Startup Milik Inovator Teknologi Kiwi Aliwarga Akan Hadir Pada Pameran Hannover Messe Jerman

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Januari 2020 - 13:02 WIB

Andaf UMG Idealab
Andaf UMG Idealab

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memasuki tahun 2020, UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) serta Venture Builder (VB) yang dikenal dengan pemanfaatan teknologi mutakhir, kembali menorehkan prestasi terbarunya. Selaku official country partner Hannover Messe 2020, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian turut menggandeng UMG Idealab untuk memajukan bangsa melalui sentuhan teknologi 4.0 akan dipamerkan di ajang teknologi Hannover Messe pada 20 sampai 24 April 2020 di Hannover, Jerman.
 
Menurut Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi, salah satu tujuan Indonesia menjadi official country partner di perhelatan ini adalah menarik minat kerja sama dalam bidang investasi, teknologi, dan peningkatan keterampilan sumber daya manusia (SDM).

Pada tahun 2019, pameran ini berhasil menarik pengunjung mencapai 215.000 orang dari 91 negara dengan diikuti lebih dari 6.500 exhibitors yang mewakili 73 negara, dan menghasilkan sekitar 5,6 juta kontrak bisnis.
 
“Kehadiran UMG Idealab di Hannover Messe tahun ini akan menampilkan beberapa startup unggulan, di antaranya adalah Frogs, Widya, Botika, MSMB, dan Arutala. Tentunya kami sangat antusias mengingat ini adalah pameran teknologi 4.0 terbesar di dunia, juga berpotensi besar mendatangkan investor ke Indonesia yang akan menekan angka ketidakmerataan di Indonesia. Tentu saja, ini juga membuka peluang kami untuk melakukan partnership dengan negara lain untuk semakin memajukan industri teknologi digital Tanah Air,” ujar Kiwi Aliwarga, Founder UMG Idealab, Kamis (23/1/2020).
 
Di pameran yang rata-rata dihadiri sekitar 6.500 peserta dan 300.000 pengunjung dari 75 negara di setiap tahunnya ini, teknologi yang akan ditampilkan Frogs sebagai pioneer passenger drone di Indonesia adalah Frogs 282 Version 2 yang mampu mengangkut maksimal 2 penumpang dengan kapasitas maksimal 200 kilogram.

Dilengkapi dengan 8 motor, keunggulan yang ditonjolkan adalah kemampuan untuk menempuh jarak hingga 100 kilometer hanya dengan satu kali pengisian daya listrik. Drone ini dapat terbang hingga ketinggian 2.400 mdpl dengan waktu terbang selama satu jam. Selain itu, ada sprayer drone untuk menyemprotkan pupuk pestisida ke lahan pertanian, surveillance drone untuk pemetaan pertanian, dan cargo drone untuk pengangkutan.
 
Widya akan memamerkan big data, smart speaker, robot, face recognition, hingga AI. Teknologi Natural Language Processing (NLP) berbahasa Indonesia pun akan ditampilkan Botika. Sementara itu, MSMB turut membawa teknologi smart farming dan RiTx. Smart farming yang digagas merupakan pertanian 4.0 dengan menanamkan hardware ke lahan pertanian, sehingga lahan tersebut dapat menghasilkan produktivitas lebih tinggi karena memiliki sensor tanah dan sprayer drone.
 
Sedangkan RiTx sebagai marketplace pertanian, menghubungkan antara supply dari petani kepada end-user. RiTx juga membantu petani untuk melakukan monitoring terhadap tanaman.

“Berbicara Arutala berarti berbicara mengenai peningkatan skill SDM berbasis teknologi. Ini merupakan aplikasi untuk mengembangkan ilmu para ahli mekanik untuk mempelajari komponen, sistem, dan troubleshooting melalui teknologi Virtual Reality (VR) oleh trainer bersertifikat dan berpengalaman. Tentu sangat menarik, karena bagi perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta meminimalisir resiko kecelakaan” tambah Kiwi.
 
Lebih lanjut, menurutnya ini merupakan sebuah kebanggaan bagi UMG Idealab untuk turut berpartisipasi di Hannover Messe 2020. “Saatnya Bangsa Indonesia tampil di dunia dan mengukuhkan kemajuan teknologi lokal yang tidak kalah dengan negara lain, bahwa Indonesia adalah negara yang layak dijadikan investasi industri teknologi. Baru-baru ini pemerintah berencana menjadikan Indonesia menjadi negara digital di tahun 2035. Saya melalui UMG Idealab mendukung penuh hal tersebut dan terus berkomitmens memberikan solusi pada tiga persoalan utama – perubahanĺpp iklim, ketidakmerataan, dan kemajuan UKM” lanjutnya.
 
Sebelum menuju Hannover Messe 2020, pada bulan Maret Kiwi akan meresmikan Artificial Intelligence Center Indonesia (AICI) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Total ada 6 startup berbasis AI yang akan diluncurkan, yakni AICI, Widya Wicara, Widya Robot, Lectro, Frogs, dan MSMB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…