Hotel Indonesia Group Kerja Sama dengan PHRI Siapkan Standar Operasional Hotel New Normal

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 05 Juni 2020 - 01:06 WIB

Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) (Foto Dok Industry.co.id)
Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Hotel Indonesia Group bekerja sama dengan PHRI terapkan standar operasional prosedur untuk era “New Normal”. Penyebaran virus COVID-19 yang terjadi saat ini sangat berdampak bagi sektor industri. Perubahan kebiasaan dan gaya hidup selama pandemik COVID-19 membuat kita semua harus mempersiapkan skenario New Normal. Skenario New Normal yang diterapkan menjadi SOP baru merupakan bagian penting bangkitnya industri pariwisata dan perhotelan.

Hotel Indonesia Group yang merupakan hotel operator milik negara mengambil peran penting dalam mempersiapkan standard operasional yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Hotel Indonesia Group dari awal sudah mempersiapkan serangkaian SOP yang sesuai dengan kondisi masa ini.  Qodie Ibrahim selaku CEO Hotel Indonesia Group memaparkan bahwa kami dari awal sudah mempersiapkan SOP untuk masa pandemic, recovery dan juga New Normal. SOP-SOP tersebut kami siapkan dikarenakan hotel-hotel yang kami operate masih beroperasi dan siap untuk mendukung pemerintah pusat ataupun daerah dalam menanggulangi COVID19.

Setelah ditunjuk sebagai koordinator untuk pemenuhan akomodasi untuk tenaga medis di Kota Jakarta, HIG juga membagikan SOP-SOP tersebut kesetiap hotel yang ditunjuk untuk menyediakan akomodasi bagi para tenaga medis.

SOP yang terbagi dalam 3 kategori wktu seperti SOP Pandemic HIT, Recovery dan New Normal mengacu pada ketentuan international WHO dan juga Dinas Kesehatan. “SOP-SOP tersebut sudah dibagikan dan kami trainingkan ke hotel-hotel kami dan juga hotel-hotel lain, salah satunya hotel yang sudah menerapkan SOP kami adalah 14 unit milik  HOTEL INDONESIA NATOUR, Inaya Bay Komodo Labuan Bajo, Jatiluhur Valley and Resort dan Grand Inna Daira Palembang” kata Qodie Ibrahim.

Standar Operasional Prosedur yang kami buat memang bisa langsung diaplikasikan oleh hotel-hotel terkait mulai hotel bintang 3 hingga bintang 5, team memang membuat SOP tersebut sangat lengkap. SOP tersebut mengatur banyak sekali protokol-protokol yang harus dilakukan mulai dari penjemputan tamu, pembersihan kamar, meeting rooms, persiapan makanan, hingga spa therapis semua sudah dijelaskan, terang Giri Business Development Manager Hotel Indonesia Group.

Penerapan SOP ini sangat penting bagi kita yang bekerja di industri perhotelan. Kalau biasanya hotel operator lain lebih memilih untuk tidak membagikan SOP mereka, kami malah memberikan SOP kami untuk bisa disesuaikan oleh PHRI dan dibagikan ke hotel-hotel yang lain. Bagi kami sebuah proses kolaborasi yang baik dan benar pasti bisa berdampak bagi bisnis perhotelan kedepan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Sungai Dareh

Selasa, 22 September 2020 - 08:34 WIB

Kementerian PUPR Habiskan Rp 227 Miliar Untuk Bangun Sejumlah Infrastruktur di Dharmasraya

Untuk mendukung ketahanan pangan dan air serta meningkatkan produktivitas di sektor pertanian di Dharmasraya, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya…

Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Foto Ist)

Selasa, 22 September 2020 - 08:00 WIB

Maklumat Kapolri Terkait Pilkada Serentak 2020

Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)

Selasa, 22 September 2020 - 07:30 WIB

KSPI Pertegas Tetap Tolak RUU Omnibus Law RUU Cipta Kerja

Presiden KSPI Said Iqbal, Selasa (22/9/2020) menegaskan, sikap buruh yang sudah disampaikan kepada Wakil Ketua DPR RI, pimpinan dan anggota Panja Baleg , dan beberapa Fraksi di DPR RI adalah:…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 22 September 2020 - 07:12 WIB

Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Selama Masa Pancaroba

Potensi hujan lebat yang terjadi pada siang/sore di wilayah Bogor tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung, sehingga masyarakat…

Salah satu gerai MYPERTAMINA di sebuah SPBU (Doc:Pertamina)

Selasa, 22 September 2020 - 07:05 WIB

Komitmen Go Digital, GM Pertamina Cek Layanan MyPertamina di SPBU

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V wilayah Jatimbalinus, CD. Sasongko memeriksa langsung sarana dan prasarana pendukung penerapan contactless payment di…