Jalan Tol Akses Tanjung Priok Segera Dibuka

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 15 April 2017 - 10:39 WIB

Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Dok: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jalan Tol Akses Tanjung Priok (Dok: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan jalan Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 Km.  Jalan tol ini akan memperlancar lalu lintas keluar masuk pelabuhan Tanjung Priok karena memiliki akses langsung masuk ke pelabuhan sehingga akan mengurangi kemacetan secara signifikan yang terjadi pada jalan arteri pelabuhan.

“Jalan Tol Akses Tanjung Priok diresmikan hari ini, setelah pembangunannya rampung 100 persen,”kata  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dikutip dari Kemenpupera, Sabtu (15/4/2017).

Basuki Hadimuljono mengatakan, pada dasarnya pembicaraan untuk membangun tol tersebut sudah dilakukan sejak 2000 dan baru bisa direalisasikan pada awal 2009. "Jadi sekitar 17 tahun lamanya untuk bisa menyelesaikan jalan tol ini," tambahnya.

Kemudian, lamanya pembangunan jalan tol tersebut di mata Basuki terjadi karena dua faktor. Pertama, masalah pembebasan tanah yang tak kunjung usai dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi spesifikasi keamanan.

Pasalnya, Jalan Tol Akses Tanjung Priok yang diprediksi bakal dilewati truk-truk bermuatan berat membutuhkan tiang pancang dengan spesifikasi tertentu.

"Setelah berdebat hampir 2 tahun antara ahli Indonesia dengan Jepang. Akhirnya ahli Jepang minta dibongkar saja. Satu per satu dibongkar dengan biaya dari kontraktornya," ujar Basuki.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, serta langsung ke pelabuhan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…