Pupuk Indonesia Pertahankan Peringkat AAA dari Fitch Ratings

Oleh : Herry Barus | Rabu, 04 Maret 2020 - 09:30 WIB

PT Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings Indonesia (Fitch) mengafirmasi peringkat Nasional Jangka Panjang perusahaan pupuk PT Pupuk Indonesia (Persero) pada level ‘AAA(idn)’ dengan Outlook Stabil. Fitch juga telah mengafirmasi peringkat nasional senior tanpa jaminan PT Pupuk Indonesia dan peringkat semua obligasi rupiah PT Pupuk Indonesia di level ‘AAA(idn)’.

Peringkat PT Pupuk Indonesia berada pada level (BBB/Stabil), setara dengan Pemerintah Republik Indonesia sebagai Pemegang Saham, hal itu dikarenakan berkaitan dengan insentif dan rekam jejak dukungan dari pemerintah. Hubungan ini didorong oleh peran strategis Pupuk Indonesia sebagai pendukung pemerintah dalam memproduksi dan mendistribusikan pupuk bersubsidi yang menyokong ketahanan pangan, terutama beras yang merupakan makanan pokok nasional.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik afirmasi rating tersebut. “Afirmasi rating tersebut merupakan bentuk pengakuan Fitch atas kondisi Pupuk Indonesia sebagai BUMN dan produsen pupuk yang berdaya tahan di tengah dinamika perkembangan industri, didukung juga oleh kebijakan Pemerintah Indonesia,” kata Wijaya.

Menurutnya, rating beserta outlook yang disampaikan mencerminkan kepercayaan Fitch Ratings bahwa Pupuk Indonesia akan terus bertumbuh di masa mendatang, sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. ”Capaian ini menjadi indikator bahwa kondisi keuangan Pupuk Indonesia berada pada posisi yang sehat dan memiliki kemampuan untuk memenuhi segala kewajibannya,” ujar Wijaya.

Fitch Ratings memiliki sejumlah faktor dalam menetapkan peringkatnya terhadap Pupuk Indonesia, diantaranya faktor Kepemilikan Negara dan Kepentingan Strategis. Fitch Ratings memandang bahwa PT Pupuk Indonesia yang membawahi lima produsen pupuk ini merupakan BUMN kunci yang dimiliki sepenuhnya oleh negara. Perseroan memproduksi dan mendistribusi pupuk kepada petani yang memenuhi syarat di bawah skema kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation/PSO). Skema subsidi ini secara tidak langsung memberikan sokongan kepada 20 juta keluarga yang berkecimpung pada sektor pertanian. Selain dari pupuk bersubsidi, Fitch Rating percaya bahwa pendapatan PT Pupuk Indonesia akan terus bertumbuh mid single digit karena bisnisnya ditopang oleh segmen pupuk, amoniak, dan jasa konstruksi non subsidi.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).

BMW M5 Edition 35 Years

Jumat, 03 April 2020 - 19:05 WIB

Dibanderol Seharga Rp5,1 miliar, 350 Unit BMW M5 Edisi 35 Years Resmi Mengaspal

BMW Indonesia dan BMW Eurokars meluncurkan BMW M5 Edition 35 Years di Indonesia secara virtual menggunakan aplikasi konferensi video, Jumat (3/4/2020). Mobil ini akan dijual secara terbatas…