Menparekraf Apresiasi Banyuwangi Gelar 123 Acara Pariwisata di Tahun 2020

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Januari 2020 - 20:45 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahun ini Banyuwangi akan menggelar 123 acara pariwisata dengan tiga acara unggulan yaitu, Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Internasional Tour de Ijen.

Tiga acara tersebut juga masuk dalam 100 Top Calender of Event (CoE) 2020 bergabung dengan acara dari berbagai daerah lain di Indonesia. 

"Selamat untuk Banyuwangi yang terus konsisten mengembangkan atraksi wisata serta ekonomi kreatif. Banyuwangi konsisten menyajikan segudang atraksi menarik yang sukses menarik wisatawan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio di Jakarta (8/1/2020).

Dijelaskan Menparekraf, selain kualitas atraksi yang meningkat, hal menggembirakan dari Banyuwangi adalah antusiasme dan partisipasi masyarakat yang luar biasa dalam pengembangan parekraf. 

Keterlibatan masyarakat Banyuwangi dalam berbagai acara dinilai mampu mendorong pergerakan ekonomi setempat.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan acara festival tahun ini menyajikan 30 atraksi yang belum pernah digelar sebelumnya.

"Banyak event yang benar-benar fresh untuk memberi pengalaman baru bagi wisatawan. Sebagian di antaranya diinisiasi oleh warga Banyuwangi sehingga pariwisata berbasis warga benar-benar terus kami dorong agar pembangunan sektor parekraf di Banyuwangi bisa makin inklusif," ujarnya.

Atraksi baru lainnya juga bakal digelar di Banyuwangi seperti atraksi kopi di sejumlah sentra penghasil kopi. Acara ini tak lagi berpusat di Desa Adat Kemiren melainkan di perkebunan Kalibaru.

"Misalnya di perkebunan Kalibaru yang merupakan sentra kopi rutin mengekspor ribuan ton kopi ke Italia dan berbagai negara di Eropa. Di sana akan digelar event atraksi minum kopi langsung di kebunnya," tambahnya.

Tak hanya itu, 15 event festival kuliner juga akan digelar, di antaranya Chocolate Food Festival, Muncar Food Festival, Bamboo Food Festival, Alaspurwo Food Festival, Cacalan Beach Food Festival, Marina Food Festival, Osing Food Festival, hingga Millenials Food Festival.

"Festival kuliner kita perbanyak karena peminatnya tinggi dan yang terpenting mampu mengangkat warung-warung rakyat serta usaha kuliner rumahan," katanya.

Selain itu,15 ajang sport tourism juga akan hadir yaitu Banyuwangi Internasional Geopark Walk, World Surf League (WSL), dan Internasional Tour de Banyuwangi Ijen.

Banyuwangi juga akan menggelar kembali sejumlah atraksi yang sukses di tahun-tahun sebelumnya yaitu Jazz Pantai, Jazz Ijen, dan Festival Gandrung Sewu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan virus corona, Achmad Yurianto

Senin, 06 April 2020 - 16:10 WIB

Per Hari Ini, 2.491 Orang Indonesia Positif Corona, 209 Meninggal, 192 Sembuh

Kasus virus corona di Indonesia semakin hari kian bertambah. Juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, memperbarui data kasus positif virus corona hingga Senin (6/4) pukul 12.00 WIB sudah…

KADIN-Pengusaha Peduli NKRI Dukung Penanganan Wabah Covid 19 Terus Berlanjut

Senin, 06 April 2020 - 16:06 WIB

KADIN-Pengusaha Peduli NKRI Dukung Penanganan Wabah Covid 19 Terus Berlanjut

Para pengusaha Indonesia yang bernaung di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI menyerahkan bantuan alat medis dalam penanganan wabah Covid-19 di Indonesia…

Pasar Tekstil Tanah Abang (Ist)

Senin, 06 April 2020 - 16:00 WIB

Perumda Pasar Jaya Perpanjang Penutupan Pasar Tanah Abang

Perumda Pasar Jaya memperpanjang penutupan Pasar Tanah Abang untuk mencegah penyebaran corona.

Presiden Jokowi

Senin, 06 April 2020 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Napi Korupsi Tak Dibebaskan karena Covid -19

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah tidak berniat untuk membebaskan para narapidana korupsi karena pandemi COVID-19.

IKEA- PRSI Donasi Paket Peralatan Rumah Tangga

Senin, 06 April 2020 - 15:50 WIB

IKEA- PRSI Donasi Paket Peralatan Rumah Tangga

Dalam rangka menciptakan kehidupan hari-hari yang lebih baik bagi masyarakat yang lebih luas, IKEA Indonesia memberi bantuan paket produk perlengkapan rumah tangga kepada Perhimpunan Rumah Sakit…