RS Kartika Pulo Mas Siapkan Kontainer Bermural sebagai Laboratorium PCR

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 07 Juli 2020 - 14:10 WIB

Laboratorium PCR Kontainer Bermural yang Menggambarkan Harus Bersatu Lawan Covid-19
Laboratorium PCR Kontainer Bermural yang Menggambarkan Harus Bersatu Lawan Covid-19

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Pemerintah bertekad meningkatkan kapasitas tes reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk mendeteksi virus penyebab Covid-19 hingga 10.000 spesimen per hari, lebih dari tiga kali lipat dari kapasitas saat ini.

Target ini besar kemungkinan sulit dicapai dalam waktu dekat. Kalau pun tercapai, jumlah tersebut masih tidak mencukupi untuk mendeteksi keseluruhan kasus.

“Tes RT-PCR, satu-satunya tes paling akurat untuk mendeteksi coronavirus dan direkomendasikan oleh WHO, dilakukan untuk mengidentifikasi dan memisahkan orang-orang yang positif Covid-19 dari masyarakat luas serta memberi gambaran epidemiologis kejadian wabah sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat untuk menghentikannya,” ujar dr. Sadewa selaku Manajer RS Kartika Pulo Mas melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (7/7/2020).

“Untuk membantu pemerintah dalam mencapai target 10.000 spesimen per hari, Kartika Pulomas Hospital Dompet Dhuafa membangun laboratorium kontainer khusus, nantinya laboratorium kontainer ini berkapasitas 400 spesimen per hari ini akan beroperasional 7 hari dalam seminggu,” lanjut dr. Sadewa.

“Alhamdulillah, Minggu kemarin 5 Juli 2020 Pagi dini hari ini Kontainer yang nantinya menjadi laboratorium ini telah berhasil tersusun rapih di halaman Kartika Pulomas Hospital Dompet Dukung dan doakan kami untuk terus dapat memberikan layanan terbaik untuk semua masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Hal yang menarik dari laboratorium pcr kontainer, terdapat mural yang menggambarkan bahwa kita harus bersatu melawan Covid-19, mulai dari elemen masyarakat, perawat hingga dokter yang hingga saat ini masih berjibaku di tengah Covid-19. Mural ini juga sebagai dedikasi kepada mereka yang bertugas di garda terdepan dalam upaya Cekal Covid-19.

“Saya vakum setahun, niat awal sekolah dan bisnis tapi ujung-ujungnya mau merawat ilmu yang saya miliki jujur saja saya ingin merawat pasien di IGD, hari ini saya ke Surabaya dibantu oleh RS Kartika Dompet Dhuafa dalam membantu penanganan Covid-19 yang ada di sana,” ujar dr. Tirta pada masa tugas pertama sebagai tenaga kesehatan di RS Kartika, Pulo Mas.

Sebelum terbang ke Surabaya, dr. Tirta menyampaikan pesan kepada masyarakat di era normal baru.

“Terus berpikir positif jauhi provokatif. Bersama masyarakat kita bergotong royong untuk hadapi Covid-19 ini, Covid-19 ada bukan untuk kita takuti, melainkan harus kita hadapi,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…