Genjot Investasi Industri, Ditjen Minerba Dukung Junior Mining Company

Oleh : Candra Mata | Jumat, 13 Maret 2020 - 05:25 WIB

Tambang Batubara (ist)
Tambang Batubara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jumlah investasi eksplorasi sektor industri mineral dan batubara (minerba) sejak tahun 2015 hingga 2020 tercatat mengalami peningkatan dari USD 174,24 juta menjadi USD 271,09 juta pada rencana investasi 2020. 

Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono menginginkan peningkatan investasi eksplorasi yang lebih besar dari sektor ini.

Bambang berharap kebijakan ke depan dapat menaikkan investasi eksplorasi di Minerba, misalnya dengan mendukung junior mining company untuk melakukan eksplorasi di Indonesia seperti pada periode 1997-1998.

"Kami berharap dengan kebijakan ke depan itu ada kenaikan (investasi eksplorasi), misalnya junior company datang lagi seperti tahun 1997-1998. Oleh karena itu kita kebijakannya adalah bagaimana menggenjot eksplorasi agar meningkat lagi, tentunya melalui kebijakan-kebijakan, percepatan pelayanan, tata kelola yang harus kita perbaiki," tuturnya di Jakarta, Kamis (12/3).

Bambang memaparkan, solusi peningkatan investasi eksplorasi tersebut yakni dengan mendukung eksplorasi oleh junior mining company, penugasan kepada BUMN atau swasta untuk melakukan eksplorasi pada wilayah baru, dan review atas penilaian Kompensasi Data Informasi (KDI) untuk wilayah tertentu.

Ditjen Minerba juga akan melakukan sinkronisasi dengan sektor lain, termasuk melakukan perjanjian kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Termasuk mengatur kewajiban melakukan eksplorasi lanjutan setiap tahun. Jadi kita juga minta untuk perusahaan menyiapkan biaya eksplorasi agar mereka melakukan eksplorasi," pungkas Bambang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…

Menteri Perindustrian Dukung Penuh Proyek Revamping TPPI

Kamis, 24 September 2020 - 17:17 WIB

Usai Diakuisisi Pertamina, TPPI Tancap Gas Garap Proyek Revamping Platforming dan Aromatik Senilai USD 180 Juta

Proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Platforming Unit dari 50.000 barrel per hari menjadi 55.000 barrel per hari dan kapasitas produksi Paraxylene¬† 600.000 ton per tahun menjadi…

COTTON Day 2020

Kamis, 24 September 2020 - 17:15 WIB

Lewat COTTON Day 2020, Ratusan Pelaku Industri Tekstil Bertemu Dorong Transformasi Pasca Pandemi Covid-19

Cotton Council International dengan merek dagang COTTON DAY kembali mengadakan agenda tahunan yang mempertemukan para pelaku industri tekstil dan fashion di Indonesia.

Tambang Batubara (ist)

Kamis, 24 September 2020 - 17:03 WIB

Menteri Arifin: Hilirisasi Sektor Minerba Jadi Kunci Pengoptimalan Produk Pertambangan

Menurut Menteri Arifin, Kebijakan hilirisasi ini harus direspon dengan industri-industri hilirnya. Pasalnya, industri pendukung inilah yang akan menampung hasil dari produk yang sudah di hilirisasi.