IHSG Berpeluang Menguat di Level 6100-6200

Oleh : Wiyanto | Rabu, 29 Januari 2020 - 07:49 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membentuk pola candlestick dragon fly dengan indikasi bullish reversal setelah mencapai target double top dan FR61.8% di kisaran 6100. Indikator stochastic bergerak mulai menjenuh dan berpotensi golden-cross mengiringi indikator RSI yang menjenuh pada momentum yang sangat rendah.

"Sehingga kami perkirakan IHSG akan berpeluang menguat dengan support resistance 6100-6200," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Saham-saham yang secara teknikal cukup menarik diantaranya; LSIP, AALI, SIMP, WTON, MAIN, HMSP, BBTN, PGAS, ADRO, PTBA, MEDC, ANTM, INCO, WSKT, PTPP, PWON, WIKA, LPPF.

IHSG (-0.36%) turun tipis 22.02 poin kelevel 6111.18 setelah sempat bergerak dibawah 6100 di sesi perdagangan pertama akibat tensi kasus Jiwasraya kembali menghantui kepercayaan investor.

Saham-saham pada sektor Aneka Industri (+0.83%), Properti (+0.84%) dan Pertambangan (+0.71%) berbalik menguat mampu memangkas kerugian IHSG diakhir sesi perdagangan. ASII (+1.49%), WIKA (+6.13%), SMRA (+5.08%), BSDE (+3.96%), MEDC (+4.44%) dan PTBA (+4.02%) menguat seakan menegaskan beralihnya investor terhadap saham-saham yang memiliki fundamental mumpuni menjelang laporan kuartal ke-4 tahun 2019. Investor asing melakukan aksi jual sebesar 469.29 Miliar rupiah dengan saham BBCA dan BBRI menjadi top net sell value investor asing.

Bursa Eropa dibuka pada zona hijau dimana Indeks Eurostoxx (+0.25%), FTSE (+0.22%) dan DAX (+0.19%) mulai naik setelah mengalami sell off cukup psimis pada perdagangan sebelumnya. Meredannya aksi jual investor di Asia membawa dampak positif pada perdagangan di Eropa dan kontrak berjangka di AS. Investor menanti hasil pertemuan Bank of Europe yang sangat diantisipasi pada hari kamis setelah serangkaian komentar dovish meningkatkan spekulasi penurunan suku bunga. Selanjutnya investor akan menanti pertemuan The Fed dihari Rabu dengan sejumlah pandagangan prekonomian AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…