Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Juli 2020 - 10:00 WIB

Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung
Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung

INDUSTRY.co.id - Magelang- Beberapa waktu lalu, saat awal pandemi Covid-19, Rudy berhasil menciptakan Recovery System Imun Korona (Resik). Alat berbentuk bilik stainless steel untuk mensterilkan tubuh dengan menggunakan kandungan daun sirih, sinar ultra violet, dan nano ozone. 

Rudy kembali memunculkan teknologi yang diberi nama Magic Pump, pompa air yang bekerja tanpa bantuan energi listrik, angin dan sebagainya. 

Rudy mengatakan, penemuannya ini tercetus dari dorongan untuk membantu rakyat miskin yang berada di Lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah. Sebab, ketika musim kemarau mereka kerap kesulitan mendapatkan air bersih dan listrik.

"Bumi, air dan kekayaan lainnya dikuasai oleh negara dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Andai pelaksanaannya benar, tentu rakyat di pesisir dan di lereng gunung tidak akan sengsara lagi," ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Atas kondisi itu, Rudy terpanggil untuk menciptakan alat yang kemudian diberi nama Magic Pump. Alat ini mampu memecahkan solusi atas kondisi penduduk lereng Gunung Merapi.

Cara kerja Magic Pump berdasarkan konfigurasi tekanan sehingga menghasilkan dorongan air hingga ketinggian 100 meter.

"Kebahagian itu terpancar ketika masyarakat sudah tidak lagi bersusah payah mengambil air menuruni bukit dengan jarak dan waktu lama, mereka hanya berjuang untuk mendapatkan air," kata Rudy. 

Menurut Rudy, biasanya pompa air bekerja dengan gaya gravitasi di mana air dari atas turun ke bawah. Namun Magic Pump dengan gaya sebaliknya yakni mendorong air dari atas ke atas dengan tekanan tinggi tanpa bantuan solar cell, baterai, listrik, angin, dan BBM. 

"Magic Pump ini didesain dengan tekanan tinggi, mampu mendorong air hingga ketinggian 100 meter. Dia masuk ke alat saya mendorong seperti biasa menekan turbin dengan pressure tinggi sehingga naik ke atas hingga 100 meter. Alat ini juga bisa mengisi tangki dalam satu hari satu juta liter," paparnya.

Sehingga, jika membutuhkan air lima juta liter sehari maka diperlukan lima unit Magic Pump. Alat ini sendiri telah tersedia dan sudah melewati tahap uji coba di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Sebelum ada alat ini mereka mengambil air dari bawah, sekarang tidak perlu mengambil lagi. Di sana tidak ada listrik, tidak ada apapun sekarang mau mengambil lagi jadi dia cukup taruh alat saya," jelas Rudy.

Magic Pump juga sangat berguna untuk kegiatan pertambangan, industri, perumahan atau perkampungan. 

"Alat ini sangat cocok untuk mengatasi kekeringan dan mampu memindahkan air dari sungai ke atas bukit dengan ketinggian maksimal 100 meter. Mampu mengisi tandon air satu juta liter per hari tanpa bantuan energi apapun," tandas Rudy

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto : Arief/Man

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:05 WIB

DPR Ini Berharap Ekonomi Indonesia Jangan Sampai Masuk Jurang Resesi

Berdasarkan data yang dirilis BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II Tahun 2020 mengalami kontraksi atau -5,32 persen dibandingkan triwulan II-2019.

Ilustrasi Kotak Kosong - Pilkada

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:53 WIB

Marak Calon Tunggal Pilkada Vs Kotak Kosong, Guspardi: Artinya Tidak Punya Otak

Sejumlah calon tunggal di 31 daerah diprediksi berpotensi melawan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ilustrasi Buruh di Indonesia (Charles O'Rear / Getty Images)

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:03 WIB

Stimulus untuk Pegawai Bergaji di Bawah Rp5 Juta, DPR: Tolong Segera Realisasi

Jakarta-Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PPP, H. Iip Miftahul Choiry, dalam pesan tertulisnya yang di kalangan awak media, Senin (10/8/2020), menyampaikan dukungannya atas kebijakan pemerintah…

Tol Trans Sumatera

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Perekonomian Sumatera Menggeliat, Hutama Karya Optimalkan PMN Rp 11Triliun

Hutama Karya terus memberikan kinerja terbaik dalam melanjutkan penugasan dari pemerintah Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2015 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol…

Komunitas Pemukiman Harus Terapkan Protokol Kesehatan (Foto Ist)

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Komunitas Pemukiman Harus Terapkan Protokol Kesehatan

etua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet mengajak semua komunitas pemukiman bersinergi dengan aparatur negara untuk melaksanakan dan mengawasi kepatuhan warganya dalam menetapkan protokol kesehatan.…