Hadapi New Normal, Kawan Lama Maksimalkan Platform Digital untuk Industrial

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Juni 2020 - 09:18 WIB

PT Kawan Lama Sejahtera
PT Kawan Lama Sejahtera

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, distributor kebutuhan industrial, PT Kawan Lama Sejahtera telah menerapkan pola kenormalan baru (new normal) dengan protokol kesehatan serta mengembangkan aktivitas digital selama menjalankan operasional perusahaan.

Untuk tetap produktif pada masa new normal, perusahaan mengambil langkah strategis dengan memaksimalkan platform digital. Beberapa aktivitas digital yang lakukan diantaranya adalah Sharing Session berbentuk seminar online yang berhubungan dengan dunia industrial, mulai dari otomotif, machinery, measuring, packaging, cleaning, dan lainnya.

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera mengungkapkan bahwa, implementasi new normal akan membawa pada perubahan cara berpikir dan cara kerja.

"Yang sekarang ini Kawan Lama lakukan ialah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media komunikasi, baik untuk internal dan eksternal. Oleh sebab itu digital marketing juga kita perkuat. Serta infrastruktur digital meeting juga kita manfaatkan," ungkap Tony melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (29/6/2020).

Memaksimalkan ruang digital sebagai wadah edukasi dunia industri dapat memberi informasi sekaligus kemudahan berinteraksi antara Kawan Lama dengan para pelaku bisnis. 

Aktivitas digital tersebut diharapkan juga dapat membantu memberikan support terhadap pemulihan pada sektor-sektor yang terkena dampak pandemi melalui edukasi dari para praktisi. Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas, serta keamanan dalam beraktivitas pun terjamin.

Adanya perubahan pola konsumsi digital sejak masa pandemi, akan menghasilkan perubahan baru pada perekonomian Indonesia, terutama dalam ekonomi digital, yakni mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Melihat hal tersebut, infrastruktur digital akan terus menjadi dukungan utama bagi sebagian besar kegiatan produktif di masyarakat.

Sementara, secara internal Kawan Lama juga menerapkan protokol kesehatan sesuai standar di area kerja dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan infrared thermometer dan thermal scanning, mewajibkan karyawan untuk memakai masker, menyediakan hand sanitizer serta fasilitas cuci tangan yang memadai, serta penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja secara berkala.

Selain itu, penerapan physical distancing juga dilakukan, seperti pembagian kelompok kerja karyawan, serta pembatasan jumlah orang di dalam lift.

Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, tim service center Kawan Lama juga menggunakan APD sesuai dengan standar operasional industri dan menerapkan protokol kesehatan; serta dilengkapi dengan surat tugas dan surat keterangan sehat untuk menunjang protokol kesehatan dari pemerintah. Untuk memastikan karyawan bebas COVID-19, seluruh karyawan Kawan Lama juga sudah menjalani rangkaian rapid test.

“Kita menyadari bahwa COVID-19 ini masih ada di sekeliling kita. Maka dari itu, menyambut new normal ini lebih baik kita bersiap diri supaya proses bisnis tetap berjalan. Tentunya, yang terutama adalah kesehatan harus dipersiapkan dengan baik,” tutup Tony.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sunindo Adipersada IPO (TOYS) (Photo by IDX channel)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Sunindo Adipersada (TOYS) Tawarkan 170 Juta Saham di Lantai Bursa

PT Sunindo Adipersada, produsen boneka Internasional pada Kamis (6/8/2020) resmi mencatatkan diri sebagai emiten baru di Bursa Efek Indonesia.

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Pelatih Robert Pastikan Nazari dan Castillion akan Kembali ke PERSIB

Menjelang latihan bersama pada awal pekan depan, pelatih PERSIB Robert Alberts memberikan keterangan terkait tiga pemain asing yang masih berada di luar negeri. Seperti diketahui, tiga legiun…

Berkembangnya Industri Ritel Dipengaruhi Pengalaman Belanja yang Memuaskan

Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Berkembangnya Industri Ritel Dipengaruhi Pengalaman Belanja yang Memuaskan

Ketika banyak perusahaan mulai beroperasi kembali dan bangkit dari pandemi COVID-19, daya tahan atau ketangguhan perusahaan ritel dan supply chain-nya akan lebih diuji lagi. Salah satu perubahan…

Wamenkeu Suahasil Nazara

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:45 WIB

Wamenkeu: PPID Harus Ada Bersama Pengambil Kebijakan, Tidak Berada di Belakang

Informasi mengenai upaya pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus transparan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat Peresmian Sentra IKM Logam Kabupaten Dharmasraya secara virtual

Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:30 WIB

Pacu Perekonomian Daerah, Menperin Resmikan Sentra IKM Logam Dharmasraya

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) logam di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.