Wow, IHSG Diperkirakan Zona Positif Ini Saham-sahamnya

Oleh : Wiyanto | Rabu, 01 Juli 2020 - 07:07 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pergerakan IHSG berada pada trend positif jangka menengah dan terkonsolidasi pada level moving average 5 dan 20 hari. Indikator stochastic terlihat menjenuh mendekati area oversold dengan momentum indikator RSI yang bergerak flat pada area middle oscillator.

"Sehingga kami perkirakan IHSG akan kembali bergerak mencoba tutup pada zona positif melanjutkan pergerakan trend jangka menengahnya hingga pengujian resistance psikologis dengan support resistance 4879-5000," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ACES, AKRA, ANTM, GGRM, HMSP, HRUM, LPKR, PTBA, SMGR, TPIA, UNVR.

IHSG (+0.07%) naik tipis 3.57 poin kelevel 4905.39 setelah sempat optimis hampir sepersen diawal sesi perdagangan. Penurunan saham-saham di sektor Infrastruktur (-2.54%) menjadi penghambat pergerakan optimis IHSG pada perdagangan hari ini. Saham TLKM (-4.09%) turun signifikan setelah memasuki hari ex date dividen dimana nominal dividen yang akan dibagikan sebesar Rp154.07 perlembar saham serta adanya penurunan laba bersih pada kuartal pertama tahun ini sebesar 5.8% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. Aksi jual investor asing sebesar 489.09 miliar rupiah menyeret saham TLKM yang menjadi terbanyak dijual investor asing. Dengan kapitalisasi yang besar penurunan saham TLKM ini tentu menjadi pemberat penguatan IHSG hingga akhir sesi perdagangan. Investor terliat menanti data inflasi yang akan rilis besok dengan ekspektasi turun pada sebesar 1.9% dari 2.19%.

Bursa Eropa membuka perdagangan mengiringi pelemahan indeks berjangka AS yang berbalik melemah. indeks Eurostoxx (-0.23%), FTSE100 (-0.73%) dan DAX (-0.05%) dibuka pada zona negatif. Investor menimbang angka ekonomi yang lebih baik terhadap peningkatan kasus pandemi covid-19. Beberapa acara penting yang akan menjadi fokus investor hadir pada pekan diantaranya, The Fed dan Mentri keuangan AS akan bersaksi di depan komite jasa keuangan pada hari ini dan Laporan pekerja AS yang akan rilis pada hari kamis. Dari dalam negeri tingkat inflasi akan ikut meramaikan data ekonomi yang akan menjadi sentimen selanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka Residence di Cikarang

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:24 WIB

Jababeka Residence Lokasi Tepat Tanam Modal Panen Cuan

Pengembangan hunian berkelas yang dilakukan oleh anak usaha dari PT. Jababeka Tbk. (KIJA) ini semakin pesat dengan menghadirkan beragam produk residensial dan komersial unggulan.

Yusril Ihza Mahendra

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:23 WIB

Ketum PBB Yusril : Prabowo-Gibran Harus Revisi UU atau Terbitkan Perppu Jika Mau Tambah Kementerian

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, menanggapi isu presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang ingin menambah nomenklatur kementerian. Beredar kabar jumlah nomenklatur kementerian…

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:17 WIB

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Lantamal VI Makassar bersama Tim SAR Gabungan TNI, POLRI dan Basarnas menemukan Korban tenggelam akibat Bencana Alam dan Tanah Longsor di Kecamatan Suli,…

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 05:41 WIB

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Jakarta – Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan…

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…