Kementerian PUPR Salurkan Bansos 200 Kantung Sembako Kepada PWI

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 Mei 2020 - 11:21 WIB

Kementerian PUPR Salurkan Bansos Kepada PWI
Kementerian PUPR Salurkan Bansos Kepada PWI

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebanyak 200 kantung sembako.

Kali ini Bansos diberikan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penyaluran Bansos dari KORPRI PUPR secara simbolis dilakukan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman kepada Sekretaris Jenderal PWI Mirza Zulhadi di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Sudirman mengatakan bansos ini merupakan bentuk solidaritas dari karyawan Kementerian PUPR terhadap masyarakat yang terdampak Pandemi COVID-19.

“Kita punya dana dari karyawan Kementerian PUPR yang di-manage oleh KORPRI. Jadi bantuan 56.125 paket sembako tidak diambil dari APBN tetapi betul-betul kepedulian karyawan Kementerian PUPR dalam menyikapi dampak Pandemi COVID-19,” kata Sudirman.

Penyerahan paket bantuan ini merupakan lanjutan ke 5 dari penyaluran 57.000-an paket sembako yang diawali oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Kamis (30/4/2020) lalu, diikuti secara serentak oleh balai /kantor di lingkungan Kementerian PUPR yang tersebar di 34 Provinsi dengan tetap memperhatikan pada Protokol COVID-19.

Bantuan ini merupakan donasi pribadi karyawan Kementerian PUPR yang dikumpulkan secara sukarela sejak 24 - 29 April 2020.  Setiap kantong bantuan sembako berisikan beras 5 Kg, minyak goreng 2 liter, kecap 1 liter dan mie instan 20 bungkus senilai kurang lebih Rp 150.000 – 200.000 per kantung.

“Pada prinsipnya ini adalah bentuk gotong royong dan kebersamaan dalam menangani Pandemi COVID-19. Mudah-mudahan bantuan ini semakin meningkatkan keakraban bersama antara media dengan Kementerian PUPR dan terus bisa berjalan dengan baik,” tambah Sudirman.

Sekretaris Jenderal PWI Mirza Zulhadi mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan keluarga besar Kementerian PUPR atas perhatian dan kepedulian yang diberikan.

“Bantuan ini pasti sangat berarti untuk membantu teman-teman wartawan senior. Salam kami untuk Pak Menteri dan terima kasih banyak juga untuk karyawan Kementerian PUPR yang memiliki kepedulian terhadap profesi ini. Mudah-mudahan ke depan jalinan tali kasih seperti ini tetap berjalan jadi ada saling pengertian dan kebersamaan membangun,” ucap Mirza.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah menyalurkan bansos kepada 200 pemangkas rambut yang tergabung dalam Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG) dan 85 penjahit yang tergabung dalam Perkumpulan Penjahit Pondok Gede Jatimakmur.

Bantuan sosial ini juga telah disalurkan secara serentak ke 34 provinsi di Indonesia dengan rincian 12.761 paket di Pulau Sumatera, 13.926 paket di Pulau Jawa, 1.175 paket di Pulau Bali, 985 paket di Nusa Tenggara Barat, 992 paket di Nusa Tenggara Timur, 4.510 paket di Pulau Kalimantan, 9.120 paket Pulau Sulawesi serta 7.670 paket di Provinsi Maluku dan Papua.

Penyaluran Bansos merupakan wujud kepedulian, solidaritas dan gotong-royong Keluarga Besar Kementerian PUPR, bersama Dharma Wanita, KORPRI Kementerian PUPR, dan OASE Kabinet Indonesia Maju guna mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), termasuk bagi kelompok masyarakat dan para pekerja yang kehilangan mata pencahariannya karena terdampak Pandemi COVID-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…

Presiden Jokowi

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:29 WIB

Dari 245 PSN, Jokowi: Saya Minta Betul-betul Dihitung, Mana Proyek yang Daya Ungkitnya Lebih Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Adapun mengenai usulan beberapa PSN baru yang sebanyak 245 proyek strategis, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengkaji secara rinci mengenai prioritas dari proyek-proyek usulan tersebut.…

Petenis Federer (Foto Dok VoaNews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:00 WIB

Petenis Federer Federer Atlet Bayaran Termahal di Dunia

Pemain tenis asal Swiss, Roger Federer, menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2020. Hal tersebut terjadi karena pandemi COVID-19 telah menggeser Lionel Messi dari posisi…

ASN Diminta Selalu Gunakan Masker Saat Berkegiatan

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:20 WIB

Halo ASN, Begini Sistem Kerja 'Kalian' Saat New Normal

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan Surat Edaran nomor 58 tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Tatanan Normal Baru…

Sambut HUT Batalyon ke-53 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad Kembali Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke

Minggu, 31 Mei 2020 - 15:10 WIB

Yonif 411 Kostrad Semprot Disinfektan dan Bagikan Masker di Pelabuhan Merauke

Dalam rangka menyambut HUT Batalyon ke-53 pada tanggal 1 Juni 2020, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad kembali menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke dalam memutus…