Industri Tembakau Meradang, Gapero: Investasi Rokok bukan Investasi Sembarangan

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:51 WIB

Ilustrasi Rokok (Ist)
Ilustrasi Rokok (Ist)

INDUSTRY co.id - Jakarta, Pelaku industri hasil tembakau atau Gabungan Pabrik Rokok (Gapero) mempertanyakan kebijakan Pemerintah soal kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar 23 persen dan Harga Jual Eceran (HJE) sebesar 35 persen.

Menurut Ketua Umum Gapero Sulami Bahar,  kebijakan tersebut berdampak negatif atas penurunan pendapatan pelaku industri hasil tembakau. 

Gapero mencatat, sejak masa kepemimpinan Jokowi terjadi perubahan kenaikan tarif cukai  setiap tahunnya,  hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi kalangan pelaku industri. 

"Investasi rokok ini bukan investasi sembarangan, nilainya besar, namun kondisinya di lapangan justru tidak seperti diharapkan” ujar Sulami belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, pembatasan atas usaha hasil tembakau ini mulai dari aturan peredaran, pembatasan kemasan, sampai yang paling baru, kenaikan tarif cukai dan harga jual per batangnya semakin membuat pelaku industri hasil tembakau kebingungan. 

"Masihkah industri dianggap strategis oleh negara?.  Apakah Industri hasil tembakau masih dipandang strategis atau tidak. Jika iya, tolong diberikan perlakuan yang adil," pungkas Sulami. 

Namun,  Sulami juga menyadari produk rokok ini memiliki risiko, karena itu pihaknya sangat mendukung upaya-upaya edukasi dan sosialisasi agar produk ini dikonsumsi secara bijak oleh orang dewasa dan dapat dikontrol secara bertanggung jawab. 

Asla tau saja, Kenaikan rata-rata tarif cukai yang mencapai level sampai 35% di awal tahun 2020,  telah berdampak langsung pada kenaikan harga produk rokok oleh sejumlah perusahaan.

Buntutnya, sejumlah pabrikan skala kecil banyak yang sudah mulai tutup. Dan industri hasil tembakau semakin menyusut jumlah pabrikkannya di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…