Usir Virus Corona, Dukun di Pulau Sumba Terima Wangsit dari Malaikat Gabriel

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 03 Juni 2020 - 05:29 WIB

Samuel Rangga Boro/foto HARIANHALUAN.COM
Samuel Rangga Boro/foto HARIANHALUAN.COM

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Samuel Rangga Boro Dukun di  Kampung Galuwiyo, Desa Tanjung Karoso, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), berapa hari ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Dalam video amatirnya yang viral di media sosial, pada Selasa (2/6/2020) tampak Samuel Rangga Boro, ramai didatangi warga untuk dapat ramuan menangkal COVID-19.

Seperti yang ditulis Portal berita Sumba dan harianhaluan.Com,   warga yang datang selain untuk melihat lebih dekat sosok Samuel Rangga Boro juga untuk mendapatkan ramuan yang telah didoakan dan dibuatnya.

Karena banyaknya warga yang mendatangi kediamannya,  membuat aparat pemerintah setempat dan aparat keamanan mendatangi lokasi untuk memberikan pemahaman pada warga agar jalankan protap kesehatan dalam kondisi pandemi.

Seperti yang diberitakan, Samuel Rangga Boro mengaku mendapatkan anugerah petunjuk dari sang maha pencipta untuk membuat ramuan penangkal COVID-19 saat sedang melaut.

“Saya tetap mengembalikan kepada orang untuk percaya atau tidaknya,” kata Samuel dilansir dari MNC Media, Minggu (31/5/2020).

Dalam meracik ramuannya warga yang datang wajib membawa satu botol air dalam kemasan 1.500 mililiter, satu bungkus garam, gula pasir maksimal setengah kilogram dan permen rasa mint (merk winston). Semua bahan itu nanti akan dicampur jadi satu dan lalu didoakan. Selanjutnya diberikan kepada warga. Sejumlah warga yakin bisa sembuh dari aneka penyakit bahkan bisa menangkal virus Corona.

“Dalam membantu warga, Samuel juga berharap warga untuk mendermakan dana ke tempat ibadah dengan sumbangan maksimal Rp10.000. Selain bahan ramuannya mudah diperoleh dan murah juga sumbangan yang diberikan tetap akan diantar ke tempat ibadah,” kata Bernardus Tari Wungo, Kaur Pemerintahan Desa Tanjung Karoso.

Samuel, dalam aneka postingan di dunia maya itu, disebutkan bernama Samuel Rangga Bali, tetap diyakini sebagai guru, orang pintar dan penerima anugerah oleh keluarga dan warga kampungnya.

Pada sebuah bale-bale bambu Rumah panggung beratap ilalang di kampung Galuwiyo, Desa Tanjung Karoso, Kecamatan Kodi itu, memberikan  penjelasan bahwa Samuel didaulat menjadi guru dan sebagian yang duduk di bale-bale itu adalah muridnya.

Abdul Haris Nasution Wungo, seorang tokoh muda Kodi dan juga politisi yang hingga kini dipercaya menjadi anggota DPRD SBD ‘didaulat’ untuk menjadi translator dalam perbincangan antara para awak media dengan Samuel.

Dijelaskan, Samuel memperoleh wahyu, wangsit ataupun ilham juga anugerah dari Yang Maha Kuasa, untuk membantu warga yang alami sakit ataupun alami kecemasan. Semuanya itu diakui Samuel bisa disembuhkan, termasuk sakit karena virus corona atau covid-19.

 “Jadi pada prinsipnya dia menyatakan dapat wahyu atau ilham ketika sedang melaut saat menjelang petang beberapa hari lalu. Dia nyatakan didatangi oleh sosok bersayap yang disebutnya bernama Gabriel. Dia diminta untuk bantu warga yang sakit dan juga ketakutan. Takut akan sakit corona itu. Selain itu dia juga diberi petunjuk agar dalam membantu warga selain dengan doa juga dengan bahan-bahan seperti air mineral, garam satu bungkus, gula pasir maksimal setengah kilogram dan permen rasa mint yakni permen Winston itu. Setelah semua petunjuk diberikan ke Samuel dan dipahaminya, dia juga mengaku diingatkan untuk rajin sudah ke Gereja, karena kemampuan yang dia dapat itu dari Tuhan,” urai Haris mengartikan penjelasan Samuel.(sumber diolah dari  MNC Media, Portal berita Sumba dan Harianhaluan.Com).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Senin, 13 Juli 2020 - 21:25 WIB

Kabar Gembira! Skuter Siap Mengaspal Kembali

Kementerian Perhubungan RI telah menerbitkan Peraturan Menteri yang mengatur skuter, otopet, dan sepeda listrik. Dalam beleid yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 45 Tahun…

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Penguburan jenazah korban Corona

Senin, 13 Juli 2020 - 17:00 WIB

Kondisi Mengkhawatirkan, IHME Prediksi Hingga November akan Terjadi 40.000 Kematian di Indonesia

Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle…