Saatnya Daerah Tingkatkan Potensi Sektor Pariwisata

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 Juni 2020 - 14:00 WIB

Gunung Padang Cianjur (Foto dok Pegipegi)
Gunung Padang Cianjur (Foto dok Pegipegi)

INDUSTRY.co.id - Cianjur - Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan meminta agar daerah lebih meningkatkan lagi potensi wisata daerahnya. Hal tersebut sangat penting, sebab banyak sekali daerah-daerah memiliki potensi wisata terutama wisata alam yang sangat bagus, namun belum dikelola maksimal.

Syarief Hasan memberikan contoh, daerah wisata situs gunung Padang di Kabupaten Cianjur sangat luar biasa berpotensi. Bahkan, banyak mendapatkan perhatian di dalam negeri dan luar negeri. Dengan pengelolaan yang baik, sangat menguntungkan daerah.

"Pemerintah daerah mesti melihat hal tersebut dengan lebih serius. Sayang sekali potensi besar yang minim pengelolaan," katanya, usai melakukan kunjungan silaturahmi dengan Plt.Bupati Cianjur Herman Suherman, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).

Syarief Hasan melihat, kendala yang mengakibatkan minimnya pengelolaan sehingga wisata daerah seperti situs gunung Padang tersebut kurang berkembang, karena ada tiga hal yang mesti diperhatikan koordinasinya karena tumpang tindih, yakni kewenangan pusat, kewenangan Provinsi dan kewenangan Kabupaten.

"Saya berharap agar ada koordinasi yang baik antara pusat, provinsi dan kabupaten sehingga daerah Cianjur menjadi lebih terkenal. Semua itu kan kembali ke rakyat. Saya rasa, jika serius wisata gunung Padang tersebut akan menyamai Borobudur bahkan lebih," ujarnya kepada awak media di Cianjur.

Jika koordinasi sudah baik, lanjut Syarief Hasan, dan potensi wisata sudah berkembang, maka hal selanjutnya yang mesti dipikirkan dan dilakukan adalah terobosan-terobosan wisata baru yang menarik wisatawan. Seperti, wisata balon udara sehingga wisatawan bisa menikmati view Cianjur dari udara.

"Hal tersebut juga diharapkan terjadi di daerah-daerah lain yang memiliki potensi wisata daerah yang bagus. Jika ini terjadi maka rakyat seluruh wilayah Indonesia akan mengalami peningkatan kesejahteraan," ucapnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

29 Tahun Tupperware

Minggu, 12 Juli 2020 - 22:10 WIB

Berkat Inovasi Produk, Tupperware Tetap Menjadi Kesayangan 'Mama' Selama 29 Tahun

Di Indonesia, tepat 29 tahun yang lalu Tupperware hadir di tengah masyarakat, ya! 29 tahun, sebuah perjalanan yang tidak singkat bagi sebuah merek untuk dapat terus eksis dan di cintai, terlebih…

Bijak dan Cerdas Siaran Melalui Sosial Media

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:17 WIB

Keluarga Bisa Jadi Pintu Masuk Untuk Literasi Digital

Jakarta-Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran belum juga kelar. Banyak pihak menyarankan supaya inisiatif dilakukan di tingkat masyarakat.

Penampakan group musik Weird Genius di Times Square AS

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:10 WIB

Muncul di Times Square, Group Musik Asal Indonesia Ini Bikin Masyarakat AS Mabuk Kepayang

Weird Genius, sebuah grup musik yang digawangi Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu, mengumumkan sebuah kabar gembira bagi penggemar mereka. Belum lama ini dikabarkan jika karya mereka mendapat…

PLUT Jembrana

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:45 WIB

Meski Baru 'Seumur Jagung', PLUT Jembrana Berhasil Dorong UMKM Sekitar Naik Kelas

Usia Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Jembrana, Bali masih seumur bayi, satu tahun. Walaupun baru lahir, PLUT Jembrana mampu menorehkan berbagai jejak untuk mengembangkan UMKM…

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:41 WIB

Gugus Tugas Benarkan Rektor USU Prof Runtung Sitepu Positif terpapar COVID-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan bahwa Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif terpapar virus…