Dibidik Tumbuh 4,7 Persen, Kemenperin Optimis Ekspor Sektor ILMATE Capai USD 38,7 Miliar

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 Maret 2020 - 11:30 WIB

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto (Foto: Kemenperin)
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tetap fokus memacu kinerja Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) agar semakin berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Adapun target pertumbuhan yang dipasang untuk sektor ILMATE pada tahun 2020 sebesar 4,7% dengan nilai ekspor diproyeksi menembus USD38,7 miliar.

"Membangun optimisme dan peluang di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global, tentu harus terus digaungkan dalam upaya pengembangan daya saing industri nasional," kata Direktur Jenderal ILMATE Kemenperin, Harjanto di Jakarta (3/3/2020).

Harjanto menegaskan, pihaknya masih memiliki pekerjaan besar untuk melaksanakan pembangunan industri nasional, dengan sasaran utamanya meningkatkan peran sektor ILMATE. "Kami juga menargetkan tahun ini jumlah tenaga kerja di sektor industri ILMATE lebih dari 2,2 juta orang seiring dengan peningkatan investasi," ungkapnya.

Kemenperin mencatat, total penanaman modal asing (PMA) sektor ILMATE sepanjang tahun 2019 senilai USD4,8 miliar dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp12,3 triliun. Pada tahun lalu, sektor ILMATE memberikan kontribusi terhadap kinerja industri pengolahan nonmigas sebesar 22,11%.

Harjanto menuturkan, guna mencapai target yang ditetapakan, pihaknya telah menyusun langkah-langkah strategis agar bisa mengakselerasi pertumbuhan sektor ILMATE melalui empat rencana aksi. "Pertama, rencana aksi untuk peningkatan daya saing dan kemandirian sektor ILMATE," ujarnya.

Upaya itu akan dilakukan melalui kegiatan promosi investasi dan iklim usaha, sertifikasi kompetensi, vokasi indutri, peninjauan kebijakan, serta mendorong aktivitas litbang dan desain. Kemudian, rencana aksi yang kedua, yakni untuk penguatan implementasi Making Indonesia 4.0 di sektor ILMATE melalui akselarasi penerapan industri 4.0 dan hilirisasi produk unggulan ekspor (high technology product).

Selanjutnya, guna meningkatkan kemampuan sektor ILMATE, jurus ketiga yang dilakukan adalah optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), khususnya pada proyek-proyek pemerintah dan penerapan produk industri.

"Selain itu, untuk peningkatan penguasan pasar sektor ILMATE, rencana aksi yang keempat dijalankan melalui promosi kemampuan, advokasi terhadap industri calon eksportir, penerapan regulasi SNI wajib, serta regulasi perlindungan produsen dan pengamanan industri," sebutnya.

Harjanto menambahkan, pihaknya akan bersinergi dengan pemangku kepentingan guna merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta strategi penumbuhan dan pengembangan industri khususnya sektor ILMATE dalam rangka menciptakan percepatan pertumbuhan dan nilai tambah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir Tangani Pasien Covid 19 di RS Darurat MPP Sidoarjo

Selasa, 07 Juli 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir Tangani Pasien Covid 19 di RS Darurat MPP Sidoarjo

Prajurit Korps Marinir dari Batalyon Kesehatan 2 Marinir bahu-membahu dengan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dalam menangani pasien Covid19 yang di rawat di Rumah Sakit…

Ilustrasi Hacker (Doc: Liputan6.com)

Selasa, 07 Juli 2020 - 00:42 WIB

Tokopedia Korban Kejahatan Hacker

Di akhir minggu jagat tekno Indonesia diramaikan dengan berita tentang salah satu anggota grup keamanan siber di Facebook yang berbagi tautan untuk mengunduh 91 juta data pengguna Tokopedia…

Tambok P. Setyawati, Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Senin, 06 Juli 2020 - 22:21 WIB

Wow, Istri Bisa Menopang Ekonomi di Masa Krisis

Ditengah wabah Covid-19 yang masih terus melanda dunia termasuk Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membuktikan diri sebagai bisnis yang tahan banting, bahkan menjadi penyelamat…

Petani di Subang panen padi (Doc: Kementan)

Senin, 06 Juli 2020 - 22:05 WIB

Kementan Fokus Kawal Gerdal Wilayah Endemis Tikus Di Subang

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya agar budidaya padi berhasil dipanen dengan produksi tinggi. Salah satu kendala yang dihadapkan petani adalah hama tikus, sehingga…

Penghargaan Upakarti 2020

Senin, 06 Juli 2020 - 20:45 WIB

Hai Pelaku IKM Siap-siap, Kemenperin Bakal Gelar Penghargaan Upakarti 2020

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menyelenggarakan Penghargaan Upakarti pada tahun 2020.