Mentan Tinjau ATM Pertanian Si Komandan di Depok dan Cibinong

Oleh : Wiyanto | Minggu, 26 April 2020 - 19:52 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menuangkan beras dari mesin ATM Pangan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menuangkan beras dari mesin ATM Pangan

INDUSTRY.co.id - Depok-Setelah beberapa hari lalu dilakukan soft launching ATM Pertanian Si Komandan, kali ini Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi dua lokasi markas TNI yakni Kodim 0508 Depok dan Kodim 0621 Cibinong untuk mengecek langsung kegiatan pembagian bantuan beras kepada masyarakat. Bantuan beras yang diinisiasi oleh Kementan ini sebagai wujud tanggungjawab pemerintah atas dampak pandemi covid 19.

"Disinilah peran pemerintah diuji. Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa negara harus hadir bagi rakyatnya," ujar Mentan Syahrul saat berada di Kodim 0508 Depok, Minggu (26/4/2020).

SYL, sapaan akrab Mentan Syahrul, memastikan program yang dibackup Kementan bisa berjalan. Menurutnya, semua ini didasari dari keterpanggilan untuk hadirnya negara, kebersamaan dan kebangsaan saat rakyat membutuhkan.

"Covid yang berdampak tidak hanya pada kesehatan tapi juga ekonomi. Seperti ketersediaan pangan yang tidak mampu," ujarnya di Depok, Minggu (26/4/2020).

Oleh karena itu, SYL mendukung sepenuhnya Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD) yang mengawal sepenuhnya kegiatan ini.

"Mungkin ada di sekitar yang belum tersentuh bantuan dari pihak lain, inilah yang akan dibantu dengan ATM pertanian ini dan jika masih dibutuhkan bisa dikembangkan di wilayah lain," ucapnya.

Kasdam Brigjen TNI M. Saleh yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa TNI ikut serta bersama Kementan melakukan kegiatan sosial ini. Kodim Depok adalah salah satu dari 10 Kodim yang ditunjuk untuk mengelola pembagian beras ini. Kementan bekerjasama dengan TNI berkomitmen mengelola bantuan ini supaya bisa membantu masyarakat prasejahtera dan yang terdampak Covid-19.

"Inilah bentuk sinergitas pemerintah dan tanggung jawab bersama," tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan setiap harinya disediakan 1,5 ton beras untuk 1.000 orang selama 2 bulan di Kodim ini.

"Jadi di mesin ATM ini penerima yang sudah didata Babinsa, tinggal menempel kartunya di mesin dan akan keluar beras 1,5 kg per KK," ungkap Suwandi.

Suningsih, warga bedahan Sawangan merasa terbantu atas program ini. "Suami saya terus terang usaha kusennya mandeg hampir 2 bulan ini dan alhamdulillah sekali bisa dapat bantuan dari pemerintah," tutur wanita yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga ini.

Kunjungan Mentan selanjutnya di Kodim Cibinong, hadir Pangdam Siliwangi dan menyaksikan penyaluran bantuan beras dari antrian warga yang akan memperoleh bantuan.

Dwi, salah satu penerima bantuan yang bekerja sebagai driver online ikut dalam baris antrian tersebut. Ia mengaku terpilih menjadi penerima yang berhak mendapat bantuan.

"Terima kasih untuk pemerintah yang sudah meringankan beban ekonomi kami, semoga bencana ini segera berlalu dan kami bisa beraktivitas kembali," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani dalam Forum G20 (ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:05 WIB

Di Paris Forum dan G20 Arab Saudi, Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Cara Stabilkan Ekonomi dari Hantaman COVID-19

Sri Mulyani menceritakan langkah luar biasa yang telah diambil Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dalam menghadapi krisis ini dengan memperbolehkan pemerintah untuk memiliki defisit…

Enny Sri Hartati, Pengamat Ekonomi di diskusi Forum Monitor (Doc: Monitor)

Jumat, 10 Juli 2020 - 23:33 WIB

UMKM Enggak Pernah Naik Kelas, Terlalu!

Pandemi virus covid-19 yang berlangsung hampir tiga bulan nyaris membuat perekonomian nasional lumpuh. Bahkan, pelaku sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didominasi masyarakat…

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.