PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Perketat Pelabuhan Domestik dan Internasional Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Oleh : Candra Mata | Kamis, 05 Maret 2020 - 23:35 WIB

Pelindo 1 antisipasi virus corona
Pelindo 1 antisipasi virus corona

INDUSTRY co.idJakarta, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau  Pelindo 1 terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia baik domestik maupun internasional. 

Hal tersebut dilakukan sejalan dengan arahan Pemerintah dalam Surat Edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease. 

Tak hanya itu, Pelindo 1 juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus untuk seluruh penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholders terkait di lingkungan Pelindo 1.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, M. Eriansyah menerangkan bahwa berbagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona telah dilakukan Pelindo 1 sejak awal tahun 2020. 

Pelindo 1, dikatakannya turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan Pelindo 1 baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum. 

"Pelindo 1 terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah Corona,” terang M. Eriansyah dalam keterangan tertulis kepada Industry.co.id di Jakarta, Kamis (5/3).

Upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina. 

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1 yang meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal cargo (impor) yang terdampak Virus Corona.

Untuk area terminal penumpang, telah dipasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di seluruh terminal penumpang yang meliputi: Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai. 

"Para penumpang yang turun dari kapal langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh," jelas Eriansyah. 

Selain itu, Pelindo 1 juga memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya Corona Virus serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang. 

Pelindo 1 juga mewajbkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya.

"Kami juga menghimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker serta mengambil cuti bagi yang sakit, dan menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19," pungkas Eriansyah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.