Tingkat Hunian Hotel di Bali Naik 5% Saat Hari Raya Nyepi

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 30 Maret 2017 - 11:03 WIB

Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)
Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengatakan tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata selama masa libur Nyepi melonjak rata-rata 5 persen di tengah musim sepi liburan.

Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Denpasar, Kamis (30/3/2017)  menjelaskan rata-rata hunian hotel saat liburan tahun baru saka itu menjadi sekitar 50 persen atau naik 5 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Selain dihuni wisatawan domestik dan mancanegara, wisatawan lokal atau penduduk Bali juga turut mengisi hunian hotel selama liburan Nyepi dengan turut mendongkrak sekitar 2 persen.

Senada dengan PHRI, Ketua Bali Hotel Association (BHA) Ricky Putra mengatakan bahwa tingkat okupansi hotel di Pulau Dewata saat liburan Hari Raya Nyepi rata-rata mengalami peningkatan hingga 5 persen dibandingkan tahun periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tingkat okupansi hotel pada liburan tersebut rata-rata mencapai 45 hingga 50 dengan dominan bintang tiga dan empat yang mencapai sekitar 70 s.d. 80 persennya.

"Dengan peningkatan okupansi hotel ini, dapat dikatakan, wisatawan yang ingin menikmati suasana Nyepi di Bali makin tinggi," katanya awak media di Bali.

Untuk itu, lanjut Ricky, perlu adanya pengemasan yang lebih inovatif lagi sehingga wisatawan yang menginap di Bali saat Hari Raya Nyepi lebih meningkat.

Ricky menegaskan bahwa paket inovatif tersebut bukan berarti hura-hura, melainkan ikut serta menikmati dan menghayati perayaan Nyepi.

Sebagian besar, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung menikmati suasana Nyepi di Bali dari Australia, Cina, Amerika Serikat, dan beberapa negara di kawasan Eropa.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme Buds Wireless x Alan Walker

Selasa, 10 Desember 2019 - 18:40 WIB

Sukses di India, reame Buds Wireless Segera Jadi Raja Perangkat Audio di Indonesia

Dengan disetel oleh DJ kelas dunia, realme Buds Wireless yang saat ini dijual dengan harga Rp 399 ribu ini bisa memberikan pengalaman dari segi audio yang sangat baik, dengan meningkatkan bass…

Krist Yen Deputy Director of Industry Marketing Department of Taiwan External Trade Development Council (TAITRA).

Selasa, 10 Desember 2019 - 16:57 WIB

Impor Mesin dari Taiwan Meningkat

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), mengklaim total impor Indonesia untuk peralatan mesin dan aksesoris buatan Taiwan pada tahun 2018 tercatat mencapai US$85 juta, atau meningkat…

Jakarta- Setelah sukses menyelenggarakan workshop dan uji kompetensi untuk profesi Humas bulan September lalu, kini Pusdiklat Mahkamah Agung RI kembali gelar kegiatan yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi profesi Humas di lingkungan kerja Mahkamah Agung.

Selasa, 10 Desember 2019 - 16:25 WIB

Humas Mahkamah Agung RI Tingkatkan Kompetensi Profesi

Setelah sukses menyelenggarakan workshop dan uji kompetensi untuk profesi Humas bulan September lalu, kini Pusdiklat Mahkamah Agung RI kembali gelar kegiatan yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan…

Financial Award 2019 Millennial’s Choice

Selasa, 10 Desember 2019 - 16:05 WIB

Cigna Brand Terpercaya Generasi Milenial

Cigna Indonesia meraih Penghargaan Gold untuk kategori Brand Image dan Brand Awareness dalam ajang Financial Award 2019 – Millennial’s Choice. Berdasarkan survei yang dilaksanakan pada Oktober…

Tingkatkan Akses Kesehatan, Grab-Good Doctor Luncurkan GrabHealth

Selasa, 10 Desember 2019 - 16:00 WIB

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Grab-Good Doctor Luncurkan GrabHealth

Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi bermitra dengan Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan solusi layanan…