Hingga Akhir Tahun, PBSI Siap Ikuti Sejumlah Turnamen Internasional

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Mei 2020 - 16:00 WIB

Susi Susanty
Susi Susanty

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PB PBSI) perlu memutar otak mengatur strategi mempersiapkan para atlet dalam menghadapi kemungkinan padatnya jadwal turnamen pada akhir tahun, menyusul banyaknya kompetisi yang tertangguhkan karena pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Susi Susanti mengatakan pihaknya akan mempersiapkan para atlet dengan matang, terutama dalam menghadapi Thomas & Uber Cup yang jadwalnya sudah pasti digelar Oktober nanti.

"Sampai sekarang masih belum ada kepastian dari BWF, kecuali untuk jadwal Thomas & Uber. Tapi kami siap-siap saja," kata Susi saat dihubungi Antara Sabtu (9/5/2020) .

"Karena gambaran dari jadwal Piala Thomas & Uber, mungkin start-nya dari Oktober nanti. Minimal persiapan kita sekarang menuju ke Oktober ini," ujarnya menambahkan.

Susi merinci setidaknya ada tujuh turnamen utama yang menunggu di akhir tahun ini, antara lain Thomas & Uber Cup, World Junior Championship (WJC), Indonesia Open, Japan Open, China Open, Denmark Open, French Open, dan BWF World Tour Finals.

Dengan adanya pandemi virus corona membuat program latihan serta jadwal pertandingan berubah total. Para atlet saat ini hanya dibekali program latihan untuk menjaga kebugaran saja.

Meski begitu, penundaan pertandingan itu, menurut Susi ada plus-minusnya. Para atlet memang bisa lebih rileks tanpa merasa dikejar target, tapi di sisi lain juga membuat mereka stres dan secara mental menurun.

"Plusnya atlet jadi tidak merasa dikejar target. Saat ini mereka lebih rileks. Belajar introspeksi istilahnya, mempelajari lawan," katanya.

Oleh karena itu, PBSI, lanjut Susi, harus mempersiapkan program tambahan guna meningkatkan mental mereka yang menurun maupun mengalami kejenuhan seiring dengan vakumnya kompetisi.

"Namun minusnya jadi pembelajaran buat mereka kalau tidak ada pertandingan ya enggak enak juga, bosen juga. Harus menyemangati lagi, mempersiapkan diri lagi,"

"Bila sebelumnya target tahun ini itu Olimpiade, maka mereka harus menunggu lagi satu tahun. Bagaimana kita belajar untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. membuat strategi dan program dari awal lagi untuk tahun depan," ujarnya menambahkan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…