Dari Trend Minum Kopi Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Januari 2020 - 18:14 WIB

Olahan minuman kopi
Olahan minuman kopi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kopi merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia, mulai dari remaja, hingga orang dewasa. Cita rasa kopi yang khas dengan pahitnya, membuat beberapa orang gemar mengonsumsinya saat pagi, siang, sore, ataupun malam hari.

Selain itu, para penikmat kopi juga memiliki tujuan yang beraneka ragam saat menikmati kopinya, ada yang menggunakannya sebagai penghilang rasa kantuk, atau sekadar pemanis lidah.

Saat ini, peminat kopi bagi masyarakat Indonesia sedang tinggi, karena, selain rasanya, tempat juga menjadi faktor utama untuk menikmati kopi, bisa dibilang, kopi bisa menjadi wadah untuk nongkrong. Bisnis kopi dengan konsep kedai, sudah menjamur di Indonesia dan tengah populer, karena bukan hanya kopinya yang dicari, tapi tempatnya juga.

Terkait peminat kopi yang kian banyak, peluang bisnis kopi semakin menguntungkan dengan prospek yang cerah. Bisnis kopi mudah dijalankan dan keuntungan yang didapat juga menjanjikan, apalagi untuk orang yang ingin berbisnis sesuai passion, jika passionnya  dibidang kopi, pasti jalan akan terbuka lebar, tergantung dari niat dan ketekunan.

Trend Konsumsi Kopi di Indonesia

Trend konsumsi kopi di Indonesia yang bersumber dari International Coffee Organization atau disingkat ICO, pertumbuhan peminum kopi di Indonesia naik sebesar 8%, yang mana lebih tinggi dari akumulasi pertumbuhan di dunia yang sebesar 6%.

Selaras dengan ICO, data dari Hasil Proyeksi Konsumsi Kopi di Indonesia yang dirilis oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, padatahun 2018 menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari konsumsi kopi selama empat tahun terakhir, dengan peningkatan rata-rata 2,49%.

Melihat banyaknya peminat kopi di Indonesia, membuat Wisnu, sebagai Director kisah kopi ingin mengenalkan beberapa pengetahuan tentang kopi kemasyarakat Indonesia. Salah satunya dengan cara Re-launching kembali Kisah kopi pada tahun 2020.

Pelatihan Meracik dan Berbisnis Kopi

Ketika ditemui di kedai Kisah Kopi, di Jl Kendal No 1, Menteng Jakarta Pusat, Wisnu Albaihaqi, sebagai Director dari Kisah Kopi memang telah melihat bagaimana tingginya minat masyarakat terhadap kopi.

“Ya, saya melihat dari tingginya minat masyarakat untuk minum kopi, apalagi sekarang sudah banyak orang yang mau menjadi pebisnis kopi, tak hanya jadi peminum,” tutur Wisnu Albaihaqi.

Karena hal tersebut Wisnu akan mengadakan pelatihan untuk membuat kopi yang dinamakan Barista Academy. Barista Academy adalah pelatihan untuk mencetak barista yang mahir dalam meracik kopi.

"Karena dalam pelatihan itu, akan diajarkan dari dasar, di antaranya yaitu Basic Coffee Knowledge, Manual Brewing Knowledge, sampai Late Art,” ungkap Wisnu.

Setelah diberikan pelatihan seputar pembuatan kopi, kata dia, Barista Academy juga menawarkan pelatihan untuk membuka bisnis kopi. “Setelah mempelajari cara bikin kopi, tempat kami juga menawarkan cara membuka bisnis kopi, dipelatihan yang dinamakan Being Coffee Preneurs,” ucapnya.

Lebih lanjtu, Wisnu mengatakan bahwa, pelatihan yang diadakan oleh Kisah Kopi menggunakan konsep yang cozy dan intimate, agar para peserta dapat merasakan sendiri sensasi meracik kopi yang nikmat.

Jalan-jalan ke Kebun Kopi

Selain pelatihan membuat kopi, Kisah Kopi juga memiliki konsep coffee trip, di mana konsepnya itu adalah jalan-jalan. "Jadi peserta akan diajak ke kebun kopi untuk melihat sendiri secara langsung, proses dari penanaman sampai panen, pasca panen, sampai keroaster,” kata Wisnu. "Jadi, para peserta dapat merasakan sendiri bagaimana membuat menu kopi." 

Lebih jauh, tidak hanya para pengunjung, para peserta juga tentunya bisa menikmati beberapa menu andalan yang dimiliki Kisah Kopi, yaitu Live Bobba, Red Velvet, Chocolate Mint, Thai Brown Tea, Ayah Man, Café Late.

Selain 6 menu andalan di atas, dari laman kisahkopi.net, Kisah Kopi juga memiliki menu Barista Experience. Menu yang disajikan, yaitu manual brewing.  Di Menu ini customer dapat membuat kopinya sendiri.

"Lalu ada, Indonesia Experience, yang menggunakan bij ikopi ternama, berikutnya, Most Wanted Beans menggunakan biji kopi yang paling dicari dan limited, dan terakhir, Cold Brew Brother, yaitu Minuman dalam botol dengan biji kopi pilihan yang cocok untuk coldbrew”, tandas Wisnu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…

Pelajar diedukasi pembasmian hama tanaman

Jumat, 21 Februari 2020 - 18:45 WIB

Kementan Giat Pengendalian Ulat Grayak Frugiperda

Kementan terus lakukan upaya pengendalian Ulat Grayak Frugiperda (UGF) dengan pendampingan Gerakan Pengendalian (Gerdal) bersama seluruh instansi terkait.