Awal Pekan IHSG Cenderung Tertahan

Oleh : Wiyanto | Senin, 27 Januari 2020 - 07:58 WIB

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)
Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Secara teknikal IHSG masih terus terkonsolidasi diarea support line Moving Average 200 hari. Pola chart pada medium term membentuk pola double top apabila break out level neckline di kisaran 6200.

Indikator stochastic bergerak memang sudah cukup rendah berada pada area oversold dan berpotensi golden-cross apabila terjadi penguatan pada perdagangan selanjutnya.

"Sehingga secara teknikal kami memperkirakan IHSG bergerak cenderung kembali tertahan dengan support resistance 6200-6278," ujar analis Reliance Sekuritas Indonesia di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; JPFA, BBTN, BNGA, BNLI, AKRA, ANTM, WIKA, WSKT.

IHSG (-0.08%) kembali terkonsolidasi namun kali ini melemah 5.10 poin kelevel 6244.11 dengan saham-saham sektor Aneka industri (-1.16%) dan Pertanian (-1.16%) turun lebih dari sepersen. Ada dua faktor yang disinyalir menjadi penekan kedua sektor tersebut. Pertama harga CPO yang kembali melemah akibat hubungan perdagangan India dan Malaysia belum menemukan titik temu. Kedua penjualan sepeda motor turun dibawah ekpektasi sebesar 6.8% dibulan Desember 2019.

Meskipun demikian investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar 112.19 miliar rupiah dengan saham BMRI yang menjadi top net buy value setelah memaparkan kinerja keuangan 2019 yang berhasil mencetak laba bersih naik 9.9% dari tahun sebelumnya yang ditopang oleh penyaluran kredit yang naik 10.7% ditahun 2019.

Terbalik dengan bursa Asia. Bursa saham Eropa cenderung dibuka sangat optimis. Indeks Eurostoxx (+1.48%), FTSE (+1.42%) dan DAX (+1.39%) naik lebih dari sepersen. Saham-saham perbankan dan pertambangan memimpin penguatan di Eropa seiring rilisnya laporan keuangan yang cukup baik. Euro menahan penurunan Kamis di tengah saran dari para gubernur bank sentral bahwa mereka akan perlu mempertahankan pengaturan stimulus yang sangat longgar untuk masa mendatang guna merangsang pertumbuhan ekonomi yang saat ini tergolong masih cukup rendah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Jumat, 25 September 2020 - 15:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Presiden Jokowi menyampaikanbahwatak hanya menjadi tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Riau, namun keberadaan tol ini juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar…

Malaysia Heath Care (Foto Ist)

Jumat, 25 September 2020 - 15:00 WIB

Malaysia Perkuat Sebagai Destinasi Wisata Kesehatan

Malaysia kembali meraih gelar bergengsi ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’ dalam ajang International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2020 yang berlangsung…

Angkasa Pura I - Penghargaan Indonesia CSR x PKBL Award 2020 (Photo by BUMN)

Jumat, 25 September 2020 - 14:15 WIB

Dukung Pengembangan Pariwisata Daerah, Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan Indonesia CSR x PKBL Award 2020

Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan pada kategori "Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative".