Bahana Sekuritas Migrasi Platform Transaksi Direct Market Access bagi Nasabah Kelembagaan

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Februari 2020 - 09:58 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -  Jakarta – Perkembangan industri 4.0 bergerak sangat cepat, membuat peran teknologi menjadi kunci penting untuk seluruh sektor, termasuk bagi industri keuangan. PT Bahana Sekuritas sangat menyadari pentingnya teknologi untuk memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para nasabahnya baik kelembagaan maupun perorangan.

 Sejak tahun lalu anak usaha dari Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini, telah melakukan inovasi teknologi khususnya bagi perdagangan saham, obligasi maupun surat berharga lainnya secara online atau yang lebih dikenal dengan online trading. Inovasi tersebut mencakup migrasi terhadap infrastruktur, sistem dan aplikasi dari yang sebelumnya menggunakan sistem direct trading.

 ‘’Sebagai langkah awal kami sudah melakukan pembaharuan terhadap hardware atau jaringan hingga aplikasi bagi nasabah kelembagaan yang sekarang disebut Direct Market Access (DMA),’’ papar Direktur Operasi Bahana Sekuritas Susilo Zulfachmi. Inovasi terkini bagi nasabah perorangan sedang kami lakukan, dalam waktu dekat diupayakan akan selesai, sehingga seluruh nasabah bisa melakukan transaksi dengan lebih cepat, tambah Susilo.

 Migrasi sistem DMA yang telah dilakukan sekuritas milik negara ini, telah mendapatkan sertifikasi kelayakan dari self-regulatory organization (SRO) regulator yakni Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui migrasi ini ada empat manfaat yang bisa dinikmati nasabah kelembagaan yakni market timing yang semakin cepat. Dalam hal ini nasabah dapat memanfaatkan kecepatan order melalui sistem DMA, sehingga pesanan transaksi dapat diteruskan ke bursa dengan latency yang minimum.

 Kedua, kapasitas order yang semakin besar hingga 1 juta order per hari. Ketiga, nasabah dapat memanfaatkan fitur algotrading dengan tingkat akurasi yang sangat baik. Keempat, efisiensi biaya operasional infrastruktur jaringan data atau konektivitas (fixed network) serta lisensi sitem DMA sekitar $250.000 per tahun, yang semula sekitar $450.000 per tahun.

 ‘’Melalui migrasi ini kami berupaya meminimalisasi tingkat risiko operasional  yang dapat berdampak kepada nasabah karena kehilangan momentum untuk mendapatkan market timing yang tepat sebagai akibat terjadinya waktu tunda yang lama sejak order transaksi dilakukan hingga terbentuknya transaksi di bursa,’’ ujar Susilo. Selain itu, kami dapat melakukan proses client connectivity atau on boarding client pada hari yang sama, sedangkan sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, tambahnya. 

 Sejalan dengan perkembangan produk-produk pasar modal yang semakin bervariasi, Bahana berencana untuk melakukan pengembangan teknologi infrastruktur secara bertahap khususnya pengembangan integrasi otomasi proses bisnis yang bisa mengakomodasi produk warrant structure, exchange traded fund (ETF) berbasis saham serta sistem yang diperlukan untuk mengakomodasi produk stock lending and borrowing (SLB).

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…