Minim Katalis IHSG Bergerak Terkonsolidasi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 Januari 2020 - 07:20 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pergerakan secara teknikal IHSG memang sedang membentuk pola double top dengan level Neckline diksiaran 6200. Dimana level 6200 akan menjadi konfirmasi pola apabila break out dilevel tersebut. Target psimistis dari pola double top akan bergerak hingga level 6150an. Indikator Stochastic masih memberikan signal bearish pada %k dan %d yang bergerak turun mengiringi momentum dari indikator RSI yang bergerak lanjut terkoreksi menuju area oversold.

"Sehingga kami perkirakan IHSG masih akan rawan bergerak terkonsolidasi melihat minimnya katalis dengan support resistance 6196-6268," ujar analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Saham-saham yang secara teknikal masih cukup menarik diantaranya; INKP, BRPT, ICBP, HOKI, BNGA, BJBR, TOWR, TBIG, TLKM, PTBA, MEDC, MIKA.

IHSG (-0.11%) turun 6.89 poin kelevel 6238.15 dengan saham-saham sektor pertanian (-1.98%) dan Property (-1.17%) kembali memimpin pelemahan. CPO malaysia kembali turun 0,90% menjadi trigger negatif emiten pertanian. Pergerakan IHSG cenderung terkonsolidasi sejak awal sesi perdagangan sedikit lebih baik dari mayoritas indeks saham di Asia yang terkoreksi cukup dalam.

Turunnya kepercayaan investor mengenai polemik pada pasar modal indonesia mengenai DPR yang membuka peluang fungsi OJK dikembalikan lagi pada Bank Indonesia dan memprioritaskan pembahasan atas permasalahan Jiwasraya, Bumiputera, Asabri, Taspen dan Bank Muamalat Indonesia menjadi salah satu faktor terkonsolidasinya IHSG. Investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar 442.99 miliar rupiah pada pasar reguler dan aksi beli bersih 663.80 miliar rupiah pada pasar negosiasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Jumat, 25 September 2020 - 17:06 WIB

Dukung Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing SDM Industri, Kemenperin Dongkrak Peningkatan Mutu Produk IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar menginisiasi program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing global.

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Jumat, 25 September 2020 - 15:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Presiden Jokowi menyampaikanbahwatak hanya menjadi tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Riau, namun keberadaan tol ini juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar…

Malaysia Heath Care (Foto Ist)

Jumat, 25 September 2020 - 15:00 WIB

Malaysia Perkuat Sebagai Destinasi Wisata Kesehatan

Malaysia kembali meraih gelar bergengsi ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’ dalam ajang International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2020 yang berlangsung…