Reliance : IHSG Diprediksi Bakal Uji Titik Resistensi 6.340 pada Perdagangan Hari ini

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 20 Januari 2020 - 08:47 WIB

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, mengemukakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal bergerak naik serta menguji titik resistensi 6.340 poin pada grafik Moving Average di perdagangan Senin (20/01/2020) ini.

“Kendati demikian, tren penurunan tampaknya masih bakal dialami IHSG. Itu ditunjukkan oleh indikator stochastic dan RSI yang hingga kini masih tampak bearish di area middle oscillator dengan titik support di posisi 6.255 poin. Karena itu, IHSG secara teknikal diprediksi bakal bergerak pada kisaran 6.255-6.340 poin pada perdagangan hari ini,” papar Lanjar di Jakarta.

Hingga kini, harga berbagai saham yang secara teknikal masih bergerak cukup menarik adalah BISI, SSMS, LSIP, AALI, ULTJ, BMRI, PNBN, MEDC, WEGE, ERAA dan ESSA.

Sementara itu, pada akhir perdagangan pekan lalu, IHSG ditutup naik 5,6 poin ke posisi 6.291,66 poin kendati tekanan penurunan terus-menerus dialami sejak awal sesi pertama perdagangan.

Akan tetapi, kenaikan indeks saham sektor pertanian sebesar 0,75 persen dan sektor keuangan sebesar 0,73 persen mampu menopang kenaikan IHSG di sesi perdagangan terakhir pada akhir pekan lalu.

Penurunan persediaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke level terendah dalam delapan bulan terakhir, akibat musim kering selama beberapa waktu lalu, menjadi katalis positif bagi harga CPO lokal sehingga mendorong kenaikan indeks sektor pertanian. Seperti diketahui, persediaan CPO Indonesia turun 13 persen pada November 2019 menjadi 3,49 juta ton dibandingkan bulan sebelumnya.

Akan tetapi, IHSG masih terus tertekan akibat penurunan indeks saham sektor properti sebesar 1,26 persen dan sektor aneka industri sebesar 0,58 persen. Pertumbuhan pinjaman yang melambat ke level 6,08 persen dibanding tahun sebelumnya di level 6,7 persen mendorong munculnya sentimen negatif terhadap prospek bisnis properti dan konstruksi.

Meski demikian, menurut data Bursa Efek Indonesia, para investor asing sepajang pekan lalu masih mencatat pembelian bersih (net buying) sebesar Rp196,97 miliar. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…