Ditengah Pandemi, Facebook dan Paypal Ekspansi Suntik Modal GOJEK

Oleh : Candra Mata | Kamis, 04 Juni 2020 - 07:45 WIB

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)
Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

INDUSTRY co.idJakarta, Ditengah pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, Facebook Inc (FB.O) WhatsApp dan Paypal Holdings Inc (PYPL.O) pada hari Rabu (3/6/2020) secara resmi telah mencatatkan diri menjadi investor Gojek sebagai bagian dari putaran penggalangan dana yang sedang berlangsung di perusahaan Indonesia.

Hal ini juga merupakan misi dari Facebook, Whatsapp dan Paypal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan. Indonesia adalah salah satu dari lima pasar terbesar WhatsApp, dengan lebih dari 100 juta pengguna.

Dilansir Reuters, pada kamis (4/6), WhatsApp dan Paypal tidak mengungkapkan ukuran investasi atau taruhan yang akan mereka terima. Kepala Operasi WhatsApp Matt Idema dalam sebuah posting blog mengatakan, bahwa Whatsapp akan bekerjasama dengan Gojek untuk mendukung pertumbuhan jutaan usaha kecil.

Paypal juga menyebutkan bahwa kemampuannya dalam pembayaran digital akan diintegrasikan ke dalam layanan Gojek. Pada April 2020, Reuters melaporkan bahwa Facebook sedang melakukan diskusi dengan pihak Gojek mengenai investasi dan juga sedang bekerjasama dengan tiga operator e-wallet di Indonesia, termasuk Gojek GoPay untuk meluncurkan layanan pembayaran mobile di ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu.

WhatsApp telah menginvestasikan USD5,7 miliar dalam bentuk digital dari Reliance Industries Ltd (RELI.NS) India pada bulan yang sama. Sekadar informasi, perusahaan tersebut kini bernilai USD10 miliar.

“Dengan Facebook dan WhatsApp menjadi platform sosial dan pesan yang dominan di Indonesia, investasi ini menjadikan posisi Gojek sebagai aplikasi super terkemuka untuk lebih dari 300 juta orang,” kata Hian Goh, seperri dikutip dari laman IDX. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Sosial Juliari B

Jumat, 10 Juli 2020 - 07:00 WIB

Mensos Juliari Restui Pemkab Sukabumi Mengubah Data Penerima BST

Menteri Sosial Juliari B mempersilahkan pemerintah kabupaten Sukabumi mengubah atau memperbaiki data penerima bantuan sosial tunai tahap berikutnya.

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:17 WIB

Cetak 2.657 Kasus per Hari Jadi Rekor Tertinggi COVID-19, Yurianto: Total Menjadi 70.736 Orang Positif

Gugus Tugas Mengumumkan jumlah penambahan kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Pemerintah pada 2 Maret 2020. "Kita mendapatkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.657,…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Jumat, 10 Juli 2020 - 06:00 WIB

TNI-Polri Luncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si. meresmikan secara langsung Program Kampung Tangguh Nusantara tahun 2020 dalam rangka mendukung program…

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:30 WIB

Satgas 754 Kostrad Tegakkan Protokol Kesehatan di Kiliarma Mimika Papua

Dalam mencegah penyebaran Covid-19, Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 754/ENK/20/3 Kostrad menegakkan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang datang dari timika di Distrik Agimuga.…

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Jumat, 10 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danyonmarhanlan IX Panen Raya Dukung Program Ketahanan Pangan

Kegiatan panen raya ini dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Ambon. dengan memanfaatkan lahan kosong di Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga kec. Teluk…