Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Juli 2020 - 10:00 WIB

Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung
Pompa Karya Rudy Sumardi Solusi Bagi Masyarakat Pesisir dan Lereng Gunung

INDUSTRY.co.id - Magelang- Beberapa waktu lalu, saat awal pandemi Covid-19, Rudy berhasil menciptakan Recovery System Imun Korona (Resik). Alat berbentuk bilik stainless steel untuk mensterilkan tubuh dengan menggunakan kandungan daun sirih, sinar ultra violet, dan nano ozone. 

Rudy kembali memunculkan teknologi yang diberi nama Magic Pump, pompa air yang bekerja tanpa bantuan energi listrik, angin dan sebagainya. 

Rudy mengatakan, penemuannya ini tercetus dari dorongan untuk membantu rakyat miskin yang berada di Lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah. Sebab, ketika musim kemarau mereka kerap kesulitan mendapatkan air bersih dan listrik.

"Bumi, air dan kekayaan lainnya dikuasai oleh negara dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Andai pelaksanaannya benar, tentu rakyat di pesisir dan di lereng gunung tidak akan sengsara lagi," ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Atas kondisi itu, Rudy terpanggil untuk menciptakan alat yang kemudian diberi nama Magic Pump. Alat ini mampu memecahkan solusi atas kondisi penduduk lereng Gunung Merapi.

Cara kerja Magic Pump berdasarkan konfigurasi tekanan sehingga menghasilkan dorongan air hingga ketinggian 100 meter.

"Kebahagian itu terpancar ketika masyarakat sudah tidak lagi bersusah payah mengambil air menuruni bukit dengan jarak dan waktu lama, mereka hanya berjuang untuk mendapatkan air," kata Rudy. 

Menurut Rudy, biasanya pompa air bekerja dengan gaya gravitasi di mana air dari atas turun ke bawah. Namun Magic Pump dengan gaya sebaliknya yakni mendorong air dari atas ke atas dengan tekanan tinggi tanpa bantuan solar cell, baterai, listrik, angin, dan BBM. 

"Magic Pump ini didesain dengan tekanan tinggi, mampu mendorong air hingga ketinggian 100 meter. Dia masuk ke alat saya mendorong seperti biasa menekan turbin dengan pressure tinggi sehingga naik ke atas hingga 100 meter. Alat ini juga bisa mengisi tangki dalam satu hari satu juta liter," paparnya.

Sehingga, jika membutuhkan air lima juta liter sehari maka diperlukan lima unit Magic Pump. Alat ini sendiri telah tersedia dan sudah melewati tahap uji coba di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Sebelum ada alat ini mereka mengambil air dari bawah, sekarang tidak perlu mengambil lagi. Di sana tidak ada listrik, tidak ada apapun sekarang mau mengambil lagi jadi dia cukup taruh alat saya," jelas Rudy.

Magic Pump juga sangat berguna untuk kegiatan pertambangan, industri, perumahan atau perkampungan. 

"Alat ini sangat cocok untuk mengatasi kekeringan dan mampu memindahkan air dari sungai ke atas bukit dengan ketinggian maksimal 100 meter. Mampu mengisi tandon air satu juta liter per hari tanpa bantuan energi apapun," tandas Rudy

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…