Bioskop Gerimis Bareng (Misbar) Ruang Kreatif Cinema Lovers Community Purbalingga

Oleh : Candra Mata | Minggu, 08 Maret 2020 - 22:30 WIB

Bioskop Misbar di purbalingga jawa tengah
Bioskop Misbar di purbalingga jawa tengah

INDUSTRY co.idJakarta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan Bioskop Misbar sebagai ruang kreatif bagi komunitas film dan ekonomi kreatif sebagai pemicu untuk menghasilakan karya seni yang dapat diapresiasi oleh masyarakat di Purbalingga, Jawa Tengah.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari saat meresmikan bioskop misbar di Taman Utsman Janatin City Park, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (6/3/2020) mengatakan, tidak mudah menerima bantuan pembangunan Misbar dari Kemenparekraf, karena harus dilakukan melalui riset yang selektif.

"Salah satu yang menjadi bobot utama adalah adanya komunitas perfilman atau seni pertunjukan di daerah itu sendiri. Kebetulan di Purbalingga terdapat Cinema Lovers Community (CLC) ini. Sehingga karya-karya yang dihasilkan nanti dapat diapresiasi oleh masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para pelaku kreatif,” katanya.

Hari berharap kehadiran "Bioskop Misbar" sebagai ruang kreatif di tengah-tengah masyarakat menjadi ruang bagi para insan kreatif di Purbalingga untuk berkreasi dan berbagi ilmu. 

Sebab tantangan dalam pengembangan ekonomi kreatif saat ini tidak lagi terbatas dalam menghasilkan produk, tapi menjaga ekosistemnya termasuk dalam promosi dan distribusi.

“Dari ruang kreatif ini diharapkan hadir berbagai karya-karya produk ekonomi kreatif, seperti saya punya kopi baru, saya punya tarian baru, saya musik baru, saya punya lukisan baru, saya punya film baru dari Purbalingga. Tidak ada kata-kata negatif yang ada hanya positif,” ujarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih atas bantuan pembangunan Misbar yang diberikan oleh Kemenparekraf yang saat itu masih dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Atas nama pemerintah, masyarakat, dan komunitas kreatif di Purbalingga mengucapkan terima kasih. Ini akan menjadi wadah komunitas kreatif yang ada di Purbalingga untuk terus berkarya, berinovasi, dan menampilkan hasil karya dalam menghibur masyarakat Purbalingga,” katanya.

Bupati yang juga mewakili komunitas kreatif Purbalingga memohon dukungan arahan, dan bimbingan. Karena mereka merasa tidak bisa bergerak sendiri dan butuh bantuan pemerintah pusat agar komunitas kreatif bisa berkembang.

Bioskop Misbar yang merupakan akronim dari “gerimis bareng” merupakan revitalisasi ruang kreatif dari Kemenparekraf kepada komunitas film dan ekonomi kreatif lewat Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Saat peluncuran terdapat berbagai kegiatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pgn (Istimewa)

Rabu, 01 April 2020 - 11:30 WIB

Selama Masa Pandemi Covid-19, PGN Jamin Pasokan Gas untuk Sektor Kelistrikan Aman

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memastikan bahwa pasokan gas bumi ke sektor kelistrikan akan tetap aman selama masa pandemi virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayah di Indonesia.

Vensia Tjhin sebagai Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com

Rabu, 01 April 2020 - 11:19 WIB

Bisa Nego dari Rumah Belanja di Bhinneka Store

Mendukung langkah pemerintah dalam memperlambat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dengan gerakan dirumahsaja, Bhinneka.Com meluncurkan inisiatif BisaNego yang berjalan di jaringan Bhinneka…

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)

Rabu, 01 April 2020 - 11:15 WIB

Ahli Kesehatan Dunia Berkumpul Lakukan Uji Klinis 4 Obat Covid-19: Redemsivir, Lopinavir/Ritonavir, Interferon dan Chloroquine

Sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki upaya pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian pada pasien Covid-19 di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah bergabung dalam Solidarity…

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Rabu, 01 April 2020 - 11:00 WIB

Garda Terdepan Shopee Pastikan Keamanan Kebutuhan Pengguna

Menyikapi situasi terkini terkait COVID-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat Indonesia untuk menjalankanseluruh aktivitas dari rumah guna menghindari penyebaran…

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Rabu, 01 April 2020 - 10:37 WIB

dr. Achamad Yurianto Ingatkan Kunci Keberhasilan Penanggulangan Covid-19 dengan Tunda Mudik, Jaga Jarak dan Cuci Tangan

Ia juga dengan sangat meminta kepada masyarakat untuk menunda mudik sementara waktu hingga Covid-19 selesai. Karena menurutnya, virus tersebut menular seiring dengan mobilitas seseorang. "Maka…