Industri Tenun dan Batik Terus Bersinar

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 April 2017 - 12:37 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, kementerian Perindustrian mencatat sektor industri tenun dan batik mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Industri ini mampu mencapai nilai ekspor sebesar USD 151,7 juta pada tahun 2016.

Sebagai kontirbutor bagi industri kreatif nasional, Kemenperin terus mendorong para pengrajin kain tradisional untuk terus meningkatkan produktivitas dan inovasi agar lebih berdaya saing di pasar domestik maupun Internasional.

“Kami telah menetapkan 10 industri padat karya yang berorientasi ekspor untuk diprioritaskan pengembangannya di tahun ini, salah satunya adalah industri kreatif,” ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta (6/4/2017).

Airlangga menambahkan, saat ini industri kreatif merupakan sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja nasional, dengan kontribusinya mencapai 11,8 juta orang.

Menurut catatan Kemenperin, industri kreatif menyumbang sebesar Rp642 triliun terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2015. Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner, fesyen dan kerajinan.

Menperin optimis terhadap potensi industri tenun dan batik nusantara karena didukung dengan ragam budaya Indonesia yang terus melahirkan berbagai wastra dari masing-masing daerah yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

“Wastra nusantara merupakan kain tradisional yang kental dengan nilai-nilai budaya. Motif yang dibuat memiliki makna dan cerita yang diangkat dari sejarah adat-istiadat masyarakat setempat,” tutup Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Rabu, 18 September 2019 - 22:00 WIB

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Sepertinya film genre horor yang tengah digemari penikmat film menginpirasi Bagiono pemilik rumah produksi Bag Pictures.

Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur Jababeka Residence

Rabu, 18 September 2019 - 21:25 WIB

Sutedja Sidarta Darmono: Kedepan, Kawasan Timur Jakarta Akan Sangat Hebat

Melihat indikator dan potensi yang ada, dalam sepuluh tahun ke depan, kawasan Timur Jakarta diyakini bakal bersaing, bahkan melebihi wilayah Barat Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 18 September 2019 - 21:01 WIB

Kementerian PUPR Mendapat Alokasi Anggaran Rp 120,21 Triliun Pada Tahun 2020

Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp 120,21 triliun.

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Rabu, 18 September 2019 - 20:41 WIB

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Melalui produk terbaru tersebut, pelanggan dapat mengikuti investasi mulai dari 1 gram emas dengan masa cicilan paling sedikit 3 bulan, sesuai harga yang ditetapkan saat awal pembelian.

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 20:05 WIB

Kemenperin Bentuk Ekosistem Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah merumuskan pembentukan ekosistem industri 4.0. Ada lima poin mengenai manfaat dari ekosistem tersebut.