Airbus BelugaXL Beroperasi, Hadirkan Kapasitas Super Besar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Januari 2020 - 15:00 WIB

Airbus BelugaXL
Airbus BelugaXL

INDUSTRY.co.id - Toulouse– Pesawat BelugaXL telah resmi beroperasi, memberikan Airbus kapasitas transportasi tambahan sebesar 30% untuk mendukung peningkatan produksi dalam program pesawat komersil.

Pesawat yang memegang peran penting dalam sistem industri Airbus ini telah melalui penerbangan perdananya pada 9 Januari silam. Pesawat ini merupakan unit BelugaXL pertama yang akan bekerja berdampingan dengan pesawat BelugaST, varian pesawat kargo Airbus yang lebih kecil. Lima pesawat BelugaXL lainnya akan bergabung dengan armada perusahaan mulai dari tahun 2020 hingga 2023.

Diluncurkan lebih dari lima tahun yang lalu pada November 2014, peresmian operasional pesawat BelugaXL ini lagi-lagi menandakan kesuksesan program pesawat internal Airbus. BelugaXL mengantongi sertifikasi layak terbang dari Badan Keselamatan Penerbangan Eropa atau European Aviation Safety Agency (EASA) pada November 2019, sebagai kelanjutan dari kampanye tes penerbangan intensif di mana BelugaXL berhasil menyelesaikan lebih dari 200 tes penerbangan dan menempuh lebih dari 700 jam terbang.

Dengan panjang 63 meter dan lebar 8 meter, BelugaXL memiliki luas ruang kargo terbesar dari semua pesawat kargo yang ada di dunia. BelugaXL dapat membawa dua sayap A350 XWB, sedangkan BelugaST hanya dapat membawa satu. Dengan muatan maksimum 51 ton, BelugaXL dapat menempuh jarak 4.000km (2.200nm).

BelugaXL ditenagai oleh mesin Rolls Royce Trent 700, dan didasarkan pada varian kargo pesawat A330-200. Hal ini memungkinkan Airbus untuk menggunakan kembali komponen dan peralatan yang sudah ada. Bagian kokpit yang diturunkan, struktur ruang kargo, bagian belakang, dan ekor pesawat diperbarui dalam kerja sama dengan perusahaan mitra Airbus, memberikan tampilan khas bagi pesawat ini.

BelugaXL merupakan tambahan terbaru dalam portofolio pesawat angkut Airbus. Meskipun angkutan udara tetap menjadi metode transportasi utama untuk membawa komponen pesawat besar, Airbus juga menggunakan jalur darat untuk mengantar komponen-komponen antarpusat perakitan. Sama seperti BelugaST, pesawat ini akan beroperasi dari 11 destinasi di Eropa dan terus memperkuat kemampuan industri Airbus dalam mewujudkan komitmen-komitmen perusahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…

Pelajar diedukasi pembasmian hama tanaman

Jumat, 21 Februari 2020 - 18:45 WIB

Kementan Giat Pengendalian Ulat Grayak Frugiperda

Kementan terus lakukan upaya pengendalian Ulat Grayak Frugiperda (UGF) dengan pendampingan Gerakan Pengendalian (Gerdal) bersama seluruh instansi terkait.