Pameran Foto Objek Wisata Kalsel di Puncak HPN 2020

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Februari 2020 - 17:21 WIB

Pameran Foto Objek Wisata Kalsel di Puncak HPN 2020
Pameran Foto Objek Wisata Kalsel di Puncak HPN 2020

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin- Puncak peringatan Hari Pers Nasional 2020 digelar hari ini di pendopo Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalsel.

Ramai insan pers dari berbagai pelosok daerah di Indonesia yang berdatangan. Kursi-kursi yang disediakan pun tak bersisa. Meski begitu, mereka yang berdiri tetap antusias mengikuti jalannya acara.

Sang tuan rumah, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin juga hadir. Orang nomor satu di Kalsel ini bahkan diangkat menjadi anggota kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia.

Suasana penuh suka cita. Terlebih saat 17 wartawan senior naik ke atas panggung acara menerima kartu pers nomor satu atau press card number one (PCNO) berikut pin yang diserahkan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari. 

Hingga acara usai, wartawan dan tamu undangan tak jua beranjak. Masih ramai mereka sekadar saling menyapa dan berbincang sembari menanti hujan reda.

Momen acara puncak HPN 2020 ini juga dimanfaatkan Humas Pemprov Kalsel untuk mempromosikan spot-spot menarik yang bisa dikunjungi, mulai wisata alam, religi, hingga kuliner. Semua ini disajikan melalui pameran foto di teras pendopo.

Koordinator pameran, Donny menuturkan, 14 foto yang dipamerkan itu merupakan hasil seleksi dewan juri lomba dalam rangka HPN 2020, yang terdiri dari Prasetyo (Kantor Berita Antara), Ketua PWI Kalsel, Helmy dan Wildan (fotografer senior di Kalsel).

Adapun para peserta lomba foto yang lolos seleksi berasal dari enam kabupaten di Kalsel yaitu Banjarmasin, Banjar Baru, Tanah Tumbu, Sungai Tengah, Sungai Selatan, dan Kabupaten Banjar.

Keseluruhannya total 748 foto yang masuk ke panitia lomba dengan mengangkat tema Visit Kalsel 2020.

"Kenapa temanya Visit Kalsel 2020? Kalsel lagi menggelorakan kunjungan wisatawan 2020. Selama tiga tahun kepemimpinan Paman Birin jumlah wisatawan meningkat," kata Donny saat ditemui Humas HPN 2020 di lokasi pameran.

Banyak objek wisata menarik di Kalsel. Donny menunjuk foto berjudul Taman Hutan Raya Mandiangin yang berlokasi di Kabupaten Banjar. Jarak tempuh hanya sekitar 1,5 jam dari bandara, lanjut trekking 15 menit untuk mencapai puncak bukit setinggi 600 mdpl itu. Tampak tenda-tenda pendaki berjejer pendaki menghadap lanskap panorama hijau pegunungan.

Tak hanya tahura, kata Donny, Kalsel juga memiliki spot unggulan lain seperti bamboo rafting di Loksado untuk traveller adrenaline junkie. Kemudian yang terkenal pasar terapung Lok Baintan. Atau ingin mencicip kuliner khas setempat, ada ikan haruan dan kue bingka.

Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary atau Datu Kalampayan juga tak kalah ramai dipadati wisatawan. Kegiatan ini rutin diadakan usai lebaran Idul Fitri.

Donny mengungkapkan, sebetulnya para pemenang lomba belum diumumkan. Namun sebagai bocoran, kata dia, foto tahura Mandiangin itu salah satunya. Panitia memilih empat juara dengan hadiah berkisar Rp 5 juta- Rp 10 juta dan 10 nominator masing-masing akan mendapatkan Rp 2 juta.

Kemudian dari 10 nominator ini, lanjut Donny membeberkan, Paman Birin akan memilih satu foto favorit.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…