Tingkat Hunian Hotel di Bali Naik 5% Saat Hari Raya Nyepi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 30 Maret 2017 - 11:03 WIB

Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)
Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengatakan tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata selama masa libur Nyepi melonjak rata-rata 5 persen di tengah musim sepi liburan.

Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Denpasar, Kamis (30/3/2017)  menjelaskan rata-rata hunian hotel saat liburan tahun baru saka itu menjadi sekitar 50 persen atau naik 5 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Selain dihuni wisatawan domestik dan mancanegara, wisatawan lokal atau penduduk Bali juga turut mengisi hunian hotel selama liburan Nyepi dengan turut mendongkrak sekitar 2 persen.

Senada dengan PHRI, Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra mengatakan bahwa tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata saat liburan Hari Raya Nyepi rata-rata mengalami peningkatan hingga 5 persen dibandingkan tahun periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tingkat okupansi hotel pada liburan tersebut rata-rata mencapai 45 hingga 50 dengan dominan bintang tiga dan empat yang mencapai sekitar 70 s.d. 80 persennya.

"Dengan peningkatan okupansi hotel ini, dapat dikatakan, wisatawan yang ingin menikmati suasana Nyepi di Bali makin tinggi," katanya awak media di Bali.

Untuk itu, lanjut Ricky, perlu adanya pengemasan yang lebih inovatif lagi sehingga wisatawan yang menginap di Bali saat Hari Raya Nyepi lebih meningkat.

Ricky menegaskan bahwa paket inovatif tersebut bukan berarti hura-hura, melainkan ikut serta menikmati dan menghayati perayaan Nyepi.

Sebagian besar, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung menikmati suasana Nyepi di Bali dari Australia, Cina, Amerika Serikat, dan beberapa negara di kawasan Eropa.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.