Positif Hadapi New Normal, Kawan Lama Maksimalkan Platform Digital untuk Industrial

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:47 WIB

PT Kawan Lama Sejahtera
PT Kawan Lama Sejahtera

INDUSTRY.co.id,  Jakarta-Setelah menerapkan PSBB selama lebih dari dua bulan untuk mencegah penyebaran COVID-19, kini pemerintah menerapkan masa PSBB transisi menuju new normal. PT Kawan Lama Sejahtera sebagai distributor kebutuhan industrial telah menerapkan pola kenormalan baru (new normal) dengan protokol kesehatan serta mengembangkan aktivitas digital selama menjalankan operasional perusahaan.

Memaksimalkan platform digital merupakan langkah yang diambil oleh Kawan Lama karena menyadari pentingnya produktivitas harus tetap berjalan di kondisi new normal. Aktivitas digital yang digelar oleh Kawan Lama ialah Sharing Session berbentuk seminar online yang berhubungan dengan dunia industrial, mulai dari otomotif, machinery, measuring, packaging, cleaning, dan lainnya.

Selain itu, Kawan Lama juga hadir lewat platform digital, Podcast (rekaman audio) sebagai media komunikasi, yang dapat diakses via Spotify dan akun media sosial Kawan Lama Sejahtera. Di episode perdananya berjudul How to face New Normal in Workplace? Kawan Lama menghadirkan Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera yang berbicara seputar tips aman berkegiatan bagi para pelaku industri di fase new normal dengan memanfaatkan platform digital seperti sekarang ini.

“Implementasi new normal akan membawa pada perubahan cara berpikir dan cara kerja. Yang sekarang ini Kawan Lama lakukan ialah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media komunikasi, baik untuk internal dan eksternal. Oleh sebab itu digital marketing juga kita perkuat. Serta infrastruktur digital meeting juga kita manfaatkan,” ujar Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera.

Memaksimalkan ruang digital sebagai wadah edukasi dunia industri dapat memberi informasi sekaligus kemudahan berinteraksi antara Kawan Lama dengan para pelaku bisnis. Aktivitas digital tersebut diharapkan juga dapat membantu memberikan support terhadap pemulihan pada sektor-sektor yang terkena dampak pandemi melalui edukasi dari para praktisi. Dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas, serta keamanan dalam beraktivitas pun terjamin.

Adanya perubahan pola konsumsi digital sejak masa pandemi, akan menghasilkan perubahan baru pada perekonomian Indonesia, terutama dalam ekonomi digital, yakni mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Melihat hal tersebut, infrastruktur digital akan terus menjadi dukungan utama bagi sebagian besar kegiatan produktif di masyarakat.

Sementara, secara internal Kawan Lama juga menerapkan protokol kesehatan sesuai standar di area kerja dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan infrared thermometer dan thermal scanning, mewajibkan karyawan untuk memakai masker, menyediakan hand sanitizer serta fasilitas cuci tangan yang memadai, serta penyemprotan disinfektan di seluruh area kerja secara berkala. Selain itu, penerapan physical distancing juga dilakukan, seperti pembagian kelompok kerja karyawan, serta pembatasan jumlah orang di dalam lift.

Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, tim service center Kawan Lama juga menggunakan APD sesuai dengan standar operasional industri dan menerapkan protokol kesehatan; serta dilengkapi dengan surat tugas dan surat keterangan sehat untuk menunjang protokol kesehatan dari pemerintah. Untuk memastikan karyawan bebas COVID-19, seluruh karyawan Kawan Lama juga sudah menjalani rangkaian rapid test.

“Kita menyadari bahwa COVID-19 ini masih ada di sekeliling kita. Maka dari itu, menyambut new normal ini lebih baik kita bersiap diri supaya proses bisnis tetap berjalan. Tentunya, yang terutama adalah kesehatan harus dipersiapkan dengan baik,” tutup Tony Sartono.

Perusahaan yang menyediakan solusi untuk berbagai jenis industri di Indonesia, hadir sejak tahun 1955 yang dipercaya menjadi distributor tunggal dan utama untuk banyak brand teknik ternama bertaraf internasional. Didukung oleh 19 cabang penjualan yang tersebar di 18 kota, 27 Service Center serta 3 lokasi Distribution Center untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

PT Kawan Lama Sejahtera telah menjadi solusi untuk berbagai industri di Indonesia selama 65 tahun di berbagai lini bisnis. Berpengalaman dalam dunia teknik dan memberikan konsultasi lebih 60.000 produk komersial serta industri, bagi ratusan brand premium. Memiliki sistem omni-channel, yakni lebih dari 500 technical consultant, 18 Showroom, E-commerce  www.kawanlama.com, dan mobile application yang dapat diunduh pada GooglePlay dan App Store, sehingga mempermudah customer untuk berkonsultasi dan membeli produk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kajian Kelayakan Pemanfaatan Minyak Nabati Murni

Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BBM untuk Listrik Makin 'Mahal', Pemerintah Mulai Kaji CPO untuk PLTD

Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak…

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:00 WIB

Dibantu IKEA dan AstraZeneca, Ridwan Kamil: Kami Akan Gelar Karpet Merah untuk Investor Industri Swedia

Sektor swasta Swedia telah membantu Indonesia dalam menghadapi COVID-19 diantaranya kepada Pemprov Jawa Barat.

Pelayanan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Permudah Akses Pelayanan Bagi Para WNI, KJRI Dubai Selenggarakan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

KJRI Dubai selenggarakan pelayanan kekonsuleran secara jemput bola (outreach) di Hotel Hilton bagi para WNI di Ras Al Khaimah.

Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:43 WIB

Belgia Sambut Baik Ekspor Industri Mebel dan Produk Kayu Hutan Indonesia

KBRI Brussels bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan (FKPMI) menyelenggarakan “Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture".