Mentan SYL Lepas Ekspor Pertanian Gorontalo

Oleh : Wiyanto | Rabu, 05 Februari 2020 - 17:30 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan komoditas ekspor pertanian
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan komoditas ekspor pertanian

INDUSTRY.co.id - Gorontalo - Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Gorontalo, Rabu (5/2). Pelepasan yang juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ini memiliki potensi ekspor yang cukup luas.

Adapun komoditas yang diekspor antara lain berupa tepung kelapa, briket arang tempurung, dan kopra putih. Ekspor tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Provinsi Gorontalo berpotensi menyumbang ekonomi negara yang cukup besar.

"Oleh karena itu besok akan kita mapping. Artinya semua yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan. Ini bukti bahwa Gorontalo memiliki potensi dan dapat mengembangkan ekonomi lewat ekspor," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil.

Untuk tepung kelapa akan diekspor sebesar 6.500 ton dengan nilai 106 miliyar untuk $2020. Tepung kelapa tersebut diekspor ke China, Taiwan, Hamburg, Roterdam, Rusia, Polandia, dan Afrika.

Kemudian briket arang tempurung yang diekspor sebanyak 38 ton dengan nilai 576 miliar dengan negara tujuan Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya Kopra putih 600 ton dengan nilai 8,400 miliar.

Ali Jamil berharap supaya permohonan ekspor barang bisa diterbitkan di Gorontalo agar semua nilai tersebut bisa keluar lewat Gorontalo. Ia pun berharap Mentan Syahrul bisa memberikan arahan kepada semua pihak teruma kantor bea dan cukai.

Sebagai informasi, ekspor ini sesuai dengan program Mentan Syahrul terkait Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks). Program ini menargetkan lompatan nilai ekspor dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Optimistis Tahun 2023 Kinerja Makin Gemilang

Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:09 WIB

BTN Optimistis Tahun 2023 Kinerja Makin Gemilang

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) optimistis tahun ini akan meraih kinerja yang gemilang seiring dengan susunan direksi baru perseroan.

Media Gathering MyRepublic

Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:23 WIB

Fokus Ekspansi, MyRepublic Komitmen untuk Fiberisasi Hingga ke 60 Kota Baru

MyRepublic terus berfokus melakukan ekspansi pada tahun ini dengan komitmen untuk melakukan fiberisasi hingga ke 60 kota baru di Indonesia. Kota baru ini antara lain adalah Tegal, Purwokerto,…

Pertagas berbagi di SLB Santi Rama.

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:55 WIB

Pertagas Peduli Pendidikan Inklusi, Berbagi Inspirasi Di SLB Santi Rama

Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi dari Subholding Gas Pertamina menggelar kegiatan edukasi industri gas bumi di SLB Santi Rama.

Cyber Expresi 2023

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:46 WIB

Ikuti Cyber Expresi 2023 dan Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah

Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University, menghadirkan event Cyber Expresi 2023 bagi siswa/i SMA/SMK/Sederajat. Event ini, merupakan wujud dari Cyber University…

Hyundai Mobile Charging

Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:26 WIB

Hyundai Perluas Jaringan Layanan Mobile Charging di Kota Medan

Kehadiran Mobile Charging di kota Medan ini melengkapi fasilitas Hyundai Mobile Charging¬† yang sudah tersedia di sejumlah kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya,…