Kabar Gembira! Bank Permata Dikendalikan Bangkok Bank

Oleh : Wiyanto | Kamis, 21 Mei 2020 - 10:57 WIB

Bank Permata (Foto Industry News)
Bank Permata (Foto Industry News)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank Permata Tbk ("PermataBank") secara resmi telah diberitahukan oleh Standard Chartered Bank Plc (“Standard Chartered Bank”) dan PT Astra International Tbk (“Astra International”) mengenai penutupan transaksi dan pengumuman resmi pemegang saham pengendali baru, Bangkok Bank Public Company Limited (“Bangkok Bank”).

Akuisisi ini telah mendapat persetujuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bangkok Bank melakukan pengambilalihan atas 89.12% saham PermataBank dari jumlah saham telah ditempatkan dan disetor dari Standard Chartered Bank dan Astra International. Transaksi pegambilalihan ini tunduk pada peraturan yang berlaku, terutama Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.41/POJK.03/2019 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, Integrasi dan Konversi Bank Umum dan peraturan lain yang berlaku.

“Kami menyambut baik Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali baru PermataBank. Pada kesempatan ini, atas nama Manajemen dan seluruh jajaran karyawan PermataBank, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Astra International dan Standard Chartered Bank, selama 16 tahun. Keduanya telah berperan besar dalam membawa PermataBank sampai ke posisinya hari ini, sebagai salah satu dari 15 bank terbesar di Indonesia. Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kepemimpinan dan pengarahan Dewan Komisaris dari Astra International dan Standard Chartered Bank selama ini," kata Ridha DM Wirakusumah, Presiden Direktur PermataBank di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Di tengah tantangan pandemi COVID-19, PermataBank menutup Kuartal I tahun ini dengan kinerja yang stabil didukung oleh kerangka manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang kuat. Dalam Kuarta I 2020 yang berakhir sampai dengan 31 Maret 2020, PermataBank masih membukukan pendapatan operasional sebesar Rp2,1 trilyun, atau tumbuh sebesar 15,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pendapatan bunga bersih sebesar Rp1,6 trilyun bertumbuh sebesar 15,5% year-on-year (yoy) sejalan dengan pertumbuhan kredit yang diberikan sebesar 5,7% yoy. Kinerja yang sangat baik ini juga didukung oleh posisi likuiditas dan permodalan yang kuat.

“Kami percaya Bangkok Bank akan memberikan dukungan terbaik bagi PermataBank untuk menjadi pemain yang kuat dalam lanskap perbankan Indonesia. Kami akan terus mengembangkan bisnis sebagai bank pilihan bagi para pemangku kepentingan dan memperkuat kemampuan kami dalam mengembangkan bisnis Retail, Wholesale, dan Syariah Banking, jaringan distribusi yang luas serta kemampuan teknologi digital terbaik di kelasnya. Kami akan fokus kepada penguatan kinerja Bank untuk menuju pertumbuhan berkelanjutan yang lebih baik lagi.” tambah Ridha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masyarakat Aceh patuhi pemakaian Masker (foto dialeksis.com)

Senin, 25 Mei 2020 - 08:14 WIB

Kurva COVID-19 Landai, Jubir Pemerintah: Aceh Adalah Provinsi yang Luar Biasa, Masyarakatnya Patuh

“Kunci penyelesaian masalah (COVID-19) ini ada di masyarakat. Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakatnya…

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…