Reliance : IHSG Diprediksi Bakal Uji Titik Resistensi 6.340 pada Perdagangan Hari ini

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 20 Januari 2020 - 08:47 WIB

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, mengemukakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal bergerak naik serta menguji titik resistensi 6.340 poin pada grafik Moving Average di perdagangan Senin (20/01/2020) ini.

“Kendati demikian, tren penurunan tampaknya masih bakal dialami IHSG. Itu ditunjukkan oleh indikator stochastic dan RSI yang hingga kini masih tampak bearish di area middle oscillator dengan titik support di posisi 6.255 poin. Karena itu, IHSG secara teknikal diprediksi bakal bergerak pada kisaran 6.255-6.340 poin pada perdagangan hari ini,” papar Lanjar di Jakarta.

Hingga kini, harga berbagai saham yang secara teknikal masih bergerak cukup menarik adalah BISI, SSMS, LSIP, AALI, ULTJ, BMRI, PNBN, MEDC, WEGE, ERAA dan ESSA.

Sementara itu, pada akhir perdagangan pekan lalu, IHSG ditutup naik 5,6 poin ke posisi 6.291,66 poin kendati tekanan penurunan terus-menerus dialami sejak awal sesi pertama perdagangan.

Akan tetapi, kenaikan indeks saham sektor pertanian sebesar 0,75 persen dan sektor keuangan sebesar 0,73 persen mampu menopang kenaikan IHSG di sesi perdagangan terakhir pada akhir pekan lalu.

Penurunan persediaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke level terendah dalam delapan bulan terakhir, akibat musim kering selama beberapa waktu lalu, menjadi katalis positif bagi harga CPO lokal sehingga mendorong kenaikan indeks sektor pertanian. Seperti diketahui, persediaan CPO Indonesia turun 13 persen pada November 2019 menjadi 3,49 juta ton dibandingkan bulan sebelumnya.

Akan tetapi, IHSG masih terus tertekan akibat penurunan indeks saham sektor properti sebesar 1,26 persen dan sektor aneka industri sebesar 0,58 persen. Pertumbuhan pinjaman yang melambat ke level 6,08 persen dibanding tahun sebelumnya di level 6,7 persen mendorong munculnya sentimen negatif terhadap prospek bisnis properti dan konstruksi.

Meski demikian, menurut data Bursa Efek Indonesia, para investor asing sepajang pekan lalu masih mencatat pembelian bersih (net buying) sebesar Rp196,97 miliar. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada UPT Tekstil Majalaya

Jumat, 25 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan Mesin dan Peralatan Kepada UPT Tekstil Majalaya

Kementerian Perindustrian aktif memfasilitasi pemberian mesin dan peralatan produksi bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Program ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan daya…

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Jumat, 25 September 2020 - 17:06 WIB

Dukung Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing SDM Industri, Kemenperin Dongkrak Peningkatan Mutu Produk IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar menginisiasi program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing global.

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Jumat, 25 September 2020 - 15:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Presiden Jokowi menyampaikanbahwatak hanya menjadi tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Riau, namun keberadaan tol ini juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar…