Intip Premium Marche Cafe, Kantin Ramah Muslim di Kantor Pusat Yanmar

Oleh : Ridwan | Senin, 24 Februari 2020 - 14:15 WIB

Premium Marche Cafe
Premium Marche Cafe

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Yanmar Co., Ltd. menyajikan menu Muslim-friendly (ramah Muslim) di kantin kantor pusatnya yang disebut the Premium Marche Café sejak 1 Maret 2016 sebagai salah satu upayanya untuk melayani karyawan Muslim dan pengunjung yang beragama Islam. 

Selain itu, karena menu ramah Muslim ini tidak ekslusif untuk Muslim saja, para pekerja Jepang dan non-Muslim juga bisa menikmati hidangan-hidangan tersebut sehingga membantu dalam menyebarkan pemahaman budaya di lingkungan perusahaan.
 
Shohruhbek Ibragimov, seorang karyawan di Yanmar Co., Ltd sejak tahun 2011, memprakarsai perubahan ini dan menginspirasi rekan kerjanya untuk berpartisipasi dalam proyek ini untuk menyediakan menu ramah Muslim di kantin. 

Shohruhbek secara pribadi tahu betapa sulitnya menemukan tempat untuk makan dan beribadah. Pengalamannya sebagai seorang Muslim yang tinggal di Jepang-lah yang memotivasi Bapak Shohruhbek untuk memulai proyek ini. 

Selain menu ramah Muslim, Yanmar Co.,Ltd. juga menyediakan ruang khusus sholat di dekat the Premium Marche Café agar para karyawan dan pengunjung dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. 

Tak hanya ramah Muslim, makanannya juga sehat, segar, dan istimewa karena sayuran yang digunakan disediakan oleh para petani yang menggunakan mesin pertanian Yanmar. Bahkan ada kue yang ramah Muslim juga yaitu kue Baumkuchen bersertifikat Halal.

"Saya ingat ketika saya berkunjung ke the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar, saya terkejut karena mereka menyediakan menu ramah Muslim dan ruangan sholat," ucap Rino Ardaya Taher, seorang karyawan PT. Yanmar Diesel Indonesia.

"Sebagai salah satu karyawan Muslim dari Indonesia, menu yang halal dan tersedianya tempat ibadah merupakan kebutuhan primer. Ditambah lagi, makanan yang memiliki sertifikat halal dan peralatan memasak dan peralatan makan yang disiapkan secara terpisah membantu membuat saya merasa nyaman setiap kali saya datang ke Osaka, the Premium Marche Café di kantor pusat Yanmar adalah tempat favorit saya," tambah Rino Ardaya.

Menu Muslim-friendly di the Premium Marche Café disajikan menurut standar tersendiri sebagai berikut.

1. Tidak mengandung daging babi, produk babi, atau alkohol (produk pembersih mungkin mengandung alkohol)
2. Seluruh daging untuk dikonsumsi bersertifikat halal
3. Mayoritas zat aditif bersertifikat halal. Dalam kasus dimana suatu produk tidak bersertifikat, kandungannya sudah diperiksa untuk memastikan tidak ada kandungan yang tidak diizinkan (halal)
4. Peralatan memasak dan peralatan makan yang digunakan untuk memasak dibersihkan dan disimpan secara terpisah dari peralatan lainnya yang digunakan untuk memasak makanan non-halal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengadakan acara webinar My Turning Point, My New Normal melalui platform Zoom, pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020.

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB

Tokio Marine Life Insurance Indonesia Dorong Masyarakat Bersikap Positif dan Cermat Kelola Keuangan di Era New Normal

Jakarta 09/7/20 – Sejak pandemi COVID-19 merebak awal tahun ini, perlambatan ekonomi pun menjadi tak terelakkan. Sejumlah data yang dipaparkan oleh ekonom, menteri dan juga para pengusaha…

Serahterima KartaNU Cilegon (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:55 WIB

Hore...Kartu Anggota NU Cilegon Berwujud ATM BNI Syariah

BNI Syariah menandatangani kerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon terkait penerbitan kartu debit co-branding kartu anggota NU (KARTANU) yang bisa digunakan sebagai…

MenkopUKM Teten Masduki saat mengunjungi Dapur Bersama GoFood, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:35 WIB

MenkopUKM Apresiasi Dapur Bersama GoFood Fasilitasi UMKM Naik Kelas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi dibukanya Layanan Dapur Bersama GoFood yang dianggap selaras dengan visi dan konsep Rumah Produksi Bersama yang digagas oleh KemenkopUKM.

Maria Pauline Lumowa Buronan Pembobol Bank BNI ditangkap Yasonna di Serbia

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:18 WIB

17 tahun Buron, Maria Pauline Lumowa Bos PT Gramarindo Group Pembobol Bank BNI Rp1,7 Triliun di Tangkap Yasonna Cs di Serbia

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan kepergiannya ke Serbia khusus untuk menyelesaikan ekstradisi buronan pelaku pembobolan Bank BNI senilai Rp1,7 triliun yakni Maria Pauline Lumowa.…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (dok INDUSTRY.CO.ID)

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:10 WIB

Kiat Menperin Agus Dorong IKM Go Digital

Pemerintah berkomitmen untuk terus membantu sektor industri kecil menengah (IKM) di dalam negeri agar bisa memasarkan produknya secara digital.