Empat Fitur Samsung Galaxy S20 Series Pastikan Kegiatan WFH Berlangsung Lancar

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 12 Mei 2020 - 13:07 WIB

Model smartphone Samsung Galaxy S20 yang ditawarkan Samsung Electronics Co., Ltd. (Foto: Samsung.com)
Model smartphone Samsung Galaxy S20 yang ditawarkan Samsung Electronics Co., Ltd. (Foto: Samsung.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu kesulitan bekerja dari rumah (Work from Home/WFH) yang banyak dialami para karyawan hingga kini adalah  berkoordinasi dengan rekan kerja mereka di dalam menyelesaikan berbagai tugas penting, maupun hal-hal sederhana seperti menyusun jadwal harian mereka.

 

Istilah WFH muncul ketika wabah pandemic virus Corona (Covid-19) melanda berbagai negara di seluruh dunia. Karena itu, istilah WFH hingga kini sudah tidak asing lagi terdengar. Hingga akhir April 2020, data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta menunjukkan, sebanyak 3.893 perusahaan telah menerapkan  dan ada sekitar 1,053 juta tenaga kerja yang menjalankan WFH.

 

Sebagian besar karyawan yang WFH tersebut memanfaatkan teknologi ponsel (telepon seluler) pintar alias smartphone untuk menopang kinerja mereka di rumah. Kendati demikian, mereka masih juga menghadapi berbagai masalah karena belum terbiasa bekerja dengan sistim WFH tersebut.

 

“Di tengah kegalauan saat ini, Samsung Galaxy S20 Series ingin membantu anda agar tetap aktif, produktif dan terkoneksi untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dari rumah masing-masing,” ujar Denny Galant, Head of Product Management, IT & Mobility Samsung Electronics Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

Untuk mempermudah di dalam rutinitas menunaikan tugas pekerjaan dari rumah, demikian Denny, Samsung Galaxy S20 Series kini menghadirkan empat fitur utama yang dapat membantu meringankan tugas-tugas WFH, yaitu Bixby Reminder,  Link to Windows, Google Duo dan Samsung DeX.

 

 

Bixby Reminder

Kendati bekerja dari rumah, akan tetapi rapat kerja (meeting) dan tenggat waktu tugas (deadline) pasti akan terus berlangsung. Dengan fitur Bixby Reminder, pengguna Samsung Galaxy S20 Series tidak akan ketinggalan untuk mengikuti meeting atau melewatkan masa tenggat waktu tugas yang seharusnya diselesaikan.

 

Bixby Reminder dioperasikan melalui proses sinkronisasi dengan kalender. Untuk itu, para pengguna cukup mengaktifkan “Import Calendar Task”. Untuk menambahkan catatan tambahan sebagai pengingat, pengguna dapat mengaktifkan “Tulis Pengingat” serta mengatur waktu yang diinginkan di fitur Bixby Reminder.

 

Dengan demikian, kalender akan bekerja secara otomatis untuk mengingatkan pengguna pada to-do list yang telah disiapkan. Bahkan, perintah suara pada Bixby Reminder juga dapat memudahkan pengguna ketika memasukkan catatan pengingat baru.

 

 

Link to Windows

Samsung Galaxy S20 Series juga menghadirkan serangkaian aplikasi Microsoft Office sehingga pengguna dapat mengakses langsung aplikasi yang dibutuhkan saat WFH, seperti memindai dan menandatangani PDF atau mengkonversi dari gambar ke dalam tabel Excel.

 

Dengan fitur Link to Windows, pengguna dapat terhubung dengan aplikasi Microsoft Office dengan mudah tanpa perlu pindah perangkat. Karena itu, mengakses pesan, melihat notifikasi atau mengambil gambar di galeri perangkat Samsung Galaxy S20 Series ini dapat dilakukan di layar desktop.

 

Fitur Link to Windows ini juga memampukan Samsung Galaxy S20 Series untuk bisa terhubung dengan Personal Computer (PC) atau laptop. Sebelumnya, perangkat-perangkat tersebut harus dipastikan kompatibel terhadap smarphone tersebut.

 

 

Google Duo

Salah satu kegiatan harian WFH yang tidak kalah penting untuk dilaksanakan di masa-masa pandemic wabah Covid-19 ini adalah teleconference. Untuk itu, Samsung telah melakukan kemitraan dengan Google untuk menghadirkan panggilan video secara Full High Definition (FHD) ke aplikasi teleconference Google Duo.

 

Tidak hanya menawarkan panggilan video berkecepatan tinggi serta berkualitas premium, Google Duo juga memungkinkan dua belas orang dapat melakukan teleconference secara serentak dalam waktu yang bersamaan.

 

Di samping itu, mode wide angle dan konektifitas stabil WiFi 6 pada Samsung Galaxy S20 Series ini dapat mengkoordinasikan pengguna dengan para rekan-rekan kerjanya secara optimal.

 

 

Samsung DeX

Samsung DeX adalah salah satu fitur unik dan terbaru yang terdapat pada Samsung Galaxy S20 Series. Fitur ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para pendisain grafis. Pengguna dapat menggambar dengan menggunakan layar sentuh Samsung Galaxy S20 Series serta melihat hasil gambat tersebut pada layar monitor. Dengan fitur ini, segala hal-hal mendetil pada gambar tersebut dapat terungkap dengan mudah.

 

Di samping itu, pada saat yang bersamaan fitur ini dapat digunakan para orang tua yang harus tetap bekerja sambil menemani anaknya di rumah. Pasalnya, dengan fitur Samsung DeX, pengguna tetap dapat menghadirkan tontonan favorit anak-anak di layar besar sambil melakukan koordinasi dengan rekan kerja melalui layar smartphone. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi situs https://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/ dan www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s20/ . (Abraham Sihombing)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…