Ditengah Pandemi, MenkopUKM Lepas Ekspor Lidi Nipah & Lada ke Nepal dan Jepang

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Juli 2020 - 08:30 WIB

MenkopUKM Teten Masduki saat melepas ekspor Lidi Nipah ke Nepal
MenkopUKM Teten Masduki saat melepas ekspor Lidi Nipah ke Nepal

INDUSTRY.co.id - Bangka Belitung - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melepas produk ekspor perdana Lidi Nipah sebanyak 12 ton ke Nepal dan Lada sebanyak 45 ton ke Jepang, di pelabuhan pangkal Balam, Kepulauan Bangka Belitung, Senin, (6/7/2020).

Pelepasan ini juga di dampangi oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Balai Karantina Pertanian Pangan Bangka Belitung Saefudin Zuhri.

Teten menyampaikan, kehadiran pelepasan ekspor perdana lidi nipah produk UMKM desa kota Kapur Kabupaten Bangka ini bisa mendorong perekonomian pelaku UMKM lokal setempat di tengah pandemi. 

Dikatakan MenkopUKM, saat ini ekspor UMKM di Indonesia masih cukup rendah yaitu 14 persen, dibandingkan dengan Malaysia sudah 20 persen, vietnam sudah 30 persen, Jepang 50 persen dan China 70 persen.

"Dari lidi nipah ini sendiri bisa kembangkan jadi produk-produk lainnya, sebab katanya lidi nipah lebih kuat dari lidi lain. Saya pernah lihat tas seharga Rp 1 milyar dari lidi rotan, saya kira lebih bagusan lidi nipah," ujar Teten sambil dalam memperlihatkan potensi Lidi yang bisa diolah menjadi produk lain

Teten mengatakan, banyak komoditi yang potensial untuk di ekspor baik itu komiditi primer maupun karya-karya inovasi yang bisa di dorong ekspor. Di saat pandemi Covid-19 ini pasar luar negeri yang tetap stabil untuk ekspor yaitu pertama, seperti ikan hidup maupun ikan beku, ini potensi untuk ekspor. 

Kedua, buah tropic segar seperti nanas yang banyak diminta baik segar maupun kaleng. Ketiga, rempah-rempah, dan terakhir varian dari produk kelapa hingga ke batok kelapa itu sendiri baik yang belum diproses maupun sudah menjadi arang.

"Tadi kita mungkin lihat di sekeliling lidi nipah ini banyak sekali tapi belum dimaksimalkan. Sebab itu perlu role model lainnya, seperti home decore, furniture, pakaian muslim dan kulineran. Dan saya lihat Bangka Belitung ini memiliki kuliner-kuliner yang dan punya potensi. Jadi mungkin  nanti bisa spesifik. Belum lama kita pernah kirim kerupuk ke China ternyata orang China suka, dan saya kira kerupuk Bangka Belitung lebih enak dari Palembang, karena ikan-ikannya masih banyak," ungkapnya.

Penting menyiapkan umkm untuk masuk pasar global, di dalam negeri pun sekarang banyak produk luar yang masuk e-commerce ini menjadi tantangan dan ini harus disiapkan agar UMKM bisa bersaing di negerinya sendiri

Pemerintah di awal tahun sudah menurunkan nilai ambang batas untuk impor yang tadinya 75 dolar AS, sekarang diturunkan jadi 3 dolar AS. Diharapkan produk lokal bisa bersaing dengan produk impor.

"Kita juga harus membidik market-market secara khusus misalnya market kita timur tengah ada kedekatan ada opportunity untuk ekspor kesana," sebutnya

Tentu untuk mendorong ekspor selain bekerja sama dengan pemerintah daerah, pusat, swasta juga dengan lembaga pembiayaan. Ini juga penting bagaimana pembiayaan mudah, murah untuk UMKM.

Ia juga menekankan agar produk untuk ekspor tidak terlalu ketat pengawasannya.

"Kalau barang dari luar boleh ketat, dari sini keluar yang tidak masuk dalam pengawasan mestinya tidak terlalu ketat. Ini sering kali keluhan- keluhan muncul ketika kita ekspor. Kita juga perlu memanfaatkan jaringan diaspora untuk promosi produk. Kita perlu akselerasi semua," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menyampaikan apresiasinya ini suatu kebanggan bagi Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung. 

Suatu produk atau komoditi yang tadinya mungkin tidak ada yang tahu, lidi nipah kini suatu potensi memiliki nilai, ternyata hal ini di dengar dan ditanggapi pak Menteri.

Lidi nipah ini sangat besar jumlahnya termasuk  sepanjang sungai di Batu rusa dan Selindung ini hampir di setiap sungai di Bangka Belitung ini pinggirannya adalah nipah, ketika ini menjadi potensi baru, yang diawali oleh suatu pelatihan  yang diadakan pemerintah dalam hal ini Kemenkop melalui dana alokasi khusus non fisik, pelatihan ini yang mendorong dan memperkenalkan produk ini  oleh kota Kapur.

"Ini menjadi kebanggan dan tentunya bisa menyejahterakan masyarakat kami," ungkapnya

Kendati demikian pihaknya mengeluhkan, fasilitas infrastruktur yang dimilikinya. pelabuhan ini masih terkendala untuk ekspor, pelabuhan Pangkal Balam tidak efesien dimana kapal masuk harus tunggu pasang surut, harus keluar satu persatu, dan masuk pun satu persatu.

"Karenanya kepada Pelindo dan KSOP  saya minta perhatian khusus untuk ekspor lidi nipah bisa diatur dengan mendatangkan kapal yang lebih besar, kalau kita bisa lakukan itu kita bisa menghemat 1.500 per kilo," pintanya.

Ia juga menambahkan upaya memperkuat ekspor juga akan ditambah dalam waktu dekat ini buah-buahan akan diekspor dari nanas dan manggis. Tak luput pihaknya juga meminta agar kiranya fasilitas infrastruktur pelabuhan Pangkal Balam jadi perhatian pemerintah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin