Dimulai Juli 2020, Pembangunan Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Rampung Pada 2021

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Januari 2020 - 15:48 WIB

Rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang
Rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tol Serang-Panimbang adalah kunci keberhasilan dari pembangunan masyarakat Pandeglang, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang tengah berkembang pesat saat ini. Pasalnya, beroperasinya tol tersebut akan memudahkan wisatawan datang ke sana dan waktu tempuh menuju KEK Tanjung Lesung jadi lebih cepat.

Jadwal pembangunan tol Serang-Panimbang pun sudah ditentukan. Rencananya, pembangunan tol Serang-Panimbang akan dimulai pada Juli 2020 dan ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang. Demikian hasil dari rapat percepatan progress jalan tol Serang-Panimbang di Ruang Garuda Pemkab Pandeglang, di Pandeglang, Kamis, (9/1/2020) lalu.

Ibrahim Hasan , Kepala Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Serang- Panimbang sektor III Kementerian PUPR, mengatakan, pembangunan konstruksi jalan tol Serang – Panimbang untuk wilayah Pandeglang akan segera dikerjakan mulai bulan Juli 2020 mendatang.

"Untuk wilayah Pandeglang ini konstruksinya mulai sekitar Juli tahun ini. Mudah-mudahan sesuai target," kata Ibrahim, saat rapat yang dihadiri  Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini beserta para pihak terkait.

Ditambahkannya, saat ini masih ada beberapa kendala terkait lahan, terutama masalah alas hak atas tanah. Karena di Kabupaten Pandeglang lebih banyak alas hak itu bukan satu tingkat.

"Kebanyakan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), sementara SPPT itu bukan alas hak, jadi kami harus memastikan tidak terjadi salah pembayaran kepada warga,“ kata Ibrahim.

Untuk penyelesaian pembangunan tol Serang-Panimbang untuk wilayah Pandeglang, Kementerian PUPR menargetkan di akhir 2021.

"Hingga sampai saat ini progresnya sudah 73 persen, berbeda dengan wilayah Serang dan Lebak yang ditarget selesai di akhir 2020 harus sudah beroperasi. Jadi memang Kabupaten Pandeglang paling terakhir," ungkap Ibrahim.

Namun Ibrahim menegaskan bahwa pembangunan fisik tol Serang-Panimbang bakal dilakukan sesuai dengan rencana, yaitu bulan Juli 2020. Sementara untuk kendala yang terjadi saat ini, akan diselesaikan secepatnya dengan berkoordinasi dengan semua pihak.

Menanggapi hal itu, Tanto Warsono Arban selaku Wakil Bupati Pandeglang, mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang akan terus mendukung agar pembangunan tol Serang - Panimbang cepat terlaksana. Tanto mengaku siap membantu semua kebutuhan Pemerintah Pusat, apakah itu pembebasan lahan, mediasi, sosialisasi dan sebagainya.

"Karena memang pembangunan tol ini problemnya sangat kompleks terutama pembebasan lahan, karena hal tersebut berkaitan dengan berbagai pihak, baik itu institusi, vertikal dan yang paling utama adalah masyarakat, “kata Tanto.

Lebih dalam, ia menerangkan bahwa pembangunan tol Serang - Panimbang merupakan kunci keberhasilan pembangunan bagi masyarakat Pandeglang. Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang bersemangat dengan adanya proyek strategis tersebut. Pasalnya, tol Serang-Panimbang akan menjadi gerbang kemajuan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu,  Poernomo Siswoprasetijo , Direktur Utama PT. Banten West Java selaku pengelola KEK Tanjung Lesung mengaku pengumuman pembangunan tol Serang-Panimbang semakin memacu untuk mengembangkan KEK Tanjung Lesung sebagaimana target kesepakatan yang dibuat oleh Pemkab Pandeglang dan Provinsi Banten. Sehingga begitu tol Serang-Panimbang jadi dan beroperasi lalu wisatawan berbondong-bondong datang, KEK Tanjung Lesung sudah siap, baik akomodasi maupun fasilitasnya.

"Kalau sudah dapat kepastian target selesai tol seperti ini, pasti kami juga menyiapkan diri dengan mempercepat pembangunan. Sejauh ini pembangunan pengembangan sarana dan prasarana, sudah on progres. Pembangunan kamar hotel kita sudah kami kerjakan secara bertahap berikut juga pembangunan jalan," ungkap Poernomo.

Poernomo pun mengaku optimis jika lonjakan kunjungan wisata terjadi setelah tol Serang-Panimbang beroperasi, KEK Tanjung Lesung bisa mengakomodir semua kebutuhan wisatawan, baik tempat tinggal, hiburan dan _water activities_ . Sehingga KEK Tanjung Lesung, yang merupakan salah satu anak usaha dari Jababeka Group, bisa menjadi salah satu wisata favorit di Indonesia.

"Kami terus melakukan pengembangan pembangunan dan gencar melakukan promosi agar kunjungan wisatawan meningkat. Belum lama ini, kami merilis website experiencetanjunglesung.com, sebuah platform e-commerce yang khusus menjual pariwisata di KEK Tanjung Lesung dan sekitarnya. Itu adalah sebuah terobosan yang kami buat untuk memudahkan wisatawan memilih dan mem-booking water activities dari tempat liburan yang dituju sebelum akhirnya memilih hotel selama liburan di KEK Tanjung Lesung," ungkap Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Laptop Acer gapai costumer

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:41 WIB

Acer Geber Pangsa Pasar Pelajar, Pekerja Work From Home

Acer optimis penjualan laptop keluarannya akan diserap pasar. Apalagi masa pandemi corona virus covid-19, menuntut bekerja atau sekolah dari rumah. Tentunya laptop pilihan yang nyaman.

Padi organik, cikal bakal pertanian organik Indonesia di masa depan. (Foto: Liputan6)

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:06 WIB

Pupuk Organik, Penopang Pertanian Organik Indonesia di Masa Depan

Jakarta - Rani baru pulang dari sebuah pasar swalayan di kawasan pusat kegiatan bisnis ibukota. Dia mengeluhkkan mahalnya harga sayur-mayur dan buah-buahan organik yang ditawarkan pasar swalayan…

Wapres KH Maruf Amin, Menaker, Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto dan Kemenko PMK

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:25 WIB

Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para…

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:18 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Kebut BLT untuk Genjot Daya Beli Masyarakat

Wabah pandemi Covid-19 turut memukul kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 sebesar minus 5,32 persen…

Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:55 WIB

Arteria PDIP: Maju Pilkada Anggota DPR Harusnya Tidak Perlu Mundur, Cukup Cuti

Tim Kuasa DPR RI memberikan keterangan untuk Perkara Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 22/PUU-XVIII/2020 mengenai pengujian Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU…