh Keluarga Bintoro, Ada Apa?

PT Sentul City Tbk (BKSL) digugat pailit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh keluarga Bintoro.

Pekerja Industri Manufaktur Tekstil

Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:35 WIB

Jangan Panik! Subsidi Gaji Pekerja Rp600 Ribu Bakal Berlaku untuk Semua Sektor Industri dan Profesi

Menteri Ketenagakerjaan (menaker) Ida Fauziah memastikan para penerima subsidi gaji Rp600 Ribu untuk para pegawai tidak akan dibatasi sektor usaha dan jenis pekerjaannya.