5 Juli Formula 1 Kembali Diadakan Tanpa Perayaan Podium Juara

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Juni 2020 - 17:30 WIB

F1 (Foto Dok Autosport)
F1 (Foto Dok Autosport)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Formula 1 akan meniadakan perayaan di podium ketika balapan musim ini berlanjut sebagai salah satu upaya menghindari penyebaran virus corona.

Selain itu, parade para pebalap yang biasanya digelar sebelum lomba juga akan dicoret dari agenda, toh tak akan ada penonton di tribun sirkuit.

Upacara penghormatan kepada lagu kebangsaan negara tuan rumah juga ditiadakan, bahkan tak ada penyerahan trofi, demikian managing director F1 Ross Brawn di laman resmi F1, Jumat.

"Praktik yang kita lakukan di masa lalu itu tak bisa dilakukan," kata Brawn seperti dikutip Reuters.

"Prosedur podium tak akan dilaksanakan, tapi kami sedang mengusahakan sesuatu dilakukan di grid setelah lomba. Satu opsi adalah untuk menderetkan mobil di trek dan para pebalap berdiri di depannya.

Penyerahan trofi tak akan memungkinkan karena adanya larangan menjaga jarak, namun Brawn akan berusaha menggantikan ritual wajib itu dengan cara lain.

Balapan F1 akan memulai musim yang tertunda di Austria pada 5 Juli nanti tanpa penonton.

Sebanyak delapan seri awal telah dirilis, semuanya di sirkuit Eropa, namun tak menutup kemungkinan menggelar di benua lain.

Azerbaijan, Singapura dan Jepang tak akan masuk di kalender Formula 1 tahun ini setelah penyelenggara, Jumat, membatalkan Grand Prix di tiga negara itu karena pandemi virus corona.

F1 juga telah sebelumnya membatalkan empat balapan lainnya, yaitu seri pembuka di Australia, kemudian Monako, Belanda dan Prancis.

Brawn mengatakan ada kemungkinan untuk menggelar paruh kedua musim setelah delapan seri awal yang dirilis revisi kalender F1.

Ada pembicaraan untuk menggelar balapan kedua di Italia di Sirkuit Mugello atau Imola, bekas tuan rumah Grand Prix San Marino, sedangkan Sirkuit Hockenheim, Jerman dan Sirkuit Portimao, Algarve, Portugal memiliki potensi masuk ke kalender.

Sirkuit Sochi juga bersedia menjadi tuan rumah dua balapan.

"Kami yakin jika rencana kami menggelar 15-18 balapan di saat musim ini selesai di Abu-Dhabi pada pertengahan Desember dan berharap mengeluarkan kalender final sebelum kami memulai musim kami di Austria." (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:16 WIB

CocaCola Amatil Indonesia Salurkan Ribuan Liter Air Siap Minum

Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) melalui pabriknya di Sumedang menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan longsor di Desa Cihanjuang. Penyerahan donasi di empat titik…

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

Kamis, 28 Januari 2021 - 09:10 WIB

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split Jangkau Investor Ritel

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen be ras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, telah mendapatkan restu dari para pemegang saham untuk melakukan perubahan/…

PT Asabri (persero)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:54 WIB

Mengerikan! Kerugian Korupsi Asabri Capai Rp 22 Triliun Melebihi Jiwasraya

JAKARTA. Belum selesai kasus Jiwasraya, kini negara kembali dirugikan akibat dugaan korupsi di Asabri. Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut, kerugian negara akibat kasus Asabri mencapai Rp 22…

Petani membasmi hama tikus di persawahan

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:48 WIB

Kementan Kawal Pengendalian Hama Tikus di Ciamis

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat terhadap serangan hama tikus yang menyerang puluhan hektar pertanaman padi di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis,…

Ilustrasi Rupiah (ist)

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:29 WIB

Catat! Kemenag Pastikan Wakaf Uang Hanya Diinvestasikan ke Produk Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin, 21 Januari 2021. GNWU ini kemudian mendapat respon beragam dari masyarakat, terutama terkait penggunaan…