PKS: Pelonggaran Melawan Corona Harus Pakai Data

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 Mei 2020 - 23:09 WIB

Macet Kendaraan di wilayah pasar minggu saat PSBB (foto CNBC)
Macet Kendaraan di wilayah pasar minggu saat PSBB (foto CNBC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-DKI Jakarta dan daerah lain tengah berjuang melawan covid-19 atau wabah virus Corona. Di tengah itu, pemerintah pusat belakangan membolehkan bepergian dengan perlakuan khusus bahkan pasca lebaran bagi usia 45 tahun ke bawah bisa bekerja kembali new normal.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera merasa apa yang dilakukan dan diperjuangkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) sedikit terganggu dengan kebijakan pusat.

"Pejabat naif, padahal MUI, GKI dan pemuka agama menjalankan perlawan terhadap Corona. Kalau saya dari awal lebih baik lockdown," kata dia di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Ia tidak menampik masyarakat harus te jaga ekonomi, namun ekonomi akan hancur tanpa menekan corona. Jadi menurut dia, aspek kesehatan yang wajib dibenahi sambil ekonomi diperbaiki.

"Saya kawatir Indonesia negara yang paling akhir menyelesaikan wabah ini," katanya.

Setidaknya kalau pemerintah mau serius mengatasi wabah ini agar cepat selesai. Ada tiga hal yang Indonesia cepat melalui wabah ini.

"Pertama menemukan anti virus, kedua jangan menjadikan masyarakat dibebaskan dalam bentuk herd immunity atau konsep dalam epidemiologi yang menggambarkan bagaimana orang secara kolektif dapat mencegah infeksi jika beberapa persen populasi memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit. Saya kawatir ini," katanya.

Ketiga menurut dia, membebaskan wabah ini juga berdasarkan sains. "Pemerintah harus berdasarkan data jika ingin melonggarkan PSBB, kalau enggak akan jauh panggan dari api," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan hadiah untuk penemu uang ratusan juta di KRL

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 WIB

BRI, BNI, Mandiri Hingga Telkomsel Ramai-ramai Beri Hadiah Ratusan Juta untuk Sang Penemu Uang Rp500 Juta di KRL

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN keroyokan memberi hadiah kepada petugas KRL Commuterline, Mujenih dan Egi Sandi yang menemukan uang Rp500 juta dan berhasil dikembalikan utuh ke…

Penguburan jenazah korban Corona

Senin, 13 Juli 2020 - 17:00 WIB

Kondisi Mengkhawatirkan, IHME Prediksi Hingga November akan Terjadi 40.000 Kematian di Indonesia

Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle…