Dimulai Juli 2020, Pembangunan Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Rampung Pada 2021

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Januari 2020 - 15:48 WIB

Rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang
Rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tol Serang-Panimbang adalah kunci keberhasilan dari pembangunan masyarakat Pandeglang, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang tengah berkembang pesat saat ini. Pasalnya, beroperasinya tol tersebut akan memudahkan wisatawan datang ke sana dan waktu tempuh menuju KEK Tanjung Lesung jadi lebih cepat.

Jadwal pembangunan tol Serang-Panimbang pun sudah ditentukan. Rencananya, pembangunan tol Serang-Panimbang akan dimulai pada Juli 2020 dan ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang. Demikian hasil dari rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang di Ruang Garuda Pemkab Pandeglang, di Pandeglang, Kamis, (9/1/2020) lalu.

Ibrahim Hasan , Kepala Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Serang- Panimbang sektor III Kementerian PUPR, mengatakan, pembangunan konstruksi jalan tol Serang – Panimbang untuk wilayah Pandeglang akan segera dikerjakan mulai bulan Juli 2020 mendatang.

"Untuk wilayah Pandeglang ini konstruksinya mulai sekitar Juli tahun ini. Mudah-mudahan sesuai target," kata Ibrahim, saat rapat yang dihadiri  Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini beserta para pihak terkait.

Ditambahkannya, saat ini masih ada beberapa kendala terkait lahan, terutama masalah alas hak atas tanah. Karena di Kabupaten Pandeglang lebih banyak alas hak itu bukan satu tingkat.

"Kebanyakan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), sementara SPPT itu bukan alas hak, jadi kami harus memastikan tidak terjadi salah pembayaran kepada warga,“ kata Ibrahim.

Untuk penyelesaian pembangunan tol Serang-Panimbang untuk wilayah Pandeglang, Kementerian PUPR menargetkan di akhir 2021.

"Hingga sampai saat ini progresnya sudah 73 persen, berbeda dengan wilayah Serang dan Lebak yang ditarget selesai di akhir 2020 harus sudah beroperasi. Jadi memang Kabupaten Pandeglang paling terakhir," ungkap Ibrahim.

Namun Ibrahim menegaskan bahwa pembangunan fisik tol Serang-Panimbang bakal dilakukan sesuai dengan rencana, yaitu bulan Juli 2020. Sementara untuk kendala yang terjadi saat ini, akan diselesaikan secepatnya dengan berkoordinasi dengan semua pihak.

Menanggapi hal itu, Tanto Warsono Arban selaku Wakil Bupati Pandeglang, mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang akan terus mendukung agar pembangunan tol Serang - Panimbang cepat terlaksana. Tanto mengaku siap membantu semua kebutuhan Pemerintah Pusat, apakah itu pembebasan lahan, mediasi, sosialisasi dan sebagainya.

"Karena memang pembangunan tol ini problemnya sangat kompleks terutama pembebasan lahan, karena hal tersebut berkaitan dengan berbagai pihak, baik itu institusi, vertikal dan yang paling utama adalah masyarakat, “kata Tanto.

Lebih dalam, ia menerangkan bahwa pembangunan tol Serang - Panimbang merupakan kunci keberhasilan pembangunan bagi masyarakat Pandeglang. Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang bersemangat dengan adanya proyek strategis tersebut. Pasalnya, tol Serang-Panimbang akan menjadi gerbang kemajuan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu,  Poernomo Siswoprasetijo , Direktur Utama PT. Banten West Java selaku pengelola KEK Tanjung Lesung mengaku pengumuman pembangunan tol Serang-Panimbang semakin memacu untuk mengembangkan KEK Tanjung Lesung sebagaimana target kesepakatan yang dibuat oleh Pemkab Pandeglang dan Provinsi Banten. Sehingga begitu tol Serang-Panimbang jadi dan beroperasi lalu wisatawan berbondong-bondong datang, KEK Tanjung Lesung sudah siap, baik akomodasi maupun fasilitasnya.

"Kalau sudah dapat kepastian target selesai tol seperti ini, pasti kami juga menyiapkan diri dengan mempercepat pembangunan. Sejauh ini pembangunan pengembangan sarana dan prasarana, sudah on progres. Pembangunan kamar hotel kita sudah kami kerjakan secara bertahap berikut juga pembangunan jalan," ungkap Poernomo.

Poernomo pun mengaku optimis jika lonjakan kunjungan wisata terjadi setelah tol Serang-Panimbang beroperasi, KEK Tanjung Lesung bisa mengakomodir semua kebutuhan wisatawan, baik tempat tinggal, hiburan dan _water activities_ . Sehingga KEK Tanjung Lesung, yang merupakan salah satu anak usaha dari Jababeka Group, bisa menjadi salah satu wisata favorit di Indonesia.

"Kami terus melakukan pengembangan pembangunan dan gencar melakukan promosi agar kunjungan wisatawan meningkat. Belum lama ini, kami merilis website experiencetanjunglesung.com, sebuah platform e-commerce yang khusus menjual pariwisata di KEK Tanjung Lesung dan sekitarnya. Itu adalah sebuah terobosan yang kami buat untuk memudahkan wisatawan memilih dan mem-booking water activities dari tempat liburan yang dituju sebelum akhirnya memilih hotel selama liburan di KEK Tanjung Lesung," ungkap Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.