BP-AKR Bagikan Tips Menjaga Performa Kendaraan Selama PSBB

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 22 Mei 2020 - 17:31 WIB

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR)
PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam mengurangi penyebaran COVID-19 pemerintah Indonesia melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka merupakan hal yang wajar penggunaan kendaraan berkurang secara drastis. Namun tetaplah penting untuk menjaga kondisi dan performa kendaraan Anda untuk menghindari kerusakan-kerusakan permanen yang dapat terjadi di saat kendaraan Anda berada rumah. Untungnya, Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana yang dapat menjaga kendaraan Anda agar tetap dalam kondisi maksimal.

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang merupakan perusahaan joint venture antara BP dan AKR, membagikan beberapa tips dan trik kepada para pemilik kendaraan agar tetap bisa menjaga performa kendaraan mereka selama PSBB.

1. Menyalakan Mesin Kendaraan.

Aki kendaraan akan habis dengan seiringnya waktu, karena walaupun kendaraan dalam kondisi mati beberapa fitur elektronik akan tetap hidup untuk memonitor kondisi kendaraan tersebut. Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada aki kendaraan, ada baiknya jika mesin kendaraan dinyalakan setidaknya dua minggu sekali. Menyalakan mesin kendaraan Anda setidaknya dua minggu sekali tidak hanya membantu menjaga kondisi aki kendaraan, tetapi juga akan mencegah mesin dan mekanisme lainnya mengering.

“Jika kendaraan didiamkan terlalu lama, oli kendaraan dapat mengendap, cairan terpisah, dan segel-segel yang berfungsi sebagai pengunci atau penutup katup dapat mulai mengering dan akan menyebabkan kerusakan. Dengan menyalakan mesin, meskipun hanya untuk sejenak dapat membantu menjaga sirkulasi cairan dan memastikan semua bagian yang bergerak seperti transmisi, rem, dll, tetap terlumasi dengan baik,” jelas PT. Aneka Petroindo Raya. Jumat (22/5/2020).

2. Menjaga Kebersihan Kendaraan.

Anda harus memastikan kendaraan dibersihkan sedikitnya tiga kali dalam seminggu. Untuk mobil, Anda dapat menyalakan AC untuk membersihkan partikel debu yang ada di dalam mobil. Sebaiknya, Anda juga membersihkan bagian luar kendaraan dan bagian dalam secara menyeluruh untuk menghindari bau, bakteri, dan karat.

3. Disinfeksi Bagian Kendaraan yang Sering Disentuh.

Untuk membantu mengurangi penyebaran virus COVID-19, setelah membersihkan kendaraan Anda, sangat disarankan untuk menggunakan desinfektan pada area yang sering disentuh saat menggunakan kendaraan. Area yang sering disentuh termasuk pintu, kaca spion, dashboard, kursi, sandaran lengan di mobil, sabuk pengaman dan rem tangan. Isopropyl Alcohol adalah kandung desinfektan yang terbukti efektif dan aman digunakan pada sebagian besar permukaan interior mobil untuk menghilangkan noda serta membunuh bakteri dan virus.

4. Pastikan Kendaraan Memiliki Bahan Bakar yang Memadai.

Anda perlu memastikan bahan bakar kendaraan Anda dalam kondisi penuh, untuk menghindari kondensasi di dalam tangki bahan bakar karena ruang kosong. Kondensasi di dalam tangki dapat menyebabkan karat, karena itu bahan bakar penuh dapat membantu mencegah karat dan penguapan. Terlepas dari jumlah bahan bakar, kondisi oli juga sangatlah penting untuk kendaraan Anda. Jika memungkinkan di saat mengisi bahan bakar, Anda juga mengganti oli kendaraan untuk memastikan kondisi kendaraan Anda akan tetap maksimal.

“Pemilihan bahan bakar juga penting untuk menjaga kondisi kendaraan Anda. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat bisa menyebabkan penumpukan kotoran hingga berkerak dan berujung performa mesin menurun. Kotoran berupa endapan berbahaya pada mesin mobil dapat membuat suara mesin menjadi kasar serta meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pastikan kendaraan Anda menggunakan bahan bakar yang mampu bantu melindungi mesin kendaraan,” ujar PT. Aneka Petroindo Raya.

Bahan bakar bp memiliki teknologi ACTIVE yang dirancang khusus untuk membantu melindungi mesin dari kotoran dan membantu mempertahankan kinerja kendaraan Anda bahkan selama PSBB dan kendaraan Anda jarang dipakai. Bahan bakar bp dengan teknologi ACTIVE bisa digunakan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, lama maupun baru, dan besar maupun kecil.

“Di saat mengisi ulang bahan bakar kendaraan Anda di SPBU bp, Anda juga dapat menikmati one-stop service dimana SPBU bp tidak hanya menawarkan bahan bakar berkualitas dengan teknologi ACTIVE, tapi juga menyediakan kebutuhan harian di Alfamart dan toko kopi seperti Toko Kopi Tuku dan Kopi Kenangan,” ujar PT. Aneka Petroindo Raya.

“Karena mengisi bahan bakar merupakan hal yang penting sebagai salah satu cara untuk menjaga kondisi kendaraan serta membantu kendaraan tetap ready pada masa PSBB, kami memberikan penawaran menarik kepada Anda yaitu program promosi berupa cashback 20% dari CIMB Niaga untuk setiap pembayaran pengisian bahan bakar menggunakan Octo mobile,” tutup PT. Aneka Petroindo Raya.

Promo ini berlaku mulai tanggal 16 Mei 2020 sampai 31 Januari 2021 dan berlaku setiap hari di semua SPBU bp di De Latinos, GS Paramount, Bintaro Emerald, Ciater Raya, Metland Cybercity, Cibubur Transyogi, KHI Boulevard, Cikarang Sriwijaya, Karawang Barat, Jababeka Hollywood, Rest Area KM 72A, Gubeng Raya – Surabaya, Kertajaya Indah – Surabaya, Pemuda – Surabaya, Margorejo Indah – Surabaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…