Perhutani Gandeng Telkom Kick Off Implementasi ERP Merah Putih TREMBESI

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 03 Juli 2020 - 08:15 WIB

Proyek Implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) Merah Putih ‘TREMBESI’
Proyek Implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) Merah Putih ‘TREMBESI’

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perum Perhutani bersama dengan PT Telkom Indonesia melangsungkan Kick Off Meeting dalam proyek implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) Merah Putih ‘TREMBESI’ yang dilaksanakan di Kantor Pusat Perum Perhutani Ruang Rapat Kawah Putih dan juga melalui virtual conference (Zoom).

TREMBESI adalah nama project model kerjasama sinergi BUMN Perhutani dengan Telkom dan merupakan kepanjangan dari Transformasi Ekosistem Menuju Bisnis PErhutani yang Sustain dan Inovatif.

TREMBESI adalah nama sebuah Pohon yang mempunyai karakter menaungi, berakar kuat, bertumbuh besar, berumur Panjang dan selalu hijau. Sehingga harapan project ini menaungi semua (proses, sistem, hasil, personil dll), mengakar kuat kebawah sehingga dapat mendorong perusahaan untuk tumbuh besar, bertahan dalam jangka waktu yang lama (berumur panjang/sustain) dan selalu hijau artinya selalu memberikan manfaat.

Lingkup pekerjaan ini adalah implementasi Modul  ERP FICO (Financial & Cost Controlling) dan HCM (Human Capital Management) yang mengintegrasikan proses-proses utama korporat terutama proses keuangan dan SDM secara real time yang diharapkan mampu merubah ekosistem bisnis internal Perhutani, yang pada akhirnya akan menambah kepercayaan pihak luar terutama mitra bisnis dan stakeholder lainnya serta mendorong bisnis menjadi bertumbuh dan inovatif.

“Dalam dunia bisnis sekarang harus semakin cepat, efisien dan berkualitas sehingga sistem bisnis harus berubah yaitu dengan digitalisasi proses bisnis,” ujar Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro, sumber melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (2/7/2020).

Wahyu menjelaskan bahwa sistem Enterprise Resource Planning bisa diterapkan pada perusahaan dan harus dikembangkan untuk menggantikan sistem-sistem yang terpisah menjadi terintegrasi sehingga pengelolaannya lebih efektif dan efisien.

"Maka bersama ini saya minta komitmen seluruh jajaran perhutani, seluruh BoD, Kadivre, Kapus-kapus, Kadiv Kantor Pusat beserta seluruh jajaran untuk fokus dan mengerahkan seluruh sumberdaya untuk mensukseskan project ERP Trembesi ini. Sebagaimana tagline ‘Berubah Hari Ini Untuk Melindungi Masa Depan’ project ini akan melindungi masa depan perusahaan untuk terus bertumbuh dan sustain," ungkap Wahyu.

Pada kesempatan yang sama Deputy Executive Vice President Divisi Enterprise Service PT Telkom Indonesia Suhartono, menjelaskan bahwa transformasi menuju ke ERP ini tidak hanya merubah platform atau teknologi tetapi juga merubah kultur tatanan perusahaan dalam menjalankan bisnis ini, sehingga kami bersama tim dari Perhutani harus siap berkomitmen mulai dari Top Manajemen sampai ke level pelaksana untuk menuju perubahan ini.

"Pada implementasinya kita mulai dari Blueprint kemudian melakukan migrasi data dari Perhutani dan User Training lalu akan kita support post go live pada awal tahun 2021 yang selanjutnya merupakan Manage Service Aplikasi TREMBESI," tutup Suhartono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…