Allianz Indonesia Jaga Kelestarian Lingkungan melalui Program CSR Bank Sampah Gusling

Oleh : Candra Mata | Kamis, 26 Maret 2020 - 08:55 WIB

Ilustrasi Bank Sampah (Batamtoday.com)
Ilustrasi Bank Sampah (Batamtoday.com)

INDUSTRY co.id - Jakarta, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bersama dengan masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan, membangun sistem pengelolaan sampah terpilah melalui program bank sampah sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan program CSR dari pilar Bencana dan Lingkungan.

Allianz Indonesia memfasilitasi diadakannya pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. 

Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli mengatakan sejak tahun 2018, Allianz Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung program Bank Sampah Gusling dengan melakukan inisiatif kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan karyawan, agen, dan petugas kebersihan yang bekerja di gedung kantor pusat Allianz Indonesia. 

Kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang diprakarsai oleh tim CSR Allianz Indonesia ini bekerja sama dengan pengurus Bank Sampah Gusling, melibatkan karyawan sebagai volunteer yang membantu proses penimbangan dan pemilahan jenis sampah anorganik yang ditabung oleh nasabah. 

"Puluhan karyawan telah berpartisipasi sebagai volunteer untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan baik," ucap Made di Jakarta baru baru ini.   
 
Sebagai bentuk kepedulian Allianz Indonesia terhadap kelestarian lingkungan, pihaknya secara rutin menggelar penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan seluruh pihak, baik internal perusahaan maupun masyarakat sekitar. 

Bukan hanya penimbangan sampah, kami juga terus memberikan edukasi memilah dan mengelola sampah dari rumah. 

"Tujuan kami adalah mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengelola sampah, mulai dari sampah yang dihasilkan sendiri/rumah tangga, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ungkap Made

Sepanjang tahun 2019, jumlah timbangan  sampah (serapan sampah) yang telah disetorkan oleh nasabah dari kegiatan Penimbangan Sampah di Allianz Tower adalah sebanyak 3.913 kg, atau sebesar 49% dari total serapan sampah yang diperoleh Bank Sampah Gusling secara keseluruhan sebanyak 7.925,20 kg. 

Sejak penimbangan pertama kali di Allianz Tower pada Februari 2018 sampai dengan Desember 2019, penimbangan sampah di Allianz Tower berhasil mengumpulkan tabungan nasabah sebesar Rp 7.769.462 atau 32.5% dari total tabungan nasabah Bank Sampah Gusling sebesar Rp23.847.156,80.

“Hasil timbangan sampah yang terkumpul merupakan hasil kontribusi karyawan Allianz Indonesia, agen, petugas kebersihan di Allianz Tower serta masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur. Ke depannya, kami akan terus berpartisipasi secara aktif dalam mendukung kegiatan Bank Sampah Gusling serta kegiatan pelestarian lingkungan lainnya,” tutup Made.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Kamis, 09 April 2020 - 10:00 WIB

Aturan PSBB Tak Ganggu Distribusi Pupuk ke Petani

PT Pupuk Indonesia (Persero) menjamin penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Daerah tidak akan mengganggu penyaluran pupuk baik pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kamis, 09 April 2020 - 09:45 WIB

Sah, Pemerintah Bebaskan Bayar Bunga KUR untuk UMKM Selama 6 Bulan

Pemerintah memutuskan membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkena dampak Virus Korona (Covid-19),…

Produsen Batubara

Kamis, 09 April 2020 - 09:20 WIB

Industri Batubara Terpapar Covid-19

Berkurangnya konsumsi listrik di negara-negara terdampak Covid-19, mengakibatkan permintaan batubara di negara-negara tersebut turun sehingga berdampak pada terjadinya sedikit over supply batubara…

Gubernur Bank Indonesia (foto Bisnis.com)

Kamis, 09 April 2020 - 09:10 WIB

Cerita Dibalik Tangisan Gubernur BI dan Anggota DPR Melihat Ekonomi Indonesia Tertekan di Gulung Corona

Perry mengungkapkan saat ini terjadi pandemi covid-19 atau virus corona yang mengakibatkan ekonomi sangat tertekan, bahkan ia pun menangis.

Kampanye donasikan ongkosmu yang diinisasi oleh perusahaan iklan global, Dentsu Aegis network

Kamis, 09 April 2020 - 09:01 WIB

Dentsu Kontribusi kepada Pengemudi Online dengan Kampanye #DonasikanOngkosmu

Perusahaan Dentsu Aegis Network (DAN) Indonesia meluncurkan kampanye di media sosial #DonasikanOngkosmu sebagai kontribusi sosial terhadap dampak virus corona (Covid-19) kepada pekerja lapangan,…