Intip Premium Marche Cafe, Kantin Ramah Muslim di Kantor Pusat Yanmar

Oleh : Ridwan | Senin, 24 Februari 2020 - 14:15 WIB

Premium Marche Cafe
Premium Marche Cafe

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Yanmar Co., Ltd. menyajikan menu Muslim-friendly (ramah Muslim) di kantin kantor pusatnya yang disebut the Premium Marche Café sejak 1 Maret 2016 sebagai salah satu upayanya untuk melayani karyawan Muslim dan pengunjung yang beragama Islam. 

Selain itu, karena menu ramah Muslim ini tidak ekslusif untuk Muslim saja, para pekerja Jepang dan non-Muslim juga bisa menikmati hidangan-hidangan tersebut sehingga membantu dalam menyebarkan pemahaman budaya di lingkungan perusahaan.
 
Shohruhbek Ibragimov, seorang karyawan di Yanmar Co., Ltd sejak tahun 2011, memprakarsai perubahan ini dan menginspirasi rekan kerjanya untuk berpartisipasi dalam proyek ini untuk menyediakan menu ramah Muslim di kantin. 

Shohruhbek secara pribadi tahu betapa sulitnya menemukan tempat untuk makan dan beribadah. Pengalamannya sebagai seorang Muslim yang tinggal di Jepang-lah yang memotivasi Bapak Shohruhbek untuk memulai proyek ini. 

Selain menu ramah Muslim, Yanmar Co.,Ltd. juga menyediakan ruang khusus sholat di dekat the Premium Marche Café agar para karyawan dan pengunjung dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. 

Tak hanya ramah Muslim, makanannya juga sehat, segar, dan istimewa karena sayuran yang digunakan disediakan oleh para petani yang menggunakan mesin pertanian Yanmar. Bahkan ada kue yang ramah Muslim juga yaitu kue Baumkuchen bersertifikat Halal.

"Saya ingat ketika saya berkunjung ke the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar, saya terkejut karena mereka menyediakan menu ramah Muslim dan ruangan sholat," ucap Rino Ardaya Taher, seorang karyawan PT. Yanmar Diesel Indonesia.

"Sebagai salah satu karyawan Muslim dari Indonesia, menu yang halal dan tersedianya tempat ibadah merupakan kebutuhan primer. Ditambah lagi, makanan yang memiliki sertifikat halal dan peralatan memasak dan peralatan makan yang disiapkan secara terpisah membantu membuat saya merasa nyaman setiap kali saya datang ke Osaka, the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar adalah tempat favorit saya," tambah Rino Ardaya.

Menu Muslim-friendly di the Premium Marche Café disajikan menurut standar tersendiri sebagai berikut.

1. Tidak mengandung daging babi, produk babi, atau alkohol (produk pembersih mungkin mengandung alkohol)
2. Seluruh daging untuk dikonsumsi bersertifikat halal
3. Mayoritas zat aditif bersertifikat halal. Dalam kasus dimana suatu produk tidak bersertifikat, kandungannya sudah diperiksa untuk memastikan tidak ada kandungan yang tidak diizinkan (halal)
4. Peralatan memasak dan peralatan makan yang digunakan untuk memasak dibersihkan dan disimpan secara terpisah dari peralatan lainnya yang digunakan untuk memasak makanan non-halal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…