Mentan SYL Lepas Ekspor Pertanian Gorontalo

Oleh : Wiyanto | Rabu, 05 Februari 2020 - 17:30 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan komoditas ekspor pertanian
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan komoditas ekspor pertanian

INDUSTRY.co.id - Gorontalo - Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Gorontalo, Rabu (5/2). Pelepasan yang juga dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ini memiliki potensi ekspor yang cukup luas.

Adapun komoditas yang diekspor antara lain berupa tepung kelapa, briket arang tempurung, dan kopra putih. Ekspor tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Provinsi Gorontalo berpotensi menyumbang ekonomi negara yang cukup besar.

"Oleh karena itu besok akan kita mapping. Artinya semua yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan. Ini bukti bahwa Gorontalo memiliki potensi dan dapat mengembangkan ekonomi lewat ekspor," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil.

Untuk tepung kelapa akan diekspor sebesar 6.500 ton dengan nilai 106 miliyar untuk $2020. Tepung kelapa tersebut diekspor ke China, Taiwan, Hamburg, Roterdam, Rusia, Polandia, dan Afrika.

Kemudian briket arang tempurung yang diekspor sebanyak 38 ton dengan nilai 576 miliar dengan negara tujuan Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya Kopra putih 600 ton dengan nilai 8,400 miliar.

Ali Jamil berharap supaya permohonan ekspor barang bisa diterbitkan di Gorontalo agar semua nilai tersebut bisa keluar lewat Gorontalo. Ia pun berharap Mentan Syahrul bisa memberikan arahan kepada semua pihak teruma kantor bea dan cukai.

Sebagai informasi, ekspor ini sesuai dengan program Mentan Syahrul terkait Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks). Program ini menargetkan lompatan nilai ekspor dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…