Kembangkan Ekonomi UMKM Desa Antiga, Elnusa Petrofin Gelar Workhsop Produk Virgin Coconut Oil

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Januari 2020 - 15:54 WIB

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin
Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menutup tahun 2019, Elnusa Petrofin kembali menggelar serangkaian kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR) yang bertempat di Balai Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali. 

Kegiatan ini berlangsung pada minggu terakhir Desember dan diikuti warga di sekitar wilayah operasional Elnusa Petrofin unit Integrated Fuel Terminal (sebelumnya Terminal BBM) Manggis.

Melihat potensi wilayah sekitar operasional yang notabene dari perkebunan kelapa, Elnusa Petrofin acara ini mengusung kegiatan workshop Pemberdayaan UMKM Produk Kelapa. Pelatihan kepada produksi Virgin Coconut Oil (VCO) yang memiliki harga ekonomi yang cukup tinggi. 

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 60 masyarakat Antiga yang sebagian besar merupakan ibu-ibu rumah tangga ini mendapat sambutan baik dari Perbekel atau Kepala Desa I Wayan Madra.

"Kegiatan yang diadakan oleh Elnusa Petrofin merupakan kegiatan yang sangat bernilai positif bagi warga Desa Antiga. Hal ini tentunya menambah wawasan bagi warga-warga dan semoga kedepannya warga bisa turut memproduksi VCO. Sehingga hasil bumi seperti kelapa yang banyak dijadikan minyak dan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar Integrated Fuel Terminal Manggis, khususnya di desa Antiga," kata I Wayan Madra selaku Perbekel mewakili warga

Selain Pemerintah Desa Antiga, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Manager Integrated Fuel Terminal Manggis Bambang Suprijono dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Wilayah Antiga, Manggis. 

Pelaku UKM Nyoman Sudiambun dan I Gede Sumadi yang didapuk sebagai pemateri pun menyampaikan bahwa kegiatan workshop pembuatan VCO menjadi salah satu alternatif pengelolaan kelapa menjadi produk bernilai ekonomi. 

Kepedulian Elnusa Petrofin dalam menginisiasi kegiatan ini patut disyukuri. Serangkaian acara ini di isi dengan penjelasan VCO, bagaimana pembuatannya, pemasaran produk dan pembentukan kelompok rumah saat penutupan acara.

Dari tempat terpisah, Haris Syahrudin selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin menyampaikan bahwa Pihaknya sangat bersyukur karena kegiatan  CSR #PetrofinPeduli ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar baik dari warga maupun dari pemerintah dan dinas terkait. 

“Setiap kegiatan CSR kami disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lokasi tersebut dan hal ini memang menjadi fokus kami, agar Elnusa Petrofin dapat memberikan manfaat yang seluas-seluasnya” ungkap Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…