Dari Trend Minum Kopi Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Januari 2020 - 18:14 WIB

Olahan minuman kopi
Olahan minuman kopi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kopi merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia, mulai dari remaja, hingga orang dewasa. Cita rasa kopi yang khas dengan pahitnya, membuat beberapa orang gemar mengonsumsinya saat pagi, siang, sore, ataupun malam hari.

Selain itu, para penikmat kopi juga memiliki tujuan yang beraneka ragam saat menikmati kopinya, ada yang menggunakannya sebagai penghilang rasa kantuk, atau sekadar pemanis lidah.

Saat ini, peminat kopi bagi masyarakat Indonesia sedang tinggi, karena, selain rasanya, tempat juga menjadi faktor utama untuk menikmati kopi, bisa dibilang, kopi bisa menjadi wadah untuk nongkrong. Bisnis kopi dengan konsep kedai, sudah menjamur di Indonesia dan tengah populer, karena bukan hanya kopinya yang dicari, tapi tempatnya juga.

Terkait peminat kopi yang kian banyak, peluang bisnis kopi semakin menguntungkan dengan prospek yang cerah. Bisnis kopi mudah dijalankan dan keuntungan yang didapat juga menjanjikan, apalagi untuk orang yang ingin berbisnis sesuai passion, jika passionnya  dibidang kopi, pasti jalan akan terbuka lebar, tergantung dari niat dan ketekunan.

Trend Konsumsi Kopi di Indonesia

Trend konsumsi kopi di Indonesia yang bersumber dari International Coffee Organization atau disingkat ICO, pertumbuhan peminum kopi di Indonesia naik sebesar 8%, yang mana lebih tinggi dari akumulasi pertumbuhan di dunia yang sebesar 6%.

Selaras dengan ICO, data dari Hasil Proyeksi Konsumsi Kopi di Indonesia yang dirilis oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, padatahun 2018 menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari konsumsi kopi selama empat tahun terakhir, dengan peningkatan rata-rata 2,49%.

Melihat banyaknya peminat kopi di Indonesia, membuat Wisnu, sebagai Director kisah kopi ingin mengenalkan beberapa pengetahuan tentang kopi kemasyarakat Indonesia. Salah satunya dengan cara Re-launching kembali Kisah kopi pada tahun 2020.

Pelatihan Meracik dan Berbisnis Kopi

Ketika ditemui di kedai Kisah Kopi, di Jl Kendal No 1, Menteng Jakarta Pusat, Wisnu Albaihaqi, sebagai Director dari Kisah Kopi memang telah melihat bagaimana tingginya minat masyarakat terhadap kopi.

“Ya, saya melihat dari tingginya minat masyarakat untuk minum kopi, apalagi sekarang sudah banyak orang yang mau menjadi pebisnis kopi, tak hanya jadi peminum,” tutur Wisnu Albaihaqi.

Karena hal tersebut Wisnu akan mengadakan pelatihan untuk membuat kopi yang dinamakan Barista Academy. Barista Academy adalah pelatihan untuk mencetak barista yang mahir dalam meracik kopi.

"Karena dalam pelatihan itu, akan diajarkan dari dasar, di antaranya yaitu Basic Coffee Knowledge, Manual Brewing Knowledge, sampai Late Art,” ungkap Wisnu.

Setelah diberikan pelatihan seputar pembuatan kopi, kata dia, Barista Academy juga menawarkan pelatihan untuk membuka bisnis kopi. “Setelah mempelajari cara bikin kopi, tempat kami juga menawarkan cara membuka bisnis kopi, dipelatihan yang dinamakan Being Coffee Preneurs,” ucapnya.

Lebih lanjtu, Wisnu mengatakan bahwa, pelatihan yang diadakan oleh Kisah Kopi menggunakan konsep yang cozy dan intimate, agar para peserta dapat merasakan sendiri sensasi meracik kopi yang nikmat.

Jalan-jalan ke Kebun Kopi

Selain pelatihan membuat kopi, Kisah Kopi juga memiliki konsep coffee trip, di mana konsepnya itu adalah jalan-jalan. "Jadi peserta akan diajak ke kebun kopi untuk melihat sendiri secara langsung, proses dari penanaman sampai panen, pasca panen, sampai keroaster,” kata Wisnu. "Jadi, para peserta dapat merasakan sendiri bagaimana membuat menu kopi." 

Lebih jauh, tidak hanya para pengunjung, para peserta juga tentunya bisa menikmati beberapa menu andalan yang dimiliki Kisah Kopi, yaitu Live Bobba, Red Velvet, Chocolate Mint, Thai Brown Tea, Ayah Man, Café Late.

Selain 6 menu andalan di atas, dari laman kisahkopi.net, Kisah Kopi juga memiliki menu Barista Experience. Menu yang disajikan, yaitu manual brewing.  Di Menu ini customer dapat membuat kopinya sendiri.

"Lalu ada, Indonesia Experience, yang menggunakan bij ikopi ternama, berikutnya, Most Wanted Beans menggunakan biji kopi yang paling dicari dan limited, dan terakhir, Cold Brew Brother, yaitu Minuman dalam botol dengan biji kopi pilihan yang cocok untuk coldbrew”, tandas Wisnu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).