Pemerintah Korsel Salurkan Bantuan Kemanusiaan sebesar 500.000 USD untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

Oleh : Candra Mata | Rabu, 08 April 2020 - 15:51 WIB

Bantuan Pemerintah Korea Selatan
Bantuan Pemerintah Korea Selatan

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Korea Selatan telah memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan senilai 500.000 USD dengan tujuan mendukung Indonesia yang sedang menghadapi kesulitan dalam penanganan penyebaran Covid-19. 

Bantuan kemanusiaan senilai 500.000 USD dalam bentuk in-kind tersebut meliputi alat tes (PCR test kit), dan 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

"Dari bantuan tersebut, 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) telah terlebih dahulu tiba di bandara Soekarno-Hatta pada pukul 3:25 WIB hari Rabu, 8 April 2020," ungkap Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang Beom melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Rabu (8/4).

Menurutnya, Alat tes (PCR test kit) dan peralatan tambahan lainnya akan dikirim ke Indonesia dalam waktu dekat. 

Dikatakannya, di tengah merebaknya wabah Covid-19 di seluruh dunia, keputusan pemerintah Korea Selatan tersebut diharapkan akan semakin mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan antara Korsel dan Indonesia. 

"Indonesia merupakan mitra utama dalam New Southern Policy Korea Selatan menjadi satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki Special Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Khusus) dengan Korea Selatan," sebut Kim. 

Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan hubungannya menjadi Special Strategic Partnership pada KTT yang digelar di Istana Bogor pada November 2017 lalu. 

Menurutnya, saat ini banyak negara dari seluruh penjuru dunia terus mengajukan permintaan kepada Korea Selatan untuk dapat berbagi pengalaman mengenai penanganan penyebaran Covid-19 dan penyaluran bantuan pengendalian penyebaran wabah tersebut beserta peralatan kesehatan. 

"Keputusan Korea Selatan untuk memberikan bantuan kepada Indonesia menjadi bukti eratnya hubungan kedua negara," tegas Kim. 

Selain bantuan dari Pemerintah Korsel, perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia turut serta dalam menyalurkan bantuan dengan memberikan sumbangan bagi Indonesia dalam penanganan Covid-19. 

Diantaranya adalah LG Group, yang telah menyumbang alat tes (untuk pemeriksaan sebanyak 500.000 kasus). 

Bantuan LG Group tersebut telah tiba di Jakarta. Korea Midland Power (KOMIPO) juga berencana mengirimkan APD(Alat Pelindung Diri) senilai 100.000 USD ke Indonesia. 

"Sejumlah perusahaan asal Korsel lain juga sedang merencanakan pemberian bantuan ke Indonesia," pungkas Kim. 

Kedutaan Besar Korea Selatan akan terus bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bongkar muat pelabuhan

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:39 WIB

Pelindo IV Makassar Tegaskan Pas Masuk Paotere Sesuai PD dan Kesepakatan Bersama

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar menegaskan bahwa tarif yang tertera dalam pas masuk Pelabuhan Paotere yaitu sebesar Rp15.000 untuk kendaraan dan sopir, Rp3.000 untuk per…

Foto: AFP Photo/detik.com

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:35 WIB

Dasyat! Uni Eropa Siapkan Stimulus Rp 11.000 T untuk Pulihkan Ekonomi dari Corona

Jakarta- Badan eksekutif Uni Eropa pada hari Rabu berencana menggelontorkan 750 miliar euro (US$ 825 miliar) di pasar keuangan melalui anggaran 2021-2027. Dana tersebut setara Rp 11.550 triliun…

Pegawai Kementerian PUPR melewati gedung tempat mereka bekerja.

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:31 WIB

Kementerian PUPR Terus Sempurnakan Penerapan Pelatihan Jarak Jauh

Sebagai upaya menyiapkan SDM untuk dapat beradaptasi dengan e-learning, Menteri Basuki mengatakan agar BPSDM menyiapkan modul-modul metode pembelajaran jarak jauh.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB

Era New Normal Pemerintah Perlu Pertimbangan Pelonggaran Rumah-Rumah Ibadah

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau para kepala daerah dari empat provinsi dan 25 kabupaten/kota yang akan menerapkan new normal agar segera dan secara intensif menyosialisasikan…

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 10:30 WIB

Kabar Gembira, Peneliti di Singapura Ungkap Virus Corona Tidak Lagi Bisa Menginfeksi Orang Lain Setelah Hari ke-11

Menurut para peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut mengungkap virus Corona mulai menular sekitar 2 hari sebelum gejala klinis muncul dan bertahan selama setidaknya 11 hari setelahnya.…