Pemerintah Bakal Resmikan Kawasan Industri Batang, BKPM: Investor 'Enggak' Perlu Beli Tanah

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Juni 2020 - 09:30 WIB

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah bakal meresmikan kawasan industri di Batang, Jawa Tengah, dalam waktu dekat. Kabar tersebut disampaikan oleh kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

"Kami akan meresmikan kawasan industri di Batang, di Batang ini adalah 4.500 hektar kita siapkan," ujar Bahlil dalam virtual conference, Minggu (28/6/2020).

Ia mengatakan, keberadaan kawasan industri bertujuan untuk mempermudah para investor untuk masuk berinvestasi ke Indonesia. Ia menegaskan, akan segara mempermudah persyaratan untuk investor yang tertarik.

Salah satunya yakni dengan menyiapkan skema kerja sama dengan Kementerian BUMN. Kerja sama itu nantinya memungkinkan para investor tidak perlu lagi membeli lahan di kawasan tersebut.

"Seluruh investor yang masuk tidak perlu beli tanah, dia sewa dalam waktu yang panjang bekerja sama dengan BUMN. Ini model baru yang kita bangun konsep baru untuk bagaimana bisa memudahkan dan meyakinkan para investor agar masuk ke Indonesia," ujarnya.

Kawasan industri di Kabupaten Batang ini merupakan peralihan rencana lokasi industri yang sebelumnya direncanakan akan dibangun di Brebes. Namun, rencana tersebut dialihkan lantaran adanya permasalahan pembebasan lahan.

"Brebes akan tetap dikembangkan, tetapi ini dibawa dulu ke Batang," kata Bahlil dalam virtual conference sebelumnya, Jumat (12/6).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…