Hebat! Anies Baswedan Berbagi Cara Penanganan Covid-19 di Depan 40 Gubernur dan Wali Kota se Dunia

Oleh : Ridwan | Senin, 08 Juni 2020 - 07:05 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Dok Industry.co.id)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dianggap berhasil dalam penanganan pandemi Covid-19. Karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan diundang untuk menghadiri virtual meeting The Mayoral Meeting Cities Against Covid-19G (CAC) Global Summit 2020 pada 2 Juni lalu.

Dengan mengusung tema 'Together We Stand', Anies berbicara di depan 40 gubernur dan wali kota di seluruh dunia. Video tersebut diunggah akun Youtube Pemprov DKI pada Ahad (7/6).

Dikutip dari prnewswire.com, global summit atau konferensi tingkat tinggi (KTT) yang mencakup 15 sesi ini berlangsung pada 1-5 Juni 2020. Di mana para ahli global di bidang perawatan kesehatan, pendidikan, teknologi informasi, dan lingkungan, berbagi informasi mendalam tentang tanggapan dan solusi untuk penanganan Covid-19.

Semua program yang dipaparkan pemateri dilengkapi dengan interpretasi simultan dalam bahasa Inggris.

Adapun Anies kebagian sesi presentasi pada 2 Juni, yang diawali dengan pidato pembukaan Wali Kota Seoul Park Won-Soon selaku tuan rumah.

Acara tersebut diikuti Gubernur Maryland (AS) Larry Hogan, Wali Kota Moskow (Rusia) Sergei Sobyanin, Wali Kota London (Inggris) Sadiq Khan, Wali Kota Istanbul (Turki) Ekrem İmamoğlu, dan Wali Kota Budapest (Hungaria) Gergely Karácsony.

Selain itu, wali kota Teheran (Iran), Tel Aviv (Israel), Buenos Aires (Argentina), Vancouver (Kanada), Chongqing (China), dan New Delhi (India) ikut berbagi penanganan Covid-19 di masing-masing wilayahnya. Kemudian setelah diskusi, dilanjutkan 'Deklarasi Seoul' yang diikuti seluruh peserta.

Sebelum menyilakan Anies berbicara, moderator mengatakan, "Berikut akan kita dengarkan contoh dari Jakarta dari Gubernur Anies Baswedan. Bulan Mei dapat dikatakan sebagai bulan terberat untuk provinsi terbesar keempat di Asia Tenggara, namun Jakarta tampaknya telah berhasil mengubah keadaan dengan jumlah kasus yang terus menurun setelah melewati puncaknya pada pertengahan Mei. Bapak Gubernur tampaknya Anda memiliki bahan paparan yang telah dipersiapkan, jika sudah siap saya akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk berbicara sekarang."

Gubernur Anies pun mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan untuk mengikuti pertemuan penting para pemimpin di seluruh dunia, khususnya teman baik Wali Kota Park.

Menurut Anies, Park adalah salah satu panutan pemimpin kota. Dia juga menyampaikan salam kepada gubernur dan wali kota yang mengikuti pertemuan tersebut.

Anies mengatakan, Pemprov DKI ingin membagikan penanganan Covid-19 kepada seluruh peserta. Hanya saja, ia menekankan, materi yang disampaikan ingin mengajak gubernur dan wali kota seluruh dunia untuk melihat ke depan.

"Maksud saya kita semua berpengalaman menghadapi pandemi ini, tapi saya pikir penting bagi kita semua untuk melihat hal-hal di balik pandemi ini," ucap mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) tersebut.

Menurut Anies, Jakarta tidak hanya mengalami masalah, namun juga kesempatan. Bagi dia, masalah yang dihadapi ada dua, yaitu krisis kesehatan dan ekonomi. Di sisi lain, Pemprov DKI mengalami terobosan dalam bidang digital dan lingkungan yang lebih asri.

Anies menuturkan, selama ini di Jakarta, masalah polusi merupakan salah satu tantangan yang dihadapi Pemprov DKI. Dalam tiga bulan terakhir selama pandemi Covid-19, kata dia, masyarakat mendapatkan langit yang biru kembali karena mobilitas kendaraan turun drastis.

"Sehingga masyarakat mulai menyadari bahwa inilah yang dapat terjadi saat kita memiliki ekonomi berbasis lingkungan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan," ucap Anies.

Bagi dia, krisis kesehatan dan ekonomi memang merupakan tantangan yang harus dihadapi. Namun yang tidak pernah terbayangkan beberapa bulan lalu, semua pihak kini saling berbagi nilai-nilai baru tentang bagaimana mengelola kota.

Indonesia sebagai negara berkembang, lanjut Anies, di Jakarta sebagai kota megapolitan, perkembangannya berorientasi pada transportasi mobil, dengan transportasi publik yang minim.

"Kemudian kita mengubah diri dari pengembangan berorientasi mobil menjadi pengembangan berorientasi transit (TOD). Kami membangun transportasi publik, stasiun, properti di sekitar stasiun-stasiun tersebut," ucap mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Berikutnya, kata Anies, Pemprov DKI memikirkan program pembangunan lebih lanjut, yaitu pengembangan berorientasi mobil menjadi TOD, dan disusul pengembangan berorientasi digital. Hal itu mungkin adalah masa depan yang perlu diantisipasi.

Pasalnya masalah pandemi bisa saja muncul lagi di kemudian hari, sehingga perubahan-perubahan harus dilakukan mulai sekarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…