Kementerian PUPR Siap Bantu Perbaiki Infrastruktur Rusak Pasca Banjir di Sumatera Barat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 04 Januari 2020 - 10:03 WIB

Bencana Banjir di Sumatera Barat
Bencana Banjir di Sumatera Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membantu perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat yang terjadi pada akhir Desember 2019 lalu. 

“Pasca musibah banjir di Kabupaten Solsel dan Agam pada akhir bulan Desember 2019, Bupati Solsel dan Bupati Agam bersama Gubernur Sumbar menemui saya langsung. Dua hari setelah pertemuan itu, saya langsung datang ke sini untuk melihat langsung kondisinya. Tujuan kami memang bagaimana bisa membantu masyarakat yang terdampak banjir secepatnya,” ujar Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo saat meninjau sejumlah titik yang terdampak banjir di Solsel, Kamis (2/1/2020). 

Menurutnya, terkait pemulihan pasca bencana banjir Solsel telah dilakukan rapat awal, dan data awal juga sudah disampaikan oleh Bupati Solsel Muzni Zakaria bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Namun dikatakan Wamen Wempi, data yang diserahkan perlu dilengkapi dan diperbaharui segera, agar bisa diproses. 

“Penanganan bisa berjalan apabila data lengkap. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) serta Balai Wilayah Sungai Sumatera di Padang siap membantu merehabilitasi dan membangun kembali infrastruktur yang rusak. Oleh sebab itu saya minta Bupati dapat berkoordinasi secara intens dengan balai,”kata Wamen Wempi.

Sebagai contoh, Wamen Wempi menyebutkan ada sedikit perubahan dari data awal yang disampaikan Bupati Solsel. "Awalnya warga terdampak banjir di Pakan Rabaa Timur akan direlokasi ke lapangan bola. Namun, karena luasnya tidak memadai, diganti dengan lahan lain  yang berdekatan seluas 5 ha dan sudah dihibahkan pihak Nagari/desa," terangnya.

Wamen Wempi menyatakan, bahwa dirinya yakin jika pihak Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR sudah menyiapkan data yang diperlukan. "Kami akan monitor, apakah BWS Sumatera V bekerja cepat atau tidak. Kita siap mendukung apa yang telah disampaikan Bupati dan Gubernur," ujarnya.

Bupati Solsel Muzni Zakaria, mengatakan akan menyiapkan data lengkap selambat-lambatnya Senin (6/1/2020) sudah berada di meja Wamen."Kami akan mendata lagi mana yang sanggup dikerjakan Kabupaten, sedangkan yang tidak sanggup dikerjakan akan diajukan ke Kementerian," katanya.

Dalam laporan terakhir, akibat bencana banjir bandang di Solsel, total kerugian mencapai Rp 61,7 miliar, yang terdiri dari kerusakan 22 saluran irigasi, kerusakan pada 23 sungai, kerusakan 16 ruas jalan dan 8 unit jembatan, kerusakan rumah masyarakat (rusak berat 47 unit, rusak sedang 9 unit, rusak ringan 44 unit, dan terendam 1.931 unit). 

Terkait kerusakan beberapa ruas jalan nasional di Provinsi Sumatera Barat akibat curah hujan yang tinggi pada Desember 2019 lalu, Kementerian PUPR telah melakukan beberapa langkah perbaikan. Sejumlah ruas yang mengalami gangguan akibat longsoran yakni pada Bts. Payakumbuh – Batas Riau, Tanah Badantuang – Kiliran Jao, Jl. Bukit Lampu, Surian – Padang Aro, Lubuk Selasih - Surian, dan Muaro Kalaban - Sawahlunto.  

Penanganan ruas jalan nasional tersebut berkoordinasi dengan BPBD dan Kepolisian Daerah setempat untuk memasang rambu-rambu peringatan, melakukan jalur buka tutup, menggeser batuan berdimensi besar, membersihkan material longsoran dan pembersihan drainase. 

Sementara akibat hujan deras tersebut, terjadi peningkatan Debit Air Sungai Batang Bangko dan Batang Suliti sehingga terjadi luapan di beberapa titik sepanjang aliran Batang Suliti dan berdampak pada  Tanggul Batang Bangko sepanjang 500 meter di sisi kiri dan kanan, serta menyebabkan longsoran tebing Batang Suliti sekitar 2000 meter dan longsoran Tebing Batang Sangir sekitar 1000 meter. Saat ini sudah dilakukan pemasangan bronjong 876 unit di Batang Suliti dan Batang Bangko serta Normalisasi Batang Liki dengan Alat Berat (Excavator) pasca Banjir. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…