Kemenperin Gandeng UNIDO Kembangkan Industri Hijau di Tanah Air

Oleh : Ridwan | Rabu, 29 Maret 2017 - 14:27 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Ridwan / INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Ridwan / INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bersama Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-bangsa (UNIDO) tengah membahas mengenai peningkatan daya saing industri di Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan industri hijau yang sejalan dengan visi UNIDO, dalam upaya pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pembahasan tersebut sekaligus menindaklanjuti kesepakatan proyek kerjasama yang tertuang dalam UNIDO – Indonesia Country Programme (ICP) 2016-2020.

“Untuk penerapan prinsip industri hijau, upaya yang akan kami lakukan seperti, mempromosikan efisiensi energi pada industri kecil dan menengah (IKM), mempromosikan penerapan sistem standar optimasi dan manajemen energi, serta pemanfaatan energi terbarukan lain seperti ombak laut” ungkap Airlangga Hartarto setelah melakukan meeting dengan Dirjen UNIDO, Li Young di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (28/3/2017).

Untuk memacu kapasitas industri nasional, Indonesia diharapkan mampu beralih dari jualan komoditi mentah menjadi ekspor produk manufaktur yang bernilai tambah tinggi, sehingga meningkatkan partisipasinya dalam rantai nilai global.

Dikesempatan yang sama, Dirjen UNIDO, Li Young mengatakan, Program UNIDO utnuk Indonesia tahun 2016-2020 merupakan generasi keempat.

“Kami akan memperkuat kerjasama yang komprehensif dengan Indonesia dalam tiga prioritas tematik yaitu, membantu Indonesia dalam memperbanyak kegiatan riset dan pengembangan yang berorientasi pada sektor industri dan kepentingan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknologi industri dengan melibatkan politeknik dan jaringan karja lain di Indonesia, serta menciptakan iklim inovatif dalam menyediakan skema insentif untuk mengangkat dan memperkuat struktur industri di Indonesia”terang Li.

Menurut Li, program tersebut akan mendorong pengurangan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, pembukaan lapangan kerja, menciptakan lingkungan hidup yang bersih, dan peningkatan ketahanan energi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.